Google Books atau Google Buku adalah salah satu layanan mesin penelusuran buku digital dari perusahaan teknologi ternama Google. Situs penelusuran buku digital ini memiliki cakupan buku yang sangat banyak sekali di dalamnya. Bahkan dari buku-buku digital yang mungkin sulit ditemukan secara fisik, biasanya tersedia di layanan ini.

Sayangnya dalam layanan buku digital Google ini, tidak semua buku yang tertera itu tersedia secara gratis. Hanya ada beberapa yang gratis untuk dibaca secara online dan beberapa lagi perlu ditebus untuk dapat baca secara versi lengkap.

Hal yang paling baik dari google books, meskipun buku digital yang kita temukan statusnya adalah berbayar, kita sebagai pengakses bisa membaca beberapa chapter, cuplikan atau paragraph diawal-awal dan sipnosis dari buku. Sehingga ini memungkinkan kita mendapatkan buku yang benar-benar kita inginkan.

Sebagai salah satu situs mesin penelusuran buku digital. Google juga menawarkan berbagai fitur, diantarnya aplikasi google books yang memungkinkan Anda untuk menyimpan dan membaca buku yang Anda inginkan secara digital dari perangkat gadget maupun pc/laptop Anda.

Hanya saja untuk menyimpan ebook yang diinginkan ke penyimpan perangkat kita, itu termasuk hal yang cukup sulit. Mengingat buku digital juga memiliki lisensi yang kuat selayaknya buku fisik pada umumnya. Sehingga tidak serta merta bebas untuk didistribusikan, meskipun buku tersebut gratis untuk dipergunakan.

Nah bagi beberapa dari kita mungkin ingin menyimpan ebook tertentu dari google books dalam format file pdf. Biasanya ini kita perlukan ketika ada sebuah pertemuan yang mengharuskan kita memiliki referensi tersebut sebagai penunjang ataupun untuk dibagikan ke teman.

Mengingat bahwa tidak semua orang memiliki aplikasi layanan google books di perangkatnya, maka salah satu alternatif terbaik yakni membagikan melalui file pdf yang hampir sebagian besar perangkat dapat membaca format file tersebut. Lebih jelasnya mengenai cara mengunduh ebook dari google ebooks sebagai file pdf, bisa Anda simak pada langkah dibawah ini:

Cara Download File PDF Ebooks Dari Google Books Secara Gratis

Saat ini Anda dapat mengunduh atau mebeli buku yang tersedia lebih dari 3 juta buku digital dalam layanan google buku ini. Anda bahkan dapat mengunduh buku tersebut dan membacanya melalui browser desktop pc atau melalui perangkat smartphone Android atau iOS.

Nah untuk mewujudkan hal ini, Anda memerlukan bantuan software atau aplikasi yang bernama Google Books Downloader. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mendownload buku-buku yang tersedia di Google Books secara gratis dalam format file PDF, JPEG, atau PNG. Hebatnya lagi, aplikasi ini sendiri berukuran kecil sehingga tidak memerlukan banyak kapasitas penyimpanan lebih, dan tentunya aplikasi ini tersedia di perangkat PC Windos, Android, iOS iPhone/iPad, dan MacOS. Aplikasi ini bisa Anda unduh dan install melalui tautan resmi berikut ini:

  • https://woiden.com/go/5mkKaP

Cara penggunaan aplikasi ini juga cukup mudah, Anda hanya perlu menyalin url/link dari laman ebook yang Anda lihat di google books. Misalnya seperti pada gambar dibawah ini:

Setelah Anda menyalin url/link dari laman ebook yang Anda tuju. Selanjutnya, Anda hanya perlu memindai ke kolom yang tersedia dalam apliksi books downloader yang telah Anda install sebelumnya di perangkat Anda.

Anda bisa memilih format output yang diinginkan. Misalnya Anda ingin file di unduh dengan format pdf. Maka pilih PDF dari menu “Output Format”. Anda juga dapat menentukan resolusi tampilan nantinya, serta output folder atau folder dimana Anda ingin menyimpan file unduhan tersebut.

Selanjutnya, ketuk “Start” atau “Download” untuk memulai proses unduhan. Proses ini biasanya akan memakan waktu yang cukup lama, tergantung dari kecepatan internet Anda dan kinerja perangkat yang Anda gunakan.

Untuk penggunaan aplikasi melalui smartphone seperti Android, Anda juga dapat menelusuri buku dengan mengetikkan, judul, penulis buku, dan kata kunci mengenai buku yang Anda inginkan. Sehingga ini memudahkan Anda untuk mencari buku lainnya yang serupa dengan buku yang Anda cari.

Ebooks Tidak Dapat Di Unduh?

Mengingat bahwa mungkin tidak semua buku digital dari google books bisa Anda unduh. Oleh karena kemungkinan buku yang Anda cari mengharuskan pengaksesnya untuk menebus biaya akses. Maka coba silahkan Anda baca artikel woiden mengenai cara download ebook berbayar secara gratis dibawah ini:

Selebihnya, jika ada yang kurang dipahami dalam penulisan, atau mungkin ada sesuatu yang ingin Anda pertanyakan. Maka dengan senang hati, silahkan tanyakan woiden melalui kolom komentar yang tersedia.