Cara Kirim FAX (Faksimile) Dari HP Android

Diposting pada

Pada artikel sebelumnya, woiden telah membahas tentang bagaimana cara mengirim fax (faksimile) melalui internet secara gratis. Nah pada artikel kali ini kita akan membahas materi pembahasan yang hampir serupa namun dengan penerapan media yang berbeda yaitu menggunakan hp atau tablet Android secara gratis.

Mungkin hampir sebagian besar dari kita sudah menggunakan smartphone, dan mungkin sebagian besar dari kita atau mungkin Anda adalah pengguna Android. Jadi jika benar Anda adalah pengguna atau memiliki perangkat Android. Maka Anda bisa mengirim sebuah fax secara gratis hanya dengan menggunakan perangkat Android yang Anda miliki. Caranya sangatlah mudah, selayaknya pada penerapan sebelumnya. Anda bahkan dapat menerapkan langkah ini tanpa harus memiliki perangkat yang telah di root, jadi kemungkinan besar semua perangkat Android mendukung untuk penerapan ini. Selebihnya bisa Anda lihat pada uraian langkah dibawah ini:

Cara Mengirim FAX (Fakximile) Melalui Smartphone Android

Tidak lagi menggunakan layanan situs internet, pada langkah ini kita memanfaatkan pada aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda unduh secara gratis melalui Google Play Store. Aplikasi ini bernama “PC-FAX.com”. Jadi cukup mencari nama itu dari play store atau langsung mengarahkan ke tautan dibawah ini:

  • https://play.google.com/store/apps/details?id=de.fax.freefax

Setelah aplikasi terinstall di perangkat Android Anda. Maka selanjutnya cukup membuka aplikasinya dan ikuti beberapa tahap awal ketika baru pertama kali menggunakan aplikasi. Selayaknya pada aplikasi Email pada umumnya. Di tampilan dempat Anda akan melihat menu atau tombol “Send” dengan ikon bergambar mesin fax/printer dari bagian pojok kiri bawah layar. Cukup memilih menu ini untuk mulai mengirim fax.

Setelah berada di layar pengiriman fax, Anda akan melihat dua kolom yang merupakan kolom untuk nomor fax tujuan dan isi tulisan faksimile yang ingin Anda kirim. Namun pastikan nomor fax yang Anda pilih sesuai dengan negara yang Anda tuju dari menu drop down yang tersedia.

BACA JUGA  Cara Mengubah File HTML Menjadi PDF

Anda dapat memilih ikon “Send” di samping menu ikon disk, tepatnya di pojok kanan atas layar.

Prosesnya sangatlah cepat dan mudah. Bahkan setelah Anda menekan tombol “Send”, maka pesan faksimile akan langsung diteruskan ke nomor yang Anda tuju secara gratis. Sama halnya pada penerapan gratisan. Anda mungkin dibatasi untuk penggunaan lebih, jadi Anda harus mengeluarkan biaya tambahan jika ingin mengunakan fungsi lebih dari yang disediakan secara gratis.