Anda mungkin memiliki beberapa referensi yang dikutip dari sebuah halaman website atau situs di internet. Menyimpan halaman website tersebut hanya sebagai bookmark atau situs yang ditandai tetap mengharuskan Anda untuk terhubung ke internet jika suatu saat Anda hendak mengakses kembali halaman website yang Anda tuju tersebut dilain waktu.

Permasalahanya, Anda mungkin bisa memastikan bahwa Anda dapat terhubung dengan jaringan internet atau wifi setiap saat dan dimana saja Anda membutuhkan. Terlebih jika halaman website tersebut merupakan bahan referensi yang harus Anda bagikan ke teman, kerabat, atau team kelompok Anda. Tentu alangkah baiknya jika referensi tersebut dapat dibagikan dalam bentuk akses offline yang dimana seseorang dapat mengakses referensi tersebut tanpa harus terhubung internet langsung.

Menyimpannya dalam bentuk file adalah solusi yang paling baik. Namun jika menyimpannya dalam bentuk file teks di notepad atau word tidak menjaga keaslian dari tampilan yang kita lihat saat itu. Terlebih mungkin ada beberapa persepsi yang hendak disamakan oleh satu team kelompok yang sama. Maka menyimpannya dalam bentuk file pdf adalah solusi paling baik selain menyimpannya dalam format gambar screenshot. Sebab menyimpan dalam format pdf, masih memungkinkan Anda untuk menyalin beberapa kalimat yang mungkin hendak Anda salin ke dalam dokumen lainnya.

Selain itu, tampilan yang lebih efisien dengan scroll bar yang masih dapat digunakan. Selayaknya mengakses halaman web browser. Sehingga alternatif dengan mengubah halaman website menjadi pdf dan menyimpannya adalah cara terbaik. Lalu bagaimana cara menyimpan halaman website dalam bentuk file pdf? berikut dibawah ini akan dijelaskan 3 cara yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan sebuah halaman dalam situs website menjadi sebuah file pdf dengan mudah.

Menyimpan Halaman Situs Website Melalui Browser Chrome

Cara paling dasar dan paling mudah yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan web browser google chrome untuk mengkonversi sebuah halaman website menjadi file pdf. Tidak perlu menginstall ekstensi tambahan atau aplikasi tambahan apapun. Selama Anda menggunakan Google Chrome versi terbaru yang tersedia di perangkat PC desktop Anda. Maka Anda bisa melakukannya dengan mudah.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menjalankan web browser google chrome Anda dari pc Anda. Kemudian akses halaman website yang ingin Anda simpan sebagai file pdf. Selanjutnya ketuk tombol “CTRL” + “P” dari keyboard pc Anda selayaknya hendak Print halaman website yang Anda tuju.

Dari menu popup persegi yang muncul. Di bagian menu “Destination”, ketuk pilihan “Save as PDF” seperti gambar dibawah ini:

Selanjutnya, pilih “Save” untuk mulai menyimpan halaman sebagai file. Tentukan lokasi folder dimana Anda ingin menyimpan file. Setelah itu, Anda dapat sesuka hati mengakses file tersebut tanpa harus mengakses website dengan koneksi internet yang terhubung. File PDF yang telah Anda konversi sebelumnya juga dapat diakses melalui google chrome, sehingga Anda benar-benar tidak perlu menggunakan program tambahan apapun sama sekali, selain chrome yang digunakan.

Menyimpan Halaman Situs Website Melalui Safari Web Browser

Apabila Anda menggunakan perangkat Apple MacOS. Maka Anda mungkin menggunakan safari web browser sebagai akses internet. Nah untungnya Safari Web Browser memberikan fungsi yang hampir sama dengan Chrome. Dimana Anda dapat menyimpan halaman website tanpa harus menginstall aplikasi tambahan apapun. Anda hanya perlu memanfaatkan safari sebagai akses halaman website dan mengkonversi langsung halaman yang dituju.

Pertama, jalankan aplikasi Safari Web Browser Anda. Kemudian akses halaman yang ingin Anda simpan sebagai file. Setelah halaman website dimuat secara lengkap.

Selanjutnya, pada bagian menu toolbar paling atas jendela, ketuk pilihan “File” -> “Export to PDF”.

Namun jika Anda menggunakan versi MacOS X 10.9 kebawah pilih “File” -> “Save As”. Pilih PDF sebagai jenis file yang hendak disimpan. Pilih lokasi folder dan simpan halaman sebagai file pdf.

Menyimpan Halaman Situs Website Secara Online

Anda mungkin tidak sedang menggunakan kedua perangkat diatas yakni Chrome atau Safari. Maka jika itu benar adanya. Anda bisa menggunakan alternatif lainnya yakni menggunakan layanan konversi online dari beberapa situs online. Seperti Web2pdfConvert atau Webpagetopdf. Kedua layanan online ini bisa Anda akses melalui tautan dibawah ini:

  • https://woiden.com/go/r2Aj6w
  • https://woiden.com/go/QMNK09

Caranya juga sangat mudah, Anda hanya perlu memasukan alamat situs atau url website dari halaman yang ingin anda simpan melalui kolom yang tersedia.

Selanjutnya ketuk pilihan “Convert” untuk mulai memproses halaman. Tunggu beberapa saat hingga file dapat Anda unduh. Setelah berhasil. Anda bisa langsung mengunduh file dan menyimpannya di penyimpanan perangkat pc Anda.

Pada dasarnya ada banyak cara yang bisa Anda gunakana untuk dapat menyimpan sebuah halaman website dalam bentuk file pdf. Hanya saja mungkin ketiga dari poin yang dijelaskan diatas sudah cukup memenuhi dari segala metode yang diperlukan. Namun jika dirasa, ketiga cara diatas tidak sesuai harapan yang diiginkan. Maka Anda bisa mencoba beberapa software tambahan atau menerapkan artikel woiden lainnya mengenai Cara Mengubah File HTML Menjadi PDF.