Institut Pertanian Bogor atau yang umum disebut dengan IPB University merupakan sebuah perguruan tinggi pertanian dalam negeri ternama di Indonesia. Nama dari kampus yang berkedudukan utama di Bogor ini bahkan nyaris dikenal oleh semua kaum mahasiswa-i maupun praktisi perguruan tinggi di seluruh dunia. Nama IPB University tidak hanya sekedar dalam negeri saja. Bahkan ke mancanegara sekalipun nama perguruan tinggi ini sudah dijunjung tinggi hingga ke eropa.

Institut Pertanian Bogor pertama kali diresmikan pada tahun 1963 yang dahulu perguruan tinggi ini merupakan bagian dari fakultas pertanian Universitas Indonesia. Hingga akhirnya berdiri mandiri setelah secara resmi Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno melakukan peletakkan batu pertama untuk proses pembangunan kampus. Prosesi peletekan batu pertama dari presiden pertama indonesia di tahun 1 September 1963 inipun menjadi simbol persemian dari Institut Pertanian Bogor sebagai perguruan tinggi mandiri.

Hebatnya, IPB University masuk kedalam 10 Universitas terbaik di Indonesia dan masuk kedalam 100 universitas terbaik di dunia. Tidak heran jika setiap tahunnya, perguruan tinggi negeri ini menjadi salah satu yang paling banyak diminati saat seleksi perguruan tinggi calon mahasiswa-i.

Tidak hanya dari kalangan penduduk jabodetabek dan sekitarnya saja. Perguruan tinggi ini bahkan banyak diminiati oleh calon mahasiswa-I dari berbagai penjujur Indonesia. Meskipun begitu, IPB University terbilang salah satu ptn yang sangat selektif dalam memilih kader-kader calon mahasiswa-i di kampus mereka.

Tidak sedikit dari mereka yang bahkan pupus akan harapan dapat berseragam almamater ipb university. Persaingan yang cukup ketat membuat tidak mudah untuk dapat mengenyam ilmu di lingkup kampus ini. Meskipun memang bukanlah hal mustahil jika seseorang benar-benar ingin berjuang ilmu di kampus ini.

Sistem kependidikan dalam kampus ini memang benar-benar terjaga, tidak hanya dari kalangan mahasiswa-I yang mengenyam ilmu didalamnya. Dari tenaga pendidik seperti dosen, staff, dan segala civitas juga memiliki peran penting yang menjamin kualitas pendidikan dikampus ini.

Kiprah Dosen IPB University Yang Mendunia

Setiap tahunnya, ada segudang prestasi yang dihasilkan oleh tenaga pendidik atau dosen-dosen dari kampus IPB University. 1300 tenaga pendidik yang tergabung merupakan tenaga pendidik pilihan yang memang memiliki kualitas dan pengalaman mendidik yang tidak diragukan lagi. Selama bergabung dalam lingkup IPB University tenaga pendidik ini rela untuk merncurahkan waktu mereka dalam melaksanakan tridarma peruguruan tinggi. Yakni pendidikan, penelitian, serta pengabdian pada masyarakat.

Selain dari pemberian pemahaman, wawasan, dan ilmu, tenaga pendidik IPB juga memiliki integritas yang tinggi dalam mendidik mahasiswa-I nya. Selayaknya anak sendiri, mahasiswa-I diberikan bekal luar biasa untuk masa depan mereka. Termasuk pengembangan karakter-karakter positif, kepeminpinan yang kuat, berjiwa entrepreneur, cerdas dan paling penting adalah intergritas yang tinggi.

Prestasi Dosen IPB University Rektor Kemenristekdikti - Woiden

Untuk dapat memenuhi segala kebutuhan tersebut, tentu tenaga pendidik perlu kompetensi yang luar biasa dimiliki. Kemapuan yang dimiliki oleh setiap Dosen IPB memang tidak kurang dari apa yang seharusnya dimiliki tenaga pendidik.

Ragam prestasi kian diraih oleh beberapa dosen di tingkat nasional maupun internasional. Penghargaan internasional bergengsi sekalipun pernah tercatat diraih oleh IPB University yakni Juara pertama L’Oreal-UNESCO For Women in Science 2018, Laureate Program Make Our Planet Great Again, International Mollie Holman Medal, dan banyak lagi prestasi internasional yang pernah diraih.

Selama kurang lebih 10 tahun berturut-turut IPB University mendominasi sebagai inovasi Indonesia plaing propektif yang dikeluarkan oleh Business Innovation Center Kemenristekdikti RI. Tidak hanya melalui teori dalam ruangan saja, sebagai bentuk pengabdian masyarakat. Para pendidik bahkan rutin turun langsung kelapangan untuk mendalami permasalahan-permasalahan yang terjadi di kalangan masyarakat.

Sebagai tidak lanjut, para pendidik menggarap berbagai program yang dirasa dapat menjadi solusi dari permasalahan-permasalahan yang ditemukan dilapangan. Hingga saat ini, ada beberapa program yang telah didirikan seperti Safari Klinik Nusantara, Sekolah Peternakan Rakyar, IPB Goes to Field, Pos Pemberdayaan Masyarakat, dan beberapa program-program unggulan lainnya.

Segudang prestasi yang telah diraih oleh civitas akademik di IPB University tidak dapat dijabarkan hanya melalui selembar kertas atau halaman saja. Mulai dari Dosen Berprestasi, Penghargaan Academic Leader, Penghargaan Guru Besar, dan beberapa lainnya menjadi pemicu semangat untuk kampus Insititut Pertanian Bogor bisa memberikan contoh yang luar biasa.