3 Cara Download Video Di Situs Website Streaming Apapun

Diposting pada

Video Streaming adalah multimedia yang me berfungsi mempresentasikan data visual audio secara langsung (live) atau rekaman (on demand) melalui siaran jaringan internet.

Sama hal nya seperti Youtube, yang kita kenal sebagai situs web yang menyediakan berbagai video yang dapat kita tonton kapanpun dan dimanapun, selagi dalam jangkauan internet. Diluar itu juga, ada banyak situs serupa yang menyajikan berbagai video dengan niche tertentu.

Hal ini juga didukung oleh kebutuhan para netizen yang cenderung lebih tertarik dengan visual. Dilihat dari meningkatnya permintaan kualitas maupun kuantitas yang secara signifikan dari tahun ke tahun yang diungkapkan oleh beberapa situs penyedia konten video ternama.

Maka tidak heran, bahwa video streaming bisa menjadi alternatif dari media televisi saat ini. Walaupun begitu video streaming tentu memiliki kekurangan. Salah satunya adalah konsumsi kuota yang bisa begitu membludak seketika. Terlebih jika hendak menonton video dengan kualitas tinggi dan durasi yang cukup lama.

Untungnya adalah solusi lain, yaitu dengan mengunduhnya saat berada di jangkauan internet gratis atau waktu dimana kuota melimpah didapatkan. Dengan begitu, siapapun bisa menonton video streaming yang diinginkannya.

Tapi masalah lainnya adalah situs penyedia konten video seringkali tidak menyediakan fitur mengunduh. Sehingga mau tidak mau, saat Anda tidak tahu caranya, Anda akan menontonnya saat itu juga secara langsung.

Untuk  download video dari Youtube, mungkin sudah sangat mainstream dan mungkin sangat-sangat banyak layanan, aplikas, atau software diluar sana yang menawarkan unduhan gratis dari video youtube. Tapi jika Anda ingin download video dari berbagai penyedia konten lainnya selain yt sendiri, mungkin Anda perlu melalui beberapa tahap berbeda atau lebih detailnya silahkan menyimak penerapan dibawah:

BACA JUGA  Cara Menampilkan Foto Profil Disamping Teks Chat WhatsApp Android

Unduh Video Di Semua Situs Web Streaming

Software/Aplikasi Downloader

Internet Download Manager merupakan salah satus software yang paling umum digunakan oleh kebanyakan orang untuk mengunduh video dari situs streaming. Fungsinya yang lebih mudah dengan munculnya tombol unduh secara otomatis ketika video di mainkan dari player pada situs web yang dikunjungi. Selebihnya silahkan unduh dan install IDM melalui link dibawah ini:

  • Resmi (Trial): https://www.internetdownloadmanager.com/download.html
  • Non-Resmi (Full Version): https://www.bagas31.com/?s=internet+download+manager

Selain internet download manager, ada beberapa aplikasi yang memiliki fungsi dapat mengunduh video streaming. Beberapa aplikasi itu diurutkan dibawah ini:

  • KeepVid
  • aTube Cather
  • YTD Video Download
  • 4K Video Downloader (Support 4K 2160p)
  • AnyMP4
  • FreeMake Video Downloader
  • SnapStube (Mobile)

Situs Downloader Online

Ada banyak situs video downloader langsung dari internet yang berteberan di internet. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

  • https://video-download.co
  • http://id.savefrom.net
  • http://www.clipconverter.cc (Support 4K 2160p)
  • http://www.downvids.net
  • http://savedeo.online
  • http://savevideo.me
  • https://www.tubeninja.net
  • Ingin tau cara internet gratis? Cek di sini!

Anda hanya perlu menyalin url/link dari laman video yang ingin Anda unduh kemudian memasukkan di kolom yang tersedia di situs downloader tersebut. Kemudian cukup menungguh proses konversi video untuk siap diunduh.

Beberapa situs diatas juga menyediakan plugin atau ekstensi yang dapat di install di browser Anda agar lebih mudah download video secara langsung melalui ekstensi tombol jalan pintas.

Unduh Via Source (Tanpa Software/Layanan)

Cara cepat namun sedikit rumit adalah dengan melalui fungsi view page source atau inspect element dari laman situs video yang ingi diunduh.

Seperti yang kita tahu bahwa beberapa situs streaming hanya mengizinkan penggunanya untuk makan di tempat alias menyaksikan langsung video saat itu juga dan tidak mengizinkan bungkus bawah pulang alias mengunduhnya.

BACA JUGA  Cara Upload Foto & Video Instagram Secara Terjadwal Otomatis

Tentu tujuanya jelas untuk membuat pengunjungnya kembali lagi diwaktu lain ketika hendak menonton video yang diinginkan. Dari itulah mengapa situs downloader mulai berkembang, namun jika Anda masih mengunduh secara langsung tanpa menggunakan layanan atau aplikasi, kenapa tidak?. Berikut caranya:

Langkah 1: Mengunjungi Web Streaming

Tahap pertama kunjungi situs web streaming yang Anda tuju tepat di halaman dimana video itu dapat diputar. Contoh untuk youtube: http://youtube.com/watch?v=K1d5J4m4Nn0w.

Langkah 2: Melihat Source Situs

Selanjutnya Anda harus melihat semua source yang ada dalam laman yang Anda kunjungi. Caranya, klik kanan dibagian manapun di halaman video tersebut. Kemudian pilih “View Page Source” atau “Source Code” tergantung browser yang Anda gunakan.

Langkah 3: Mencari URL Video

Pada halaman dimana Anda melihat kode-kode source/script. Carilah url/link dari video yang hendak Anda unduh. Caranya tekan “Ctrl + F” di Keyboard.

Kemudian ketikka ekstensi atau format video yang umum digunakan di situs streaming video. Umumnya ekstensi video itu seperti avi, mpeg, mpg, mp4, wmv, mov, flv, swf, atau avi.

Jadi carilah kemungkinan url video itu berdasarkan akhiran ekstensi video di urlnya. Misalnya, https://vidio.com/media/video/stream/kids+jaman+now.mp4.

Saat Anda menemukan urlnya, silahkan Anda copy/salin. Namun pastikan bahwa itu url video yang benar Anda tuju. Sebab beberapa situs steaming biasanya terdapat beberapa url video yang mencakup related video (video yang disarankan) disamping video utama.

Langkah 4: Menyimpan Video

Setelah url video telah Anda dapatkan. Selanjutnya, buka aplikasi Windows Media Player di komputer Anda. Kemudian Klik “File” -> “Open”. Kemudian paste/temple url video di kolom “File Name”. Lalu klik “Open”. Tunggu hingga video dimuat di jendela WMP tersebut.

BACA JUGA  Cara Meningkatkan Kecepatan Download IDM (Internet Download Manager) di PC

Setelah video dimuat, klik “File” -> “Save AS” di menu bar di jendela WMP tersebut. Isikan “File Name” sesuai yang Anda inginkan. Lalu klik “Save” untuk menyimpannya di direktori komputer Anda untuk mulai download video.

Terkait:

  • situs download video ilegal tubeninja

1 komentar.

Comments are closed.