Mungkin setiap kali Anda membeli smartphone baru, Anda perlu menghabiskan beberapa hari untuk memindahkan file dan data-data lama Anda ke smartphone baru Anda. Sama halnya yang sering dilakukan oleh Woiden ketika beralih smartphone.

Ruwetnya dimana ketika smartphone baru kita itu berbeda Operating System, dengan kata lain cross OS seperti dari Android ke iOS atau sebaliknya. Dan itu tidaklah membutuhkan waktu yang sebentar, terlebih jika Anda menggunakan smartphone lama Anda dengan durasi yang lama sekali.

Untungnya ada banyak aplikasi yang mendukung proses ini agar lebih cemat dan mudah dilakukan. Misalnya seperti aplikasi Shareit yang menggunakan wifi untuk mengirim file jauh lebih cepat dari Bluetooth.

Namun aplikasi seperti diatas, itu membutuhkan instalasi aplikasi di kedua smartphone yang dituju. Melihat itu, Samsung sudah membuat fitur aplikasi bawaan untuk melakukan proses serupa dan dengan metode yang lebih banyak.

Sehingga mungkin jika Anda berpikir lebih baik menggunakan aplikasi bawaan dari smartphone dan kebetulan smartphone lama atau baru Anda adalah Samsung. Maka tahap ini adalah yang direkomensasikan.

Aplikasi ini disebut dengan Samsung Smart Switch. Aplikasi ini mungkin hampir serupa dengan fitur bawaan dari Android minimal 5.0 Lollipop sekarang yang disebut dengan “Tap & Go”. Tapi itu tergantung dari Anda, Anda bisa menggunakan 3 metode aplikasi berbeda seperti yang sudah disebutkan diatas untuk melakukan propagasi data di smartphone Anda.

Namun artikel ini akan membahas penerapan satu dari ketiga metode diatas, yaitu dengan aplikasi Samsung Smart Switch. Lebih detailnya, silahkan menyimak penerapan dibawah ini:

Mengirim File Dari Smartphone Samsung Galaxy (Android)

Langkah 1: Instal Aplikasi Smart Switch

Jika Anda ingin mengirim file dari perangkat Samsung Galaxy, prosesnya sangat mudah. Pertama, Anda harus memiliki Aplikasi Samsung Smart Switch di kedua perangkat yang dituju. Apabila perangkat Samsung Anda tidak memiliki aplikasi ini. Maka silahkan cari aplikasi Samsung Smart Switch di Google Play Store atau klik tautan dibawah ini

  • https://play.google.com/store/apps/details?id=com.sec.android.easyMover

Langkah 2: Buka aplikasi Smart Switch

Buka aplikasi Smart Switch pada kedua perangkat, pilih opsi “Sending device” pada perangkat yang akan mengirim file dan opsi “Receiving device” pada perangkat yang akan menerima file Anda.

Langkah 3: Hubungkan

Tekan tombol connect pada kedua perangkat. Setelah terhubung, Anda akan mendapatkan daftar item yang dapat Anda transfer, yang mencakup semuanya mulai dari file media, aplikasi dan wallpaper hingga pengaturan dan alarm.

Langkah 4: Mengirim

Setelah memilih item yang ingin dikirim, tekan “transfer” untuk memulai proses transfer data melalui Wi-Fi. Dimana proses ini merupakan metode yang sangat cepat dan mudah.

Catatan: Tahap ini juga berlaku untuk semua perangkat smartphone Android. Selama perangkat Anda memungkinkan untuk menginstall aplikasi Samsung smart switch ini.

Mengirim File Dari Komputer PC (Windows/Macintosh)

Perlu Anda ketahui bahwa Anda PC komputer berfungsi hanya sebagai client, dengan kata lain jika Anda ingin mengirim file dari smartphone ke smartphone lainnya. Smart Switch ini berfungsi sebagai perantara seperti yang diuraikan pada langkah dibawah.

Namun, file yang dituju berada di perangkat komputer Anda. Maka Anda hanya perlu langsung me-restore file yang dituju ke smartphone Samsung Galaxy Anda.

Langkah 1: Instal Smart Switch pada PC Anda

Install Aplikasi Smart Switch Client Desktop di komputer Anda. Aplikasi ini tersedia untuk sistem operasi Windows dan Mac OS X. Jadi tautkan ke daftar unduh dibawah ini mulai menginstall di komputer Anda:

  • Windows: http://www.samsung.com/global/download/smartswitchwin
  • Mac: http://www.samsung.com/global/download/smartswitchmac

Langkah 2: Hubungkan Perangkat Samsung Galaxy Ke PC

Sekarang buka aplikasi Smart Switch di komputer Anda, dan hubungkan perangkat Galaxy Anda dengannya dengan kabel USB.

