Cara Menggunakan Aplikasi WhatsApp Business

Diposting pada

Tahun lalu di bulan September, WhatsApp mengajukan aplikasi percontohan baru yang dibuat khusus untuk Bisnis. Beberapa nama populer di India seperti BookMyShow dan TechCrunch telah berpartisipasi dalam fase pengembangan aplikasi ini. Kini, perusahaan WhatsApp tersebut akhirnya mulai meluncurkan layanan WA Business untuk lebih banyak tersedia di beberapa negara dan pengguna.

WhatsApp Busines bertujuan untuk memperkuat dan merampingkan jangkauan usaha kecil tanpa melakukan investasi besar dalam pengembangan situs web, infrastruktur yang terkait dengan dukungan pelanggan dan banyak lagi. Namun, bagaimana ini akan mempengaruhi pengguna normal?

Bagi pengguna WhatsApp Messenger normal, WhatsApp mengklaim bahwa tidak akan ada perubahan besar. Blog resminya menyatakan “orang dapat terus menggunakan WhatsApp seperti biasa, tidak perlu mendownload apapun yang baru. Dan orang akan terus memiliki kontrol penuh atas pesan yang mereka terima, dengan kemampuan untuk memblokir nomor, termasuk bisnis, dan juga laporan spam”.

WhatsApp Business  akan menjadi aplikasi terpisah dari platform pesan instan yang akan memberi otorisasi kepada bisnis untuk berkomunikasi dengan konsumen/klien mereka secara pribadi dalam bentuk obrolan.

Untuk saat ini, layanan hanya meluas ke usaha kecil. Namun, WhatsApp berencana menggunakan layanan serupa atau sama untuk perusahaan besar. Untuk perusahaan yang lebih besar, WhatsApp mungkin mengenakan biaya untuk fitur khusus yang akan membantu mereka menganalisis dan berimprovisasi bisnis mereka.

Cara Menggunakan Akun WhatsApp Business

WA Business adalah aplikasi terpisah yang bisa diunduh selain aplikasi messenger biasa. Namun, pengguna harus mendaftar menggunakan nomor yang berbeda untuk akun bisnis. Saat artikel ini diterbitkan, aplikasi ini hanya tersedia di Android dan akan segera siap untuk operating system lainnya juga.

BACA JUGA  Cara Menggunakan CapCut di Smartphone Android

Menurut blog perusahaan WhatsApp, aplikasi akan diluncurkan untuk sebagian besar negara dalam beberapa minggu mendatang. “WhatsApp Business tersedia saat ini dan bebas untuk didownload di Google Play Store untuk negara Indonesia, Italia, Meksiko, Inggris dan Amerika Serikat. Selanjuntnya Aplikasi ini akan diluncurkan di seluruh dunia dalam beberapa minggu mendatang”. tulis blog tersebut.

Aplikasi WhatsApp Business dapat Anda unduh melalui tautan resmi dibawah ini atau langsung menuju ke Google Play Store dan menelusuri aplikasi bernama WhatsApp Business:

Layar Setup pertama kali itu sama saat Anda pertama kali menyetel akun WhatsApp Anda. Perbedaan akan terlihat pada jendela “Settings” yang terdapat beberapa menu tambahan yang dapat Anda sesuaikan.

Catatan: Pastikan untuk memilih atau mencantumkan nama Bisnis dengan tepat yang sesuai Anda inginkan. Sebab, berdasarkan pengalaman Woiden. Nama Bisnis tidak dapat diganti setelah Anda menetapkan sebuah Nama Business Anda.

Apa yang membedakan WhatsApp Business?

  • Pemilik akun atau bisnis akan dapat mencantumkan beberapa informasi profil yang lebih lengkap dan cukup penting seperti situs web, lokasi, kontak, dll.
  • Fitur Away, memungkinkan aplikasi Anda meninggalkan pesan preset untuk pelanggan yang mengirim SMS ke no Anda diluar jam kerja yang Anda atur. Pesan bahkan bisa berisi petunjuk atau jawaban atas pertanyaan yang sering diajukan.
  • Akun bisnis juga dapat diatur menggunakan nomor telepon rumah. Pemilik hanya akan dapat memilih opsi “hubungi saya” pada langkah verifikasi akun WA Business.
  • Pemilik akun juga dapat menggunakan WhatsApp Web untuk efisiensi tambahan dalam berinteraksi dengan pelanggan/ klien.
  • Bisnis WhatsApp akan mengizinkan akun ini menganalisis aktivitas pengguna secara massal. Misalnya, mereka bisa mengetahui jumlah pesan yang telah dibaca.
  • Dapat membalas pesan yang masuk secara otomatis dengan pesan robot.
  • Tersedia perintah/command balasan informasi tertentu secara otomatis.
  • Dan banyak lagi fitur yang tidak dapat woiden jelaskan secara rinci.
  • Selain ini, aplikasi ini akan memiliki semua fitur yang terdapat pada aplikasi messenger normal.
BACA JUGA  Cara Download dan Install Android 8.0 Oreo di Semua Smartphone

Jika pengguna mencoba beralih dari akun WhatsApp biasa/normal ke WhatsApp Business, aplikasi terdahulu tidak akan dapat mengembalikan cadangan/backup yang sama di WhatsApp Business. Maka pastikan untuk menggunakan nomor yang berbeda saat pertama kali menyetel aplikasi.