Teleprompter atau dalam bahasa Indonesia biasa disebut dengan Pengial Baca merupakan fungsi text atau tulisan yang ditampilkan di sisi kamera sebagai bahana bacaan atau script naskah dalam sebuah pidato atau pembuatan video.

Teleprompter biasanya digunakan di acara-acara tv, khususnya pada acara berita yang mengharuskan presenter menyampaikan berita terbaru secara langsung melalui kamera. Mengingat bahwa presenter mungkin tidak dapat menghafal rincian berita yang akan disampaikan dalam waktu singkat. Maka dengan itulah hadirnya alat teleprompter yang membuat pembawa acara tetap memandang arah kamera sembari membaca text yang dilampirkan.

Telepromter ini umumnya merupakan alat tambahan yang harganya tidaklah murah. Alat ini diletakan sebagai pengganti lensa utama kamera. Namun tentu Anda mungkin tidak ingin membeli alat ini, jika hanya untuk keperluan sederhana. Nah untungnya di smartphone yang sudah canggih ini, Anda bisa melakukan hal yang sama dengan memanfaatkan fungsi dari aplikasi yang dapat Anda download dan install secara gratis.

Aplikasi yang memungkinkan smartphone Anda menjadi Teleprompter adalah aplikasi yang disebut dengan Selvi – Teleprompter Camera. Aplikasi ini dapat Anda download secara gratis melalui Google Play Store di Android atau App Store di iPhone iOS. Berikut tautan lengkap:

Android: https://woiden.com/go/VFDGrv
iOS/iPhone: https://woiden.com/go/k6sYRd

Setelah Anda menginstall aplikasinya di smartphone Anda. Cukup menjalankan aplikasi Selvi – Teleprompter tersebut, kemudian ikuti panduan seperti langkah berikut:

Langkah 1: Menyiapkan Tulisan atau Naskah

Sebelum Anda menjalankan fungsi pengial baca ini, Anda perlu menyiapkan semua naskah yang nantinya Anda baca melalui layar smartphone Anda. Caranya jalankan aplikasi Selvi – Teleprompter Camera di smartphone Anda. Kemudian ketuk tombol tanda positif (+) di sudut kanan bawah jendela utama aplikasi.

Dari jendela ini, cukup mengetikan naskah yang Anda inginkan. Anda juga bisa menambahkan text atau tulisan yang sudah Anda buat sebelumnya dalam format .TXT. Apabila Anda sudah membuat sebelumnya, cukup mencari file tersebut kemudian menjalankankannya dari aplikasi ini, lalu ikuti langkah selanjutnya.

Langkah 2: Mulai Merekam Kamera

Sebelum memulai merekam, Anda bisa menyesuaikan ukuran jendela sesuai tampilan yang Anda inginkan. Setelah Anda menyiapkan semua naskah yang perlu Anda baca, Selanjutnya cukup tombol “Shutter” dibagian bawah layar unutk mulai mereka video.

Ketika Anda mulai mereka, tulisan atau naskah yang telah Anda siapkan sebelumnya akan bergulir/berjalan kebawah secara otomatis. Nah disini Anda bisa merekam sembari membaca naskah tanpa terlihat sedang membaca.

Mungkin itu saja singkatnya mengenai aplikasi yang memungkinkan Anda menjalankan pengial baca di smartphone Android dan iOS dengan mudah dan gratis. Apabila Anda pertanyaan, silahkan tinggalkan melalui kolom komentar yang disediakan dibawah.