Langkah 3: Cadangkan Perangkat Samsung Galaxy

Sekarang, klik opsi “Backup” pada aplikasi Smart Switch dari PC. Ingat bahwa Anda perlu membuka kunci layar sebelum melanjutkan.

Langkah 4: Hubungkan Samsung Galaxy Ke PC

Sekarang, lepaskan kabel usb di Samsung Galaxy, dan hubungkan Samsung Galaxy Anda lainnya ke komputer dengan kabel USB.

Langkah 5: Memindahkan File Cadangan

Setelah menghubungkan perangkat, klik “Restore”, lalu pilih file cadangan terbaru dari menu pop-up. Sekarang pilih item yang ingin Anda pulihkan, dan tekan “Let’s transfer”.

Mengirim File Dari iOS (iPhone/iPad/iPod touch)

Jika Anda ingin mengirim file dari perangkat iOS, Anda memiliki dua metode untuk mentransfer data ke perangkat Samsung Galaxy. Yakni dengan melalui akun Apple iCloud atau dengan menghubungkan perangkat Galaxy ke iOS Anda dan melalui kabel USB OTG.

Melalui Apple iCloud

Langkah 1: Cadangan Data iPhone Anda ke iCloud

Lihat semua data yang Anda butuhkan, seperti gambar, video, dan catatan, dan mulai cadangkan/backup ke akun iCloud Anda.

Langkah 2: Install Samsung Smart Switch di Perangkat Samsung Galaxy

Instal aplikasi Smart Switch di Perangkat Galaxy Anda, jika Anda belum memilikinya. Silahkan install melalui tautan Google Play Store dibawah ini:

  • https://play.google.com/store/apps/details?id=com.sec.android.easyMover

Sekarang, buka aplikasi Smart Switch di smartphone Samsung Galaxy Anda, pilih “iOS Device”, dan masukkan kredensial iCloud Anda (ID email akun dan kata sandi) di aplikasi.

Langkah 3: Pilih dan Kirim File.

Pilih konten yang ingin Anda kirim, lalu tekan tombol “Import” pada perangkat Samsung Galaxy Anda.

Langkah 4: Install Aplikasi Yang Serupa di Perangkat iOS (iPhone/iPad/iPod Touch)

Setelah sebuah file Anda kirim, Maka Anda akan mendapatkan rekomendasi untuk melakukan instalasi aplikasi yang sama terinstall di perangkat iOS Anda. Sejauh yang woiden ketahui.

Dengan kata lain bahwa perangkat Samsung Galaxy Anda di rekomendasikan untuk menginstall aplikasi yang telah terinstall di iOS (iPhone/iPad/iPod Touch) Anda melalui daftar yang disediakan. Hal ini akan memudahkan Anda untuk menginstall cepat aplikasi yang sama di perangkat iOS Anda ke Samsung Anda.

Melalui USB OTG

Jika Anda ingin mengirim file dari perangkat iOS tanpa akun Apple iCloud, Maka Anda memerlukan kabel USB OTG dan kabel USB dari perangkat iOS Anda.

Langkah 1: Hubungkan iPhone ke Perangkat Galaxy Melalui USB OTG

Pertama, sambungkan adaptor USB OTG ke perangkat Samsung Galaxy Anda. Sekarang, sambungkan kabel USB Lighting atau kabel 30 pin ke port perangkat iOS Anda. Kemudian, sambungkan sisi USB kabel Lighting atau kabel 30 pin ke adaptor OTG.

Langkah 2: Buka Aplikasi Smart Switch di Smartphone Samsung Galaxy

Buka aplikasi Smart Switch di perangkat Samsung Galaxy baru Anda, pilih opsi “Smart Switch” di menu pop-up, dan pilih opsi “Trust” di menu pop-up iPhone Anda.

Langkah 3: Pilih konten Yang Ingin Dikirim

Sekarang, pilih konten yang ingin Anda kirim, lalu tekan tombol “import” pada perangkat Samsung Galaxy Anda.

Langkah 4: Sekarang Install Aplikasi Serupa di Perangkat iOS Anda

Setelah data ditransfer, Anda akan mendapatkan rekomendasi untuk aplikasi yang serupa dengan perangkat yang Anda miliki di perangkat iOS Anda. Daftar aplikasi teratas merupakan rekomendasi aplikasi yang telah terverifikasi di App Store dan Play Store.

Jadi, Anda cukup menginstallnya untuk lebih mudah menyalin aplikasi yang sama ke perangkat Samsung Galaxy Anda.

Kesimpulan

Mengingat bahwa aplikasi Smart Switch ini dikhususkan untuk perangkat Samsung Galaxy. Jadi kemungkinan tidak berfungsi di perangkat Android lainnya, bisa saja terjadi. Selebihnya jika ada yang ingin ditanyakan atau mungkin ada masukan, silahkan tinggalkan melalui komentar dibawah.