Cara Mengatasi Captcha Tidak Muncul - Woiden

6 Cara Mengatasi Kode Captcha Tidak Muncul Error Di Browser

Diposting pada

Captcha adalah salah satu bentuk response test yang biasanya digunakan untuk memastikan bahwa pengoperasian fungsi dalam system dilakukan oleh seorang individu atau manusia tanpa robot. Captcha memang penting untuk sebuah fungsi vital untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti peretasan.

Umumnya Captcha sering kita jumpai dalam sebuah website atau halaman situs seperti fungsi untuk login, pembayaran, unduhan, dan lain sebagainya. Dimana pada system pengecekan ini biasanya akan menampilkan sebuah kombinasi angka, huruf, atau keduanya yang dimana seseorang yang mengoperasikan fungsi harus mengetikan ulang sebagai uji verifikasi keaslian. Namun belakangan ini sudah banyak pula variasi dari jenis captcha. Misalnya seperti uji tebak gambar, menyusun gambar, ataupun uji pola-pola lainnya.

Fungsi Captcha termasuk syarat utama pengoperasian yang biasanya diterapkan oleh sebuah halaman. Maka tidak heran jika ketika ada sebuah fitur dalam sebuah website yang memiliki uji verifikasi captcha, seseorang tidak dapat melakukan pengoperasian sebelum berhasil melengkapi uji verifikasi yang tampilkan.

Cara Atasi Kode Captcha Tidak Tampil Di Web Browser

Mengingat bahwa fungsi captcha sangat penting karena sebuah keharusan untuk fungsi halaman situs, ada beberapa kendala besar ketika captcha itu sendiri tidak muncul yang disebabkan oleh beberapa faktor. Ketika uji captcha tidak muncul, maka tentu ini akan menghambat fungsi yang hendak dijalankan. Nah jika Anda sedang mengalami masalah tersebut, dibawah ini akan dijelaskan mengenai beberapa cara mengatasi kode captcha yang tidak muncul dalam web browser.

Sebelum melangkah jauh ke penanganan atau solusi dari kode verifikasi yang tidak tampil, perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa faktor umum yang biasanya menjadi penyebab ketika kode verifikasi captcha tidak tampil dalam halaman website yang seharusnya ada. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

  • Sedang Mengaktifkan VPN
  • Pernah atau Dicurigai Menggukan Program Bot
  • IP tidak terstandarisasi atau tidak sesuai lokasi pengakses
  • Web Browser belum diupdate atau hasil modifikasi
BACA JUGA  Apa Itu Bitcoin dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Itulah beberapa poin umum yang biasanya menjadi penyebab oleh beberapa orang yang mengalami kode captcha tidak muncul. Jika Anda menyadari salah satu dari poin penyebab diatas, maka Anda bisa mencoba mengatasinya langsung. Namun jika tidak berdampak pada yang diharapkan, silahkan terapkan salah satu atau beberapa cara dibawah.

Reload atau Muat Ulang Kode Captcha

Sebagian besar kode verifikasi dilengkapi dengan tombol reload atau memuat ulang gambar yang ditampilkan. Biasanya jika terjadi kesalahan atau keterlambatan loading gambar dari data sever internet website/hosting.

Salah satu cara yang bisa Anda coba sebagai langkah pertama ketika kode tidak muncul adalah mengetuk tombol ikon reload atau re-captcha yang berada dibawah gambar kode verifikasi. Ketuk tombol ini untuk memuat ulang kode.

Refresh Halaman Website

Ada kala mengetuk berkali-kali sekalipun tombol muat ulang kode atau re-captcha tidak memberikan solusi dari kode yang tidak muncul. Maka cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan memuat ulang halaman situs yang Anda akses.

Caranya ketuk ikon “Reload” atau “Refresh” yang berada disamping kolom url web browser Anda. Atau jika Anda menggunakan perangkat komputer sebagai akses halaman, ketuk saja tombol “F5” dari keyboard perangkat Anda.

