Pesawat Sriwijaya Jatuh Hilang Kontak, Jakarta Pontianak
Pesawat Sriwijaya Jatuh Hilang Kontak, Jakarta Pontianak

Pesawat Sriwijaya Jatuh Hilang Kontak, Jakarta Pontianak

Diposting pada

Woiden.com Indonesia kembali berduka atas jatuhnya pesawat Sriwijaya kemarin Sabtu (9/1/2021) tujuan Jakarta-Pontianak. Artikel ini akan mencoba mengulas Kronologi Pesawat Sriwijaya Jatuh Hilang Kontak, Jakarta Pontianak.

Pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJY-182 jurusan Jakarta-Pontianak hilang kontak pada pukul 14.40 WIB, Sabtu (9/1/2021). Beberapa saat setelah lepas landas dari bandara Soekarno-Hatta.

Saat ini, status penerbangan di situs FlightRadar24 tertulis ‘Unknown‘. Tidak ada keterangan soal waktu mendarat.

Dilansir detikcom dari FlightRadar24, sari jalur yang ditampilkan, pesawat tersebut terbang ke arah barat, lalu ke utara. Terpantau, pesawat terakhir berada di atas Laut Jawa, tepatnya di sisi utara Pulau Jawa.

Pesawat Sriwijaya Jatuh Hilang Kontak, Jakarta Pontianak

Pesawat Sriwijaya Jatuh Hilang Kontak, Jakarta Pontianak
Pesawat Sriwijaya Jatuh Hilang Kontak, Jakarta Pontianak

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan kronologi pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ-182 hilang kontak usai lepas landas dari Bandara Soekarno Hatta, Sabtu (9/1/2021).

Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, pesawat tersebut take off dari bandara tersebut pada pukul 14.36 WIB.

Pukul 14.37 WIB masih 1.700 kaki kontak diizinkan naik ke ketinggian 29.000 kaki, dengan mengikuti standar instrumen,” ujar Budi dalam konferensi pers virtual, Sabtu.

Sekitar pukul 14.40 WIB, lanjut Budi, pesawat tersebut terlihat tidak mengarah ke tujuan seharusnya. Melainkan pesawat tersebut terlihat mengarah ke Barat Daya.

“Oleh karenanya ditanya oleh ATC (air traffic control) untuk melaporkan arah pesawat. Tidak lama kemudian dalam hitungan second pesawat Sriwijaya SJ-182 hilang dari radar. Manajer operasi langsung berkoordinasi dengan Basarnas, bandara tujuan, instansi terkait,” kata dia.

Korban Pesawat Sriwijaya, daftar penumpang pesawat sriwijaya

daftar penumpang pesawat sriwijaya

Menhub mengatakan, Sriwijaya Air SJ-182 membawa penumpang 50 orang, bersama 12 kru yang terdiri dari 43 dewasa, 7 anak-anak, 3 bayi.

BACA JUGA  Cara Melihat Postingan Instagram Yang di Gembok/Kunci/Private

Pesawat Sriwijaya Jatuh, Lokasi Jatuh

Jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJY-182 di perairan Kepulauan Seribu, Sabtu (9/1/2021).

Nelayan Pulau Lancang mendengar ledakan di sekitar lokasi jatuhnya Sriwijaya Air nomor penerbangan SJ 182, Sabtu (9/1/2021). Mereka juga melihat pesawat Sriwijaya Air jatuh ketika hujan deras mengguyur lokasi kejadian. Dan Sempat mendengar ledakan dua kali di bawah laut dan dia melihat pesawat jatuh, lagi hujan lebat.

Berikut sejumlah fakta sementara soal pesawat Sriwijaya SJ-182:

Pesawat Sriwijaya Jatuh Hilang Kontak
Pesawat Sriwijaya Jatuh Hilang Kontak, Jakarta Pontianak

Fakta-fakta sementara jatuhnya pesawat Sriwijaya yang Woiden rangkum dari berbagai sumber.

1. Pesawat yang hilang kontak ini adalah Sriwijaya Air SJY 182/SJ 182 dengan registrasi PKCLC. Pesawat yang hilang kontak ini dikabarkan terbang dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Pontianak.

2. Pesawat Sriwijaya Air itu hilang kontak di sekitar Pulau Lancang, Kepulauan Seribu.

3. Pesawat Sriwijaya Air SJ182/SJY182 rute Jakarta-Pontianak itu merupakan jenis Boeing 737-524

4. Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakan total penumpang kecelakaan Sriwijaya Jakarta – Pontianak mencapai 50 orang penumpang Bersama 12 orang kru kabin. Penumpang terdiri dari 43 dewasa, 7 anak -anak, dan 3 balita.

Pihak Kementerian Perhubungan lewat Juru Bicaranya, Adita Irawati, membenarkan telah terjadi hilang kontak dengan pesawat Sriwijaya Air SJY 182. Kontak terakhir terjadi pukul 14.40 WIB.

Akhir Kata

Woiden.com turut berduka atas musibah yang menimpa pegawai dan para penumpang serta awak pesawat Sriwijaya Air.

Key: berita pesawat sriwijaya, berita pesawat sriwijaya, pesawat sriwijaya hilang kontak, pesawat sriwijaya jatuh, berita pesawat sriwijaya, korban pesawat sriwijaya, pesawat jakarta pontianak hilang kontak, daftar penumpang pesawat sriwijaya.

Sumber Artikel: Kompas, Tribun, cnbcindