Cara Melakukang Rooting Samsung Galaxy Tablet 2.7.0 GT-P3100

Diposting pada

Proses root Samsung tab 2 P3100 tidaklah rumit yang dibayangkan. Walaupun dasarnya Android dari tipe tablet ini berbeda dengan smartphone pada umumnya. Namun rooting tetap bisa dilakukan untuk perangkat ini.

Jika beberapa game atau aplikasi mungkin tidak mendukung dijalankan pada perangkat ini. Tidak halnya dengan metode root. Dimana hampir semua metode yang woiden coba, bisa diterapkan di Samsung tablet p3100 khusunya.

Lebih detailnya mengenai cara rooting untuk perangkat ini, bisa Anda simak pada 11 langkah dibawah ini:

Persyaratan: Sisa daya baterai untuk perangkat Tab 2 GT-P3100 Anda minimal berkisar 30-40%. Ini agar meminimalkan resiko kegagalan saat instalasi root. Selain itu, penerapan ini membutuhkan perangkat komputer dan kabel data usb sebagai media instalasi.

Langkah Root Samsung Galaxy Tab 2.7.0 GT-P3100

Langkah 1: Unduh dan install driver usb samsung di komputer Anda melalui tautan dibawah ini. Namun jika Driver telah terpasang sebelumnya, maka silahkan melangkah ke tahap selanjutnya.

  • http://samsungusbdriver.com/download/samsung-driver-v1-5-63-0

Langkah 2: Download dan Extract file root di komputer Anda. Letakan folder file root ini ditempat yang mudah Anda temui nantinya.

  • https://androiddatahost.com/rft67

Langkah 3: Matikan (OFF) samsung tablet Anda.

Langkah 4: Setelah samsung tab Anda dalam keadaan off. Sekarang masuk kedalam mode odin/download.

Caranya tekan dan tahan tombol “Power + Volume Bawah” hingga layar peringatan/warning muncul. Setelah Anda melihat layar itu, tekan tombol “Volume Atas”.

Langkah 5: Setelah layar menampilkan bahwa Anda sedang berada di mode download odin. Selanjutnya hubungkan samsung tab Anda ke komputer menggunakan kabel data usb.

Langkah 6: Selanjutnya, Buka program Odin3.exe dari dalam folder file root yang telah Anda download sebelumnya di komputer.

BACA JUGA  Cara Mengubah Resolusi Layar Android Tanpa Root

Langkah 7: Setelah jendela Odin terbuka, Odin akan menampilkan indikator bahwa perangkat Anda telah terdeteksi ditandai dengan indikator “ID:COM” berwarna biru. Seperti gambar dibawah ini:

Langkah 8: Pilih tombol “AP”, kemudian cari file bernama “CF-Auto Root” dengan format file “.tar”. File ini berada dalam satu folder file root yang telah Anda unduh sebelumnya.

Langkah 9: Setelah memilih file root. Centang kolom kotak kecil disamping tombol “AP” atau seperti gambar dibawah ini:

Langkah 10: Tekan tombol “Start” untuk mulai flashing file root ke perangkat samsung tablet p3100 Anda.

Proses Anda akan dinyatakan berhasil ketika jendela odin menampilkan tulisan “PASS!” berwarna hijau atau dengan text log “<OSM> All threads completed. (succeed 1 /failed 0)”.

Langkah 11: Setelah Anda berhasil melakukan flashing root. Lepaskan kabel usb yang terhubung di komputer Anda. Lalu restart perangkat Anda untuk menerapkan rooting sepenuhnya.

Jika perangkat Anda tidak dapat menerapkan rooting setelah melakukan tahap ini. Menggunakan metode rooting lain yang pernah woiden gunakan pada perangkat yang sama (GT-P3100) yaitu dengan menggunakan Framaroot atau KingRoot yang bisa Anda terapkan melalui artikel woiden berikut ini:

Selebihnya, jika Anda  yang ingin ditanyakan atau mungkin ada masukan. Silahkan tinggalkan jejak pada kolom komentar yang tersedia dibawah ini.

Terkait:

  • root samsung p3100