Pada artikel sebelumnya, woiden telah menerbitkan konten serupa dengan masalah yang hampir berkaitan yaitu cara mengatasi error “No Internet Connection” pada google play store. Nah pada kesempatan kali ini yang akan dibahas adalah mengenai aplikasi google play store yang bermasalah dengan hanya menampilkan pesan “Check your connection and try again”.

Hampir serupa dengan artikel sebelumnya, masalah ini juga tidak memungkinkan aplikasi play store untuk diakses. Bahkan hanya menampilkan tombol try again atau coba lagi yang tidak memberika efek sama sekali.

Maka dari itu, di artikel ini akan dijelaskan mengenai bagaimana cara mengatasi masalah tersebut dengan sangat mudah. Ada beberapa metode yang bisa Anda terapkan sesuai dengan penyebab masalah di smartphone Anda. Lebih detailnya, bisa Anda lihat pada langkah penerapan dibawah ini:

Metode 1: Mengubah  Setelan Waktu

Ada kemungkinan setelan waktu yang tidak sesuai dengan waktu yang diindikasikan oleh smartphone dengan layanan play store. Sehingga ini membuat aplikasi untuk mengalami miss. Untuk mengatasinya, pastika terlebih dahulu waktu yang diterapkan di smartphone Anda sudah benar. Jika terdapat kesalahan silahkan ubah sesuai dengan waktu di lokasi Anda saat itu, caranya sebagai berikut:

  1. Arahkan ke “Setelan” -> “Tanggal & Waktu”
  2. Sesuaikan secara manual semua waktu, termasuk tahun, bulan, tanggal, jam, dan menit.
  3. Anda juga bisa mengubah waktu secara otomatis.

Metode 2: Menghapus System Host (Root)

Pada metode kedua ini membutuhkan akses rooting untuk memungkinkan Anda melakukan perubahan pada file host di smartphone Anda. Jika Anda belum melakukan rooting, silahkan membaca artikel woiden berikut ini:

Setelah itu, install aplikasi Root Explorer, ES File Explorer atau aplikasi lainnya memungkinkan Anda mengakses folder rooting Android. Aplikasi ini bisa Anda download dari Internet berupa file APK sebagai alternatifnya.

Setelah semua aplikasi diinstall, cukup jalankan aplikasi root explorer di smartphone Anda, kemudian arahkan ke folder “Root” -> “System” -> “Etc”>

Dari folder Etc ini, temukan file bernama “hosts”, kemudian edit file tersebut dengan mengetuk dan tahan file, lalu pilih “Edit File”. Setelah jendela editing file terbuka, hapus semua text yang ada dalam file tersebut, kemudian ganti dengan text berikut:

  • 127.0.0.1 localhost

Kemudian simpan filenya untuk mulai menerapkan file secara sepenuhnya.

Metode 3: Hapus Data/Uninstall Update Google Play Store

Pada beberapa kasus di smartphone lawas, smartphone tidak cukup kuat untuk mengakses versi terbaru dari aplikasi google play store. Sehingga hanya menampilkan kendala. Nah untuk mengatasi masalah ini, cukup mengahpus data atau install update dari google play store. Caranya dengan mengarahkan ke “Settings” -> “App Manager” -> “Google Play Store”, kemudian pilih “Clear Data” atau “Uninstall Update”.

Langkah ini akan menghapus semua data aplikasi dan memulihkan aplikasi google play store ke versi paling dasar/awal saat Anda membeli smartphone Anda. Anda mungkin perlu memilih akun login kembali untuk memuat aplikasi Anda sepenuhnya.

Metode 4: Menggunakan Jaringan Internet Wi-Fi

Beberapa provider tertentu, biasanya mengalami masalah akses aplikasi menggunakan jaringan data seluler. Ini biasanya terjadi, karena penggunaan paket internet yang berbeda atau tidak mencakup dari penggunaan google play store.

Maka cobalah untuk menggunakan jaringan wifi, kemudian mengubah DNS yang digunakan dari penggunaan jaringan wifi tersebut. Caranya seperti berikut:

  1. Arahkan ke Setelan Wifi
  2. Ketuk tombol “Modify”
  3. Centang menu “Advance Options”, kemudian klik “Next”.
  4. Gulir kebawah, kemudian ubah menu IP Settings dari “DHCP” menjadi “Static”
  5. Kemudian ganti DNS pertama menjadi “208.67.222.222”, sedangkan DNS kedua ganti menjadi 208.67.220.220. Anda juga bisa menggunakan DNS public lainnya yang ingin Anda gunakan.
  6. Kemudian ketuk tombol “Save/Simpan”.
  7. Selanjutnya arahkan ke “Setelan” -> “App Manager” -> “Google Play Store” -> “Clear Cache”.

Demikian beberapa langkah yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah error di google play store yang tidak dapat menelusuri dan mendownload aplikasi.