Point Blank merupakan salah satu Game FPS Online terpopuler yang pernah ada di perangkat komputer. Jika Anda adalah seorang penggemar game sejak awal tahun 2009, kemungkinan besar Anda pasti tidak asing lagi dengan game ini yang awal kemunculannya dikembangkan oleh PT Kreon melalui Gemscool yang saat ini (2017) sudah beralih tangan ke Garena.

Point Blank sempat sangat terkenal disaat jamanya dimana sangat banyak penggunanya anak-anak yang adiktif bermain game ini. Sampai akhrinya beberapa tayangan stasiun televisi menayangkan fenomena adiktif bermain game online ini saat itu.

Walaupun di tahun itu pernah booming. Tidak menghambat Point Blank untuk surut dari pasar game online. Dimana PB versi PC pun masih tersedia di tahun 2017 ini.  Nah, di tahun yang sama Nexon sebagai pengembang Point Blank versi Mobile mulai merilis gamenya, dan itu termasuk di Indonesia.

Tentu sebagai game mobile, jelas bahwa game ini hanya dapat di mainkan di perangkat smartphone dengan spesifikasi minimum dan tidak ada yang perlu dipertanyakan lagi. Namun ternyata, dari sekian ulasan dari Play Store dan App Store. Ada pernyataan yang cukup menarik dari beberapa player.

Salah satu ulasan itu adalah penyesuaian kontrol permainan di game ini yang disinyalir cukup sulit. Seketika terpikir statement bahwa mungkin game ini akan lebih baik dimainkan menggunakan perangkat mouse atau melalui komputer sekaligus.

Maka dari itu, artikel ini akan mengulas sedikitnya 6 cara mudah untuk memainkan game Point Blank: Strike di Komputer Anda.

6 aplikasi komputer yang saat umum digunakan oleh orang-orang untuk bermain game mobile di komputer adalah sebagai berikut:

  • AirDroid
  • ApowerMirror
  • BigNox Player
  • XePlayer
  • Memu
  • BlueStacks

Langkah Main Point Blank: Strike di PC

AirDroid

Metode pertama yang wajib Anda coba ketika hendak memainkan pb strike di pc adalah dengan menggunakan AirDroid.

Pada dasarnya AirDroid merupakan aplikasi file transfer dan screen-mirror. Dengan kata lain bahwa aplikasi ini hanya akan menampilkan layar permainan Anda di smartphone Anda ke layar komputer Anda. Termasuk control yang dapat Anda lakukan langsung dari komputer.

Selebihnya mengenai aplikasi ini silahkan menyimak artikel woiden berikut:

ApowerMirror

ApowerMirror serupa dengan AirDroid yang hanya mampu menampilkan dan mengontrol tampilan layar Smartphone Anda yang dihubugnkan ke komputer. Namun ApowerMirror merupakan versi yang cukup ringan menurut woiden. Namun beberapa perangkat dengan resolusi tertentu mungkin tidak didukung.

Selebihnya, silahkan tahapan penggunaan ApowerMirror dibawah ini:

Download dan install ApowerMirror di komputer Anda melalui tautan resmi dibawah:

  • https://download.airmore.com/down.php?softid=apowermirror

Setelah terinstall. Silahkan Anda jalankan aplikasinya di komputer Anda kemudian hubungkan smartphone Anda ke komputer menggunakan kabel USB atau dengan menguhungkan ke jaringan WIFI yang sama. Lebih detailnya sebagai berikut:

Hubungkan Via USB: Jika Anda menggunakan smartphone Android, maka Anda harus mengaktifkan “USB Debugging”. Caranya, dari Smartphone Android Anda, Arahkan ke Setting -> Developer Options -> USB debugging.

Kemudian hubungkan smartphone Anda menggunakan kabel USB ke komputer. Saat yang sama, ApowerMirror akan melakukan pemindai aplikasi ke smartphone Anda secara otomatis. Maka silahkan tunggu prose situ.

Setelah smartphone Anda telah terhubung ke komputer. Silahkan ketuk tombol “Start Now” untu mulai menampilkan dan mengontrol smartphone Anda dari layar komputer Anda.

Hubungkan Via WIFI: Tahap ini cukup mudah, Anda hanya perlu membuat kedua perangkat yaitu komputer dan smarpthone Anda untuk terhubung ke jaringan WIFI yang sama. Kemudian dari aplikasi ApowerMirror di komputer ketuk tombol ikon komputer di tengah layar dan pilih nama perangkat komputer Anda.

Dari iPhone Anda, buka “Control Center” dengan scroll layar mulai dari bawah ke atas di iphone Anda. Setelah itu, klik “AirPlay / AirPlay Mirroring”. Kemudian pilih nama perangkat komputer Anda (Biasanya diawali dengan nama Apowersoft).

Catatan: Fungsional kontrol mungkin hanya bekerja untuk Android, namun perangkat iOS tentu masih dapat menjalankan game Point Blank Strike ke PC ini juga melaui ApowerMirror.

BigNox Player

BigNox Player merupakan salah satu emulator android yang cukup populer. Nox Player  memiliki beberapa fitur yang cukup banyak. Walaupun dengan fitur yang cukup lengkap, big nox tidaklah dikhususkan untuk perangkat spesifikasi tinggi. Namun tidak pula untuk spesifikasi rendah.

Mulai menginstall melalui tautan resmi dibawah ini:

  • https://id.bignox.com

Setelah BigNox terinstall di komputer Anda. Akses Google Play Store dari BigNox dan lakukan instalasi Point Blank: Strike dari emulator tersebut.

XePlayer

XePlayer merupakan emulator Android yang mungkin namanya belum dikenal banyak pengguna. Namun belakangan ini setelah Point Blank Strike dirilis. Emulator ini cukup dikenal khusus dari kegunaanya yang diklaim bahwa mendukung untuk memainkan game Point Blank: Strike melalui komputer.

XePlayer memiliki kapasitas file yang cukup ringan yaitu sekitar 290MB yang dimana itu cukup rendah dibanding emulator Android lainnya. Hanya saja setelah woiden mengujinya. Beberapa perangkat komputer dengan resolusi dan hardware tertentu tidak dukung.

Namun Anda patut mencobanya sebagai salah satu alternatif ketika hendak menggunakan emulator Android. Berikut adalah tautan resmi XePlayer:

  • https://www.xeplayer.com

MEmu

Selain kedua emulator diatas. MEmu sebagai emulator Android juga menjadi salah satu yang direkomendasikan berdasarkan pengalaman penggunaan oleh pengguna.

MEmu memiliki pengguna yang cukup banyak, sehingga beberapa penerapan mungkin akan lebih mudah untuk Anda dapatkan. Selain itu MEmu dikatakan bahwa salah satu emulator yang cukup ringan.

Berikut tahapannya:

  1. Unduh dan install melalui tautan resmi berikut: http://www.memuplay.com
  2. Pilih bahasa anda dan klik Install.
  3. Tekan tombol “Launch” di layar dan arahkan ke Google Play Store untuk mulai mengunduh dan menginstall Point Blank: Strike dari sana.

BlueStacks

BlueStacks merupakan emulator yang paling umum digunakan oleh seseorang ketika hendak menggunakan emulator Android di komputer. Selain karena fitur dan fungsinya yang sangat lengkap selayaknya smartphone Android sungguhan. Anda juga akan dimanjakan dengan fungsi controller yang dapat Anda sesuaikan ketika hendak bermain game, termasuk Point Blank: Strike ini:

Emulator ini juga hampir tersedia di seluruh perangkat desktop. Hanya saja mungkin untuk dapat menginstall emulator ini, Anda harus memastikan bahwa komputer Anda memiliki spesifikasi minimum yang direkomendasikan. Melihat spesifikasi penggunaan emulator ini cukup tinggi yang sangat sulit dijalankan di perangkat dengan spesifikasi rendah.

Unduh BlueStacks melalui tautan resmi ini:

  • http://www.bluestacks.com

Setelah itu, mulailah mengunduh dan menginstall Point Blank Strike melalui aplikasi Google Play Store yang tersedia dari bawaan emulator Android ini.