disk error windows 10

Cara Mengatasi Masalah Disk Error Di Windows 10

Diposting pada

Windows 10 merupakan sistem operasi terbaru yang paling umum digunakan pada perangkat desktop entah itu seperti komputer pc, laptop, netbook, ataupun notebook. Ada banyak fitur dan pembaharuan tambahan yang tersedia di Windows 10.

Hanya saja pada versi windows ini memiliki kinerja yang terbilang cukup besar. Tidak jarang beberapa perangkat tidak mampu untuk menjalankan sistem operasi ini. Masalah lainnya, misalnya ketika perangkat dapat menjalankan sistem operasi dengan versi ini, namun mengalami kesalahan atau error pada fitur tertentu.

Meskipun tidak semua perangkat mengalami masalah yang sama. Hanya saja ada beberapa kesalahan atau error yang umum dialami oleh kebanyakan pengguna windows 10. Salah satu kesalahan ini seperti Disk Error dengan pesan “Scan Drive for Error”. Kesalahan ini lebih mengacu pada hardisk yang tersimpan dalam perangkat desktop tidak dapat dibaca oleh perangkat. Sehingga mengalami error. Hal yang cukup mengancam dari kesalahan ini adalah resiko yang dapat ditimbulkan.

Seperti yang kita ketahui bahwa kesalahan error disk dimana penyimpanan sistem operasi tersimpan, maka bisa saja berakibat pada Layar biru BSOD atau yang umumnya disebut dengan Blue Screen of Death.

Beberapa kesalahan error disk memang berakibat dari kerusakan mekanis dari hardisk yang digunakan. Namun tidak menutup kemungkinan ini hanya masalah software yang bisa diatasi dengan melakukan beberapa perubahaan pengaturan system operasi windows tersebut. Ada beberapa cara yang bisa digunakan, namun dalam artikel ini akan dijelaskan tiga cara umum yang bisa Anda gunakan. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

Menginstall Ulang Windows 10

Cara ringkas namun membutuhkan waktu dan cukup banyak dilakukan ketika mengalami error adalah dengan menginstall ulang software windows tersebut. Dengan melakukan install ulang windows akan membuat sistem operasi kembali seperti pertama kali dibeli.

BACA JUGA  Cara Membuat File Instalasi Windows 10

Instalasi ulang windows juga ampuh untuk mengatasi banyak masalah pada software windows. Tidak menutup kemungkinan juga pada error disk di windows 10. Maka salah satu cara in bisa Anda manfaatkan. Lebih jelasnya mengenai tahap instalasi windows 10 bisa Anda lihat pada halaman berikut ini:

Melalui halaman diatas, Anda bisa melakukan langkah-langkah instalasi ulang windows menggunakan flashdisk lengkap beserta gambar yang memudahkan Anda mengikuti prosesnya.

Menganalisa Kerusakan Melalui Fitur Disk Check

Windows 10 atau lebih lawas memang sudah ditanamkan fitur bawaan yang mampu mendeteksi kesalahan pada fungsi tertentu. Begitu pula pada fungsi Disk di Windows 10. Anda bisa memanfaatkan fitur Disk Check untuk menganalisa penyebab kesalahan yang terjadi dan bagaimana mengatasinya.

Caranya sangatlah mudah, Anda hanya perlu membuka jendela “File Explorer” di Windows Anda. Kemudian Klik Kanan pada  “Folder Drive OS (C:)”, lalu ketuk “Properties”. Folder ini umumnya dimana tersimpan file instalasi dari sistem operasi windows perangkat kita.

Saat jendela Properties terbuka, selanjutnya alihkan ke tab “Tools”. Nah dari jendela ini, Anda akan melihat bagian fitur “Error Checking”. Ketuk “Check” untuk memerintahkan komputer menganalisa kerusakan yang terjadi. Ketuk “Scan Drive” sekali lagi.

Jika permasalahan ditemukan, maka biasanya komputer akan menampilkan lengkap beserta bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Namun sayangnya, sistem check dari windows selalu tidak akurat. Sehingga ada kemungkinan tidak ditemukannya kesalahan. Maka apabila Anda juga mengalami hal serupa, ikuti langkah lainnya dibawah.

Memanfaatkan Startup Repair

Fitur lainnya yang bisa dimanfaatkan dari windows 10 ketika mengalami error adalah dari fitur Startup Repair. Fitur bawaan windows 10 ini terbukti cukup berguna untuk beberapa kasus kesalahan sistem. Fitur ini bisa Anda akses melalui jendela “Settings” -> “Update & Security”.

BACA JUGA  Cara Menghapus Password Login Windows 10

Dari jendela navigasi bar disamping kiri layar desktop Anda, ketuk pilihan “Recovery”. Menu disamping kanan muncul, termasuk pilihan “Advanced startup”. Anda cukup ketuk tombol pilihan ini, dan ketuk “Restart Now” untuk mulai masuk ke mode perbaikan.

Setelah perangkat Anda hidup kembali, ketuk tombol “Toubleshoot” -> Lalu ketuk tombol “Continue” -> “Advanced options”. Selanjutnya dari jendela ini, ketuk lagi “Startup Repair”. Kemudian  biarkan perangkat mendeteksi kesalahan yang terjadi. Perangkat Anda juga otomatis akan memperbaiki kesalahan yang ditemukan.

Kesimpulan

Itulah tiga metode berbeda yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi kesalahan disk error di windows 10. Mungkin tidak cukup dari ketiga metode diatas, maka jika dirasa masih ada cara lain yang ingin dilakukan, silahkan baca beberapa panduan lainnya dihalaman Cara dan Tips Android dan Windows.