Menonaktifkan VPN atau Kongifurasi Tambahan Jaringan

Seperti yang disebutkan dalam salah satu poin penyebab kode verifikasi yang tidak mnucul diatas bahwa menggunakan konfigurasi tambahan jaringan di perangkat seperti mengaktifkan VPN. Itu bisa menjadi faktor yang membuat kode tidak tampil dalam halaman.

Maka untuk mencoba mengatasinya, cobalah menonaktifkan vpn yang sedang aktif. Diluar itu, jika Anda menggunakan konfigurasi tambahan lainnya, misalnya seperti setelan proxy dan sebagainya. Silahkan atur ulang seperti sediakala atau default.

BACA JUGA  Cara Mudah Menggabungkan Beberapa File PDF

Membersihkan Data, Cache, dan Cookies Web Browser

Terkadang menggunakan web browser dalam jangka waktu yang cukup lama. Itu membuat beberapa data riwayat browsing selama ini menjadi menumpuk dan berbenturan dengan akses halaman yang baru saja dilakukan.

Hal sekecil ini biasanya bisa menjadi penyebab ketika kode verifikasi tidak muncul. Selayaknya sebuah bugging pada sebuah game online. Pada web browser sekalipun, itu bisa saja terjadi. Maka cobalah untuk menghapus data, cookies, dan cache yang ada di web browser yang Anda gunakan.

Jika Anda bingung mengenai bagaimana cara menghapus data web browser, Anda bisa membaca artikel woiden berikut ini:

Apabila Anda menggunakan perangkat komputer pc seperti google chrome atau mozilla firefox dan sejenis lainnya. Maka Anda cukup mengetuk tombol “CRTL” + “Shift” + “Delete”.

Mulai Muat Ulang atau Restart Perangkat

Tidak menutup kemungkinan bahwa perangkat harus melakukan restart untuk mengatasi kode verifikasi yang tidak muncul dalam halaman website. Memang tidak dapat dipastikan, namun sangat disarankan jika ke-empat cara sebelumnya benar-benar tidak dapat menjadi solusi dari masalah Anda.

Tunggu hingga perangkat benar-benar hidup kembali dengan sempurna. Barulah Anda mencoba untuk memuat ulang halaman situs yang Anda tuju. Jika benar kedala hanya berupa bug kecil, maka seharusnya kode akan mulai muncul kembali.

Menggunakan Koneksi Jaringan Internet Lainnya

Solusi terakhir yang dapat dijelaskan dalam artikel ini ketika Anda mengalami kode verifikasi tidak tampil dalam halamn website adalah dengan mengganti koneksi jarigan yang sedang digunakan. Jika sebelumnya Anda mengguhnakan data seluler sebagai koneksi untuk mengakses halaman website.

BACA JUGA  4 Cara Menikmati Liburan Akhir Pekan Di Kota Semarang

Maka cobalah menggunakan jaringan wifi yang dapat terhubung diperangkat Anda saat itu. Anda juga bisa mencoba meminjam jaringan tethering dari perangkat teman atau kerabat Anda sebagai uji coba terakhir.

Diatas adalah enam cara umum yang biasanya menjadi faktor umum ketika perangkat tidak dapat menampilkan kode captcha dalam halaman website. Meskipun mungkin beberapa dari Anda sudah mencoba semua langkah diatas, namun belum mendapatkan hasil yang diharapkan. Itu sangat bisa saja terjadi. Sebab penyebab dari masalah atau error yang terjadi bisa terjadi, tergantung kondisi perangkat yang digunakan.

Jika Anda benar-benar tidak dapat mengatasi masalah tersebut. Cobalah ajukan ke kami dengan merincikan kondisi perangkat, tipe, web browser, halaman situs yang dituju, serta deskripsi tambahan lainnya melalui kolom komentar dibawah. Sebisa mungkin akan kami berikan solusi terbaik yang memungkinkan.