Salah satu hal yang paling mengesalkan ketika memiliki sebuah perangkat iPad adalah tidak jelasnya aplikasi whatsapp yang tersedia untuk perangkat tersebut. Sehingga ini cukup menjengkelkan untuk menggunakan ipad untuk urusan dunia maya.

Apabila melirik pada AppStore melalui perangkat iPad, tidak adanya aplikasi WhatsApp resmi yang dapat digunakan. Anda tidak akan melihat daftar aplikasi tersebut setelah mencarinya melalui kolom penelusuran.

Hal ini karena Whatsapp belum resmi meluncurkan aplikasi mereka untuk perangkat ipad untuk alasan tertentu. Sebagai gantinya ada beberapa aplikasi yang diterbitkan oleh beberapa pengembang pihak ketiga, misalnya seperti aplikasi WzPad for ipad. Namun harus woiden katakan bahwa aplikasi seperti hanyalah bullshit.

Aplikasi ini selayaknya Whatsapp untuk Web Browser, dimana hanya memanfaatkan aplikasi basis web browser desktop untuk masuk dengan akun whatsapp yang telah dimiliki. Sehingga untuk mengaksesnya Anda harus memiliki perangkat utama lain yang telah terinstall whatsapp dan melakukan pemindai atau scanning barcode untuk dapat melihat semua percakapan whatsapp dari jendela aplikasi tersebut.

Sehingga ini sama saja Anda login dari web browser. Hanya saja lebih ringkas dengan menggunakan shortcut aplikasi. Nah yang woiden inginkan adalah aplikasi yang memang  benar-benar aplikasi whatsapp. Tidak perlu scanning barcode apapun, melainkan menautkan nomor telepon langsung, selayaknya aplikasi whatsapp di smartphone dan tidak perlu repot untuk scan barcode setiap saat ketika aplikasi di force closed.

Cara Menggunakan Aplikasi Whatsapp (WhatsPad++) Di iPad

Memang tidak ada aplikasi resmi yang tersedia di App Store untuk ipad. Namun Anda tetap dapat menginstall aplikasi whatsapp diluar app store, yakni melalui layanan atau toko aplikasi seperti Cydia, iosninja dan toko aplikasi lainnya yang menyediakan berbagai aplikasi tweaking/mod yang tidak tersedia di app store secara resmi.

Salah satu situs yang woiden sarankan adalah iOS Ninja. Sebagai salah satu situs toko aplikasi tweaking paling sering woiden gunakana, ternyata situs ini juga menyediakan aplikasi whatsapp untuk ipad yang memiliki fungsi serupa dengan aplikasi di smartphone pada umumnya. Bahkan semua interface atau tampilan sama persis serta kegunaan lainnya.

Namun ada beberapa kebutuhan yang Anda perlukan yakni komputer/laptop dan Cydia Impactor yang telah terinstall didalamnya. Untuk mulai menginstal aplikasi WA di ipad, Anda harus mengunduh file ipad dari Whatsapp untuk ipad yang disebut dengan WhatsApp. File aplikasi ini bisa Anda download gratis dari tautan situs dibawah ini:

  • https://woiden.com/go/ZLguvO

Dari laman situs tersebut di web browser pc Anda, ketuk “Download” untuk mulai mengunduh file whatsapp for ipad tersebut. Setelah file terunduh di laptop/pc Anda, Selanjutnya Anda harus mengunduh dan menginstall pula Cydia Impactor di PC/Laptop Anda sebagai media untuk menginstall file IPA Aplikasi yang telah Anda unduh sebelumnya. Cydia Impactor bisa Anda download dari tautan berikut ini:

  • https://woiden.com/go/p3oicH

Lalu download dan install di pc/laptop Anda. Setelah programnya terinstall, Hubungkan iPad Anda ke pc/laptop Anda menggunakan kabel data usb lightning dan jalankan Cydia Impactor di Pc/Laptop Anda.

Setelah ipad terhubung ke pc Anda dan cydia telah dijalankan. Selanjutnya Drag dan Drop file iPA dari aplikasi WhatsPad kedalam jendela Cydia Impactor. Maka secara otomatis Cydia Impactor akan memunculkan jendela yang menanyakan Apple ID dan Password Anda. Anda bisa memasukan apple id dan password Anda dengan aman untuk verifikasi instalasi ke perangkat Anda.

Cara Menggunakan Aplikasi WhatsPad++ Di iPad

Setelah proses instalasi selesai akan memunculkan ikon WhatsPad di homescreen atau daftar aplikasi iPad Anda. Namun aplikasi tersebut belum dapat Anda jalankan sebelum Anda memverifikasi profil aplikasi dari pengaturan ipad Anda. Caranya arahkan ke Settings -> General -> Profiles (Device Management/Profiles & Device Management). Kemudian ketuk tombol “Trust” seperti pada contoh screenshot dibawah ini.

Setelah memberikan kredensial profil. Maka Anda sudah bisa menggunakan aplikasi whatsapp untuk ipad tersebut. Cukup jalankan aplikasinya, kemudian masuk dengan menautkan nomor telepon Anda. Semua pesan otentikasi akan muncul dalma bentuk pesan sms. Masukan kode yang Anda terima untuk masuk. Selayaknya ketika Anda pertama kali menginstall aplikasi whatsapp di smartphone Anda.

Jangan terkecoh dengan aplikasi yang serupa, sebab di Appstore sendiri terdapat aplikasi whatsapp dengan nama yang sama yakni Whatspad namun masih menggunakan metode convensional yakni scaning barcode dengan basis web. Namun untuk membedakan, aplikasi yang woiden sarankan memiliki nama detail yakni WhatsPad++ dan tidak tersedia di app store.

Bagusnya dari aplikasi ini adalah fungsinya yang sama persis dengan aplikasi di smartphone iphone. Kelebihnnya lainnya adalah tampilannya yang layar penuh. Sebab yang kita ketahui ada beberapa aplikasi social media yang tampil tidak penuh dilayar untuk ipad. Nah khusus untuk aplikasi ini akan tampil penuh dilayar, sehingga lebih memuaskan untuk digunakan.