Smartphone sejatinya merupakan alat telekomunikasi seluler untuk berhubung dengan perangkat satu sama lainnya. Namun berhubung smartphone kini memiliki fungsi yang cerdas dan memungkinkan untuk melakukan banyak hal diluar hanya menelfon dan menerima pesan. Terlebih smartphone itu memiliki saluran microphone berupa lubang kecil dibagian atas atau bawah perangkat. Maka Anda bisa memanfaatkan fungsi ini dengan menjadikan smartphone Anda menjadi sebuah microphone untuk pembesar suara ataupun untuk fungsi input ke komputer.

Pada beberapa artikel woiden sebelumnya telah dijelaskan mengenai bagaimana cara membuat laptop menjadi pengeran suara dari microphone. Nah kini adalah artikel yang berbeda, namun bisa Anda relasikan dengan menggunakan hp Android sebagai microphone yang dituju.

Nah disini Anda hanya membutuhkan komputer/laptop serta aplikasi yang dibutuhkan. Aplikasi ini disebut dengan WO Mic yang dapat Anda download secara gratis melalui tautan dibawah ini:

  • http://www.wirelessorange.com/womic/

Aplikasi ini terbagi menjadi dua yaitu Aplikasi yang harus Anda install di Smartphone (Android/iOS) dan satunya lagi adalah Aplikasi Client yang harus Anda install di komputer. Anda juga bisa melakukan sebaliknya, misalnya ingin membuat komputer menjadi microphone untuk Android dengan menggunakan aplikasi Driver di komputer (Bukan Client). Setelah menginstall kedua aplikasi yang dibutuhkan di kedua perangkat. selanjutnya, silahkan ikuti langkah seperti yang dijelaskan dibawah.

Cara Menggunakan Aplikasi WO Mic di Smartphone

Hebatnya dari aplikasi ini adalah Anda memungkinkan untuk menghubungkan kedua perangkat dengan 3 metode yang berbeda, yaitu menggunakan Kabel Data USB, Jaringan WiFi, dan Bluetooth. Semua memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Dimana dengan menggunakan kabel data usb, transimis audio bisa lebih responsive tanpa delay, namun mungkin kurang efisien dengan kabel yang ukuran pendek.

Sedangkan untuk menggunakan jaringan Wireless/Wifi dan Bluetooth, terkadang adanya delay dari output audionya. Namun, itu tergantung dari jenis dan kompabilitas perangkat itu sendiri. Untuk mulai menghubungkan kedua perangkat. Cukup ikuti salah salah langkah yang Anda inginkan dibawah ini:

Metode 1: Menghubungkan Dengan Jaringan WI-FI

Untuk metode pertama ini, cukup simple, karena Anda hanya perlu menghubungkan kedua perangkat ke jaringan Wi-Fi yang sama. Jadi pastikan di sekitar Anda, tersedia jaringan wifi yang memungkinkan kedua perangkat (komputer & smartphone) dapat terhubung.

  1. Setelah itu, jalankan aplikasi WO Mic di HP Android/iOS anda.
  2. Lalu arahkan ke “Settings” -> “Transport” -> “WIFI”.

Nah, dari sini, Anda cukup memilih jaringan wifi yang tersedia untuk dihubungkan. Selanjutnya kembali ke layar utama aplikasi, dan ketuk menu “Start”. Setelah itu, laya akan menampilkan alamat “IP Address” dari smartphone Anda. Silahkan Anda catat alamat IP perangkat Anda tersebut.

Selanjutnya jalankan program WO Mic di komputer/laptop, kemudian arahkan ke menu “Connection” -> “Connect” -> “WIFI”. Lalu ketikan/masukan Alamat IP Address yang telah Anda catat sebelumnya di smartphone. Kemudian ketuk tombol “OK”.

Metode 2: Menghubungkan Dengan Kabel Data USB

Sedangkan untuk metode kedua ini, Anda harus menggunakan kabel data usb yang dihubungkan ke perangkat komputer. Namun sebelum Anda bisa menjalankan dengan metode ini, Anda harus mengkatifkan mode “USB Debugging” untuk HP Android. Lebih detailnya bisa Anda lihat pada artikel woiden berikut:

Setelah mengaktifkan USB Debugging, cukup jalankan aplikasi di smartphone Anda. Kemudian arahkan ke “Settings” -> “Transport” -> “USB”. Selanjutnya kembali ke layar utama aplikasi dan ketuk pilihan “Start”.

Selanjutnya hubungkan smartphone menggunakan kabel data usb, kemudian dari program WO Mic di komputer, arahkan ke “Connection” -> “Connect” -> “USB” -> “OK”. Tunggu beberapa saat untuk memungkinkan kedua perangkat untuk saling terhubung.

Metode 3: Menghubungkan Dengan Bluetooth

Selain kedua metode yang diterangka diatas, Anda juga bisa menggunakan konektivitas Bluetooth yang tersedia di perangkat Anda. Namun pastikan bahwa komputer/laptop dan smartphone Anda memiliki fitur Bluetooth. Sebab beberapa perangkat laptop/komputer mungkin tidak memiliki fitur Bluetooth.

Hampir serupa dengan kedua langkah-langkah yang telah dijelaskan diatas, pertama adalah Anda harus menjalankan aplikasi Wo Mic di smartphone Android/iPhone Anda, kemudian arahkan ke menu “Settings” -> “Transport” -> “Bluetooth”. Kemudian dari layar depan aplikasi, ketuk menu “Start”.

Selanjutnya dari jendela wo mic di komputer, arahka ke “Connection” -> “Connect” -> “Bluetooth”. Kedua perangkat Anda akan saling terhubung secara otomatis, apabila kedua perangkat telah di hubungkan/pairing sebelumnya. Lalu tekan menu “OK” untuk mengaktifkan metode konektivitas.

Kesimpulan

Perlu Anda ketahui bahwa ini hanya merupakan alternative yang baik untuk digunakan ketika Anda ingin menggunakan android sebagai microphone tanpa membeli sebuah alat atau perangkat tambahan. Sebab bagaimanapun, membeli perangkat tambahan (microphone/adaptor audio) itu memberikan kualitas yang jauh lebih baik tentunya.