Cara Menggunakan Fitur Tap & Go di Android 5.0 Lollipop

Diposting pada

Google dan Open Handset Alliance membuat Android menjadi sangat mudah untuk mentransfer file data dari Smartphone lama Anda ke Smartphone Android baru Anda dengan fitur Tap & Go yang bermanfaat. Fitur ini dapat dijalankan pada smartphone yang menggunakan Android 5.0 Lollipop ke atas.

Maka berdasarkan manfaat itu, pada ada artikel ini akan ditujunkan tentang bagaimana cara menggunakan fitur Tap & Go untuk mengirim file data dari/ke Android lainnya.

Persyaratan Fitur Tap & Go

Tap & Go pertama kali diperkenalkan di update pertama Android 5.0 Lollipop. Anda dapat menggunakan fitur berguna ini untuk mengirim file data apapun dari smartphone Android ke Smartphone Android lainnya, namu Anda harus memenuhi persyaratan berikut sebelum menerapkannya.

  1. NFC (Near Field Communication) Harus Aktif, baca dibawah.
  2. Kedua Perangkat Harus Aktif.
  3. Minimal Android 5.0 Lollipop

Untuk Mengaktifkan NFC (Near Field Communication), silahkan baca artikel woiden berikut ini:

Setelah Anda memenuhi 3 persyaratan diatas, Anda siap menggunakan Tap & Go untuk kirim file data antara smartphone Android.

Cara Menggunakan Tap & Go

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mentransfer data dari ponsel lama atau lama ke Ponsel Android mengkilap Anda yang baru.

  1. Aktifkan Fitur Tap & Go

Pertama aktifkan fitur Tap & Go di Android Baru Anda sampai Anda berada di fitur Tap & Go layar smartphone Android seperti gambar dibawah ini:

Layar Tap & Go di Android, hanya akan ditampilkan saat Anda pertama kali mengatur pengguna smartphone Baru Anda, dengan kata lain Smartphone baru Anda belum pernah masuk dalam tampilan home screen semenjak Anda beli dari toko.

Jika Anda sudah melewatkannya, dimana Anda sudah berada di Home Screen, maka satu-satunya cara adalah melakukan reset pabrik atau factory reset pada smartphone Android baru Anda.

  1. Mengatur Fitur Tap & Go
BACA JUGA  Cara Membuat Folder Aplikasi di iPhone

Pada Smartphone baru yang Anda tuju, setelah Anda berada di layar Tap & Go dan memastikan telah mengaktifkan NFC (Near Field Communication) dan tidak mengunci layar smartphone lama Anda. Letakkan kedua ponsel kembali ke belakang jarak dekat satu sama lain.

Catatan: Pastikan bagian belakang kedua ponsel saling bersentuhan, sampai Anda mendengar suara.

Selanjutnya Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi transfer data pada smartphone Anda. Ketuk “OK” untuk memulai proses transfer.

Perangkat Android lama Anda akan terkunci sendiri secara otomatis dan Anda akan diminta membuka kunci perangkat. Jika perangkat Anda tidak memiliki kunci, berarti Anda tidak akan diminta membuka kunci layar smartphone lagi.

  1. Masuk ke akun Google Anda di ponsel baru Anda

Sekarang, di smartphone Android baru Anda. Anda akan diminta masuk ke Akun Google untuk mengonfirmasi bahwa Anda memiliki wewenang untuk mentransfer data.

Setelah masuk ke Akun Google Anda, Anda akan diminta untuk menyetujui Persyaratan & Ketentuan.

  1. Mengirim File Data Smartphone

Tergantung pada smartphone baru Anda, Anda mungkin diminta untuk menyiapkan beberapa fitur baru seperti Google Now.

Setelah Anda selesai menyiapkan semua yang akan dibawa ke layar awal perangkat Anda. Namun perlu Anda ketahui bahwa Anda tidak dapat menggunakan beberapa aplikasi lagi saat perangkat Anda masih mentransfer data.

Beberapa aplikasi akan muncul berwarna abu-abu dan Anda tidak dapat di buka dan akan pulih kembali warnanya setelah proses transfer selesai.