Google play store merupakan toko aplikasi dan item untuk perangkat Android yang memungkinkan penggunanya untuk mengunduh dan menginstall berbagai media seperti aplikasi, game, buku, musik dan lainnya kedalam perangkat Android mereka. Toko aplikasi ini memang sudah dapat menjadi aplikasi ketergantungan untuk berbagai perangkat Android. Bagaimana tidak jika Anda memiliki perangkat Android tanpa play store, maka amat merepotkanya Anda untuk mengunduh suatu aplikasi diluar play store. Terlebih jika anda khawatir akan perangkat lunak yang Anda unduh di internet tanpa adanya jaminan keamanan yang berarti.

Lalu bagaimana jika Anda mengalami masalah pada Play Store? misalnya aplikasi tidak dapat terhubung ke daftar aplikasi?

Google play store memang seringkali mengalami masalah pada beberapa perangkat android yang sudah cukup lawas. Biasnaya masalah ini seperti adanya peringatan “no connection” atau kesalahan apapun itu yang tidak memungkinkan toko aplikasi dapat terhubung ke server. Ini biasanya disebabkan oleh banyak faktor, seperti host yang berbenturan, bugging server, jaringan internet yang tidak terhubung dengan baik dan beberapa faktor lainnya. Namun beberapa pengguna mungkin mengalami masalah di mana bugging terjadi, saat jaringan internet sudah memadai dengan baik, Play Store masih tetap tidak dapat terhubung. Jadi jika Anda mengalami masalah ini, Anda cukup mengikuti beberapa langkah penerapan dibawah ini:

Menghapus Data atau Uninstall Update Play Store

Salah satu cara simpel yang biasanya menjadi solusi dari masalah iniĀ  adalah dengan menghapus data dari aplikasi Play Store. Caranya sangatlah mudah, Anda hanya perlu mengakses ke “Settings” -> “App Manager” -> Pilih “Google Play Store” -> “Clear Data”.

Namun ada beberapa perangkat juga hanya dapat memberikan dampak ketika google play store di downgrade ke versi sebelumnya. Caranya hampir sama, yaitu melalui jendela “App Manager”, namun di jendela ini yang Anda pilih adalah “Uninstall Update”. Ini akan menghapus file pembaharuan dari aplikasi play store dan akan memulihkan ke versi sebelumnya.

Setelah Anda mencoba ini, Anda mungkin akan diminta untuk masuk ulang menggunakan akun Google Anda ketika membuka play store kembali.

Menghapus System Host Android (Root)

Cara ini yang paling ampuh yang biasanya menjadi sumber masalah ketika play store menampilkan error no connection retry. Namun caranya ini mengharuskan Anda untuk melakukan rooting terlebih dahulu, sebab akses berada di folder system Android. Selebihnya mengenai cara rooting bisa Anda lihat pada artikel woiden berikut:

  • https://woiden.com/rooting

Setelah Anda melakukan rooting pada perangkat Anda. Anda harus mengisntall aplikasi file explorer seperti Root Explorer, ES File Explorer atau Total Commander. File ini bisa Anda unduh melalui situs apk4fun.com atau situs apk downloader lainnya.

Kemudian setelah aplikasi file explorer terinstall di perangkat Anda, arhakan ke folder berikut ini:

  • Root -> System -> Etc

Kemudian cari file bernama “hosts”, lalu edit file ini dengan menekan sambil tahan selama kurang lebih 3 detik, lalu pilih “Edit file”.

Setelah jendela editing terbuka, hapus semua tulisan yang berada dalam file itu dan ganti menjadi berikut ini:

  • 127.0.0.1 localhost

Kemudian, simpan file dan cobalah untuk membuka kembali play store Anda.

Sama pada penerapan pertama, dimana Anda mungkin diharuskan untuk masuk kembali menggunakan akun Google Anda. Jadi pastikan bahwa anda mengetahui akun google yang Anda gunakan atau tautkan di smartphone Android Anda. Selebihnya, jika ada masalah lain yang Anda hadapi mengenai topic yang dibahas ini, maka silahkan saja tinggalkan jejak Anda melalui kolom komentar dibawah ini.