Cara Mengirim File dan Data di Android, iOS, dan Windows Dengan SHAREit

Diposting pada

SHAREit adalah salah satu aplikasi terbaik untuk mentransfer file cepat melalui jaringan WIFI. Aplikasi ini memungkinkan Anda mengirim dan menerima file apapun dari/ke perangkat smartphone maupun ke komputer dengan mudah dan cepat.

Jika Anda pernah menggunakan fungsi Tap & Go di Android 5.0 Lollipop atau Samsung Smart Switch. Maka aplikasi ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan fitur yang disebut tersebut

Mungkin aplikasi ini sudah tidak asing lagi bagi Anda, mengingat aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi terlaris beberapa tahun belakangan ini. Tidak lain karena fungsi yang memungkinkan Anda mengirim file jauh lebih cepat dibanding menggunakan konektivitas konvensional seperti Bluetooth terlebih via infrared.

Anda hanya perlu menghubungkan kedua perangkat yang dituju yaitu perangkat pengirim dan penerima untuk terhubung di jaringan WI-FI yang sama atau dengan menggunakan Tethering dari perangkat.

Ini cukup mudah digunakan dan dalam artikel ini akan dijelaskan kembali secara detail mengenai cara menggunakan aplikasi shareit untuk smartphone Android, iOS bahkan ke Windows yang notabene komputer. Selebihnya, silahkan menyimak langkah dibawah ini:

Cara Menggunakan SHAREit

Seperti yang diuraikan diatas bahwa aplikasi didukung untuk digunakan untuk mengirim dan menerima file dari berbagai perangkat dibawah ini:

  • iOS -> iOS
  • Windows -> Windows
  • iOS -> Windows
  • Android -> iOS
  • iOS -> Android
  • Android -> Windows
  • Windows -> iOS
  • Android -> Android
  • Windows -> Android

Persyaratan:

Perangkat yang akan mentransfer file harus memiliki fungsionalitas WiFi/Tethering. Perlu Anda ketahui bahwa yang diperlukan hanya WiFi, sehingga jangan khawatir jika Anda tidak sedang memiliki paket data internet apapun.

Untuk mulai mentransfer file antara satu perangkat ke perangkat lainnya, yang Anda butuhkan adalah aplikasi yang disebut diatas untuk diinstal pada kedua perangkat. Anda dapat mendownload aplikasinya dari Google Play Store, App Store, dan Microsoft Store melalui tautan berikut ini:

  • https://itunes.apple.com/us/app/shareit-connect-transfer/id725215120?mt=8
  • https://play.google.com/store/apps/details?id=com.lenovo.anyshare.gps&hl=en
  • https://www.microsoft.com/en-us/store/p/shareit/9wzdncrdsz0p

Langkah Menggunakan SHAREit

  1. Buka Aplikasi di perangkat Android/iOS/Windows PC Anda dan pilih opsi “Send”.
  2. Sekarang pilih file yang ingin anda share. Setelah Anda memilih file klik “Next”
  3. Sekarang aplikasi akan mencari perangkat SHAREit terdekat. Disaaat yang sama perangkat Anda mungkin disarankan untuk mengkatifkan Tethering.
  4. Buka aplikasi SHAREit yang menerima file Anda dan klik “Receive”.
  5. Sekarang aplikasi Anda akan menampilkan perangkat yang dituju. Ketuk perangkat yang Anda tuju untuk mulai mengirim file ke PC Anda.
BACA JUGA  3 Cara Screenshot Video Youtube Tanpa Aplikasi

Anda bisa melakukan langkah yang sama sebaliknya untuk mentransfer file dari Windows PC ke smartphone Android atau iOS Anda. Selebihnya, jika Anda yang ingin ditanyakan. Silahkan tinggalkan pesan Anda melalui kolom komentar yang tersedia dibawah.