Salah satu upgrade terbesar yang paling sering dilakukan orang-orang ketika ingin meningkatkan kapasitas dan kinerja personal komputer mereka adalah memastikan kapasitas RAM mereka masih cukup atau sudah perlu ditingkatkan.

Saat komputer windows sudah mulai kehabisan memori pengoperasian atau ram karena proses aplikasi atau system yang sudah terlalu banyak dijalankan. Biasanya akan membuat komputer Anda melambat, lagging, atau patah-patah. Ini  tentu bisa membuat seseorang emosi batin ketika ingin mengerjakan sesuatu dari komputer namun terkendala kinerja komputer mereka sendiri.

Salah satu cara untuk mengatasi itu adalah dengan melakukan upgrade atau meningkatkan kapasitas ram komputer mereka. Namun perlu diketahui bahwa sebuah perangkat keras ram tidaklah murah seperti membeli kuaci. Terlihat saja RAM dengan kapasitas 4G pun itu umumnya berada di kisaran harga 500 ribu sedangkan untuk 8GB itu berkisar 1 jutaan.

Harga itu tentunya bukanlah terbilang murah untuk seseorang yang hanya memiliki uang pas-pasan. Untungnya ada beberapa software atau perangkat lunak yang memungkinkan perangkat windows dapat menguras, menurunkan atau menghemat pengguna RAM di komputer mereka. Berikut ke 6 software tersebut

Wise Memory Optimizer

Wise Memory Cleaner merupakan salah satu tool atau software yang memiliki tampilan yang sederhana. Namun tool ini memiliki segudang fungsi dan fitur yang bermanfaat. Seperti fungsi grafik penggunaan ram secara real time, tombol satu klik untuk membersihkan ram, dan fungsi yang memungkinkan komputer dapat melakukan pembersihan ram saat batas yang ditentukan telah dicapai.

Beruntungnya lagi, software ini hanya berkapasitas 2MB saja. Ini tentu terbilang sangat ringan dan kecil untuk ukuran tool dengna fungsi ram cleaner.

Download: https://woiden.com/go/dpBhFi

Rizonesoft Memory Booster

Tool ini sebelumnya disebut dengna Datum Memory Booster. Tool ini adalah program lain yang menggunakan command atau perintan Windows API untuk mengurangi jumlah kinerja memori yang berlangsung.

Sama seperti software lainnya, perangkat lunak ini memungkinkan Anda melihat jumlah memory yang digunakan secara real time. Salah satu mode terbiaknya adalah mode “Intelligent Memory Optimization”. Fungsi ini memungkinkan melakukan memory booster untuk interval waktu yang ditentukan, misalnya setiap 25 detik dan seterusnya.

Download: https://woiden.com/go/EfMGnX

RAMRush

RAMRush hampir sangat mudah untuk digunakan, karena hanya beberapa opsi fungsional. Namun semuanya memiliki fungsional inti yang dibutuhkan untuk menghemat penggunaan RAM. Bedanya dengan tool lainya adalah RAMRush tidak menawarkan optimasi memori secara otomatis dan ini dilakukan manual sepenuhnya.

Anda dapat melakukannya dengan mengklik dua kali ikon tray, melayang di atas ikon tray untuk menampilkan grafik CPU dan RAM. Lalu klik “Start Optimize” atau tekan kombinasi hotkey (Ctrl + Alt + O). Tool ini juga sangat ringan yaitu hanya berkisar 2MB saja.

Download: https://woiden.com/go/3UL4BF

Minimem

Minimem awalnya dikembangkan untuk mengurangi memori yang dikonsumsi oleh Firefox namun sekarang ruang lingkupnya telah berkembang untuk mengurangi memori aplikasi apapun. Dibutuhkan pendekatan yang berbeda dengan program untuk pengurangan memori lainnya karena Anda benar-benar dapat memilih proses yang Anda inginkan untuk di optimalkan.

Cara kerjanya adalah daftar penggunaan memori tertinggi (atau semua jika Anda memilih) proses akan muncul di panel kanan, maka Anda dapat menyoroti apa yang Anda inginkan dan klik panah kiri untuk menambahkan proses ke daftar optimasi atau optimization list. Anda kemudian dapat memilih dari pilihan di bawah interval waktu untuk menjalankan optimalisasi secara otomatis antara 5-1200 detik.

Download: https://woiden.com/go/DQ5dzx

CleanMem

CleanMem mungkin adalah salah satu pengoptimalan memori paling canggih saat ini dan sekaligus mudah digunakan jika Anda tidak memerlukan fungsi ekstra. Pengoptimalan otomatis memanfaatkan dari fitur bawaan Windows yaitu Task Scheduler dan berjalan setiap 15 menit, ini disetel secara default saat menginstal.

Tool ini memiliki keuntungan besar karena program ini tidak perlu terus berjalan di latar belakang, sehingga ini juga dapat menghemat lebih banyak memori ram. Monitor mini tersedia yang selalu menampilkan display ikon desktop dan tray dari penggunaan memori, beberapa pilihan tampilan dan nuansa monitor ini berada di jendela pengaturan. CleanMem memiliki versi portable tapi tidak secara otomatis membuat fungsi terjadwal.

Download: https://woiden.com/go/5SRFHq

Mz RAM Booster

Program ini seperti mini optimization suite karena selain fungsi memory boost juga memiliki tab “System speedUp”. Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki backup sistem yang memadai dengan menggunakan tab ini karena hal itu bisa memperburuk keadaan jika dilakukan dengan tidak benar. Terdapat fungsi tweak dengna meminimalkan kinerja CPU, proses shutdown timeout, dll yang tidak terpakai. Namun Anda tentu harus menjaga kernel Windows di memori dan sistem file NTFS tersedia.

Hal yang langsung harus Anda lakukan pada saat pertama kali membuat tool ini adalah membuka tab Opsi dan menekan “Recommended Value”. Ini menyesuaikan jumlah memori yang direklamasi selama pengoptimalan. Pengaturan lainnya seperti interval dan opsi startup dapat diedit setelahnya. Tugas “Smart Optimze” adalah metode standar dan yang disarankan untuk berjalan secara manual, “Recover RAM” mencoba untuk menyusul ulang data, “CPU Boost” mencoba untuk meminimkan kinerja sistem yang tidak digunakan.

Download: https://woiden.com/go/gaMQ9d

Kesimpulan

Jika sistem Anda memiliki jumlah memori diatas 4GB yang notabene itu lebih dari cukup. Semua software yang disebutkan diatas mungkin tidak akan memberi efek signifikan atau tidak terasa sama sekali. Namun jika ada sebuah system yang berjalan di latar belakang secara terus menerus tanpa Anda ketahui yang dimana system ini tidak dibutuhkan. Tentu akan membuat kinerja ramnya cepat using.