Cara Flash Firmware Android Menggunakan Samsung Odin

Diposting pada

Odin merupakan tool flashing yang biasanya digunakan untuk melakukan flashing atau install firmware atau custom rom pada perangkat samsung. Namun tool ini juga biasanya digunakan untuk keperluan custom flasing lainnya misalnya melakukan rooting atau melakukan tweaking tertentu di perangkat yang umum pada perangkat Samsung.

Odin bisa sangat berguna disaat perangkat smartphone atau tablet Android Anda mengalami masalah pada software. Misalnya mengalami bootloop atau brick yang tidak memungkinkan lagi untuk diakses melalui layar home atau menggunakan aplikasi yang terinstall diperangkat.

Tools ini hanya dapat dijalankan pada perangkat komputer windows. Jadi pastikan Anda memiliki perangkat desktop pc yang menggunakan operating system windows dengan semua versi. Selain itu hanya membutuhkan kabel data usb dan usb driver. Selebihnya untuk file odin dan Samsung usb driver, bisa Anda unduh melalui tautan dibawah ini:

Samsung Odin: https://odindownload.com
USB Driver: https://woiden.com/go/xmwzub
Firmware Samsung: https://samsung-firmware.org/id/all | https://www.sammobile.com/firmwares

Langkah Flashing Firmware Dengan Samsung Odin

Setelah semua ketiga file yang dibutuhkan diatas telah Anda unduh. Maka silahkan install USB driver dan Samsung Odin di perangkat komputer Windows Anda.

Kemudian Extract file Firmware yang telah Anda unduh ke folder yang mudah Anda temukan nantinya. File firmware yang dibutuhkan berupa format “md5”. Setelah semua persiapan telah Anda lakukan, ikuti langkah dibawah ini:

  1. Buka “Odin” dari komputer Windows Anda.
  2. Ketuk pilihan bertuliskan “AP”, kemudian temukan file firmware yang telah Anda unduh. File ini berformat md5.
  3. Centang pilihan disamping kolom “AP”. Seperti gambar dibawah ini
  4. Nonaktifkan smartphone atau tablet Android Anda.
  5. Kemudian masuk ke Mode Download/Odin. Beberapa perangkat bervasiasi namun sebagian besar perangkat Samsung Anda harus menekan tombol fisik “Power” + “Volume Bawah” + “Home”.
  6. Pada saat layar bertuliskan “Warning!”. Tekan tombol fisik “Volume Atas”. Setelah itu Anda akan dialihkan ke mode Download/Odin.
  7. Hubungkan perangkat smartphone Samsung Anda ke komputer windows menggunaka kabel data USB. Jika perangkat terhubung dengan benar akan menandakan indikator bertuliskan “COM3” seperti gambar pada langkah 3 diatas.
  8. Pada jendela “Odin” di komputer, klik tombol “Start”.
  9. Silahkan menunggu beberapa saat selama proses flashing dimulai.
  10. Proses flashing yang berhasil ditandai dengan indikator yang bertuliskan “Pass”

Setelah proses flashing selesai, perangkat smartphone Anda mungkin akan melakukan reboot/restartdengan sendirinya. Proses reboot ini mungkin memakan waktu yang lebih lama dari biasanya. Jadi jangan khawatir jika smartphone Anda agak aktif kembali.

Pada beberapa artikel woiden sebelumnya juga telah dijelaskan metode flashing menggunakan odin. Jadi untuk masalah tertentu, Anda bisa melakukan penelusuran kata kunci masalah software Anda melalui kolom pencaharian yang tersedia dilaman ini.

Terkait:

  • завис самсунг зеленый экран

BACA JUGA  4 Cara Menghapus Root (Unroot) Seperti Semula di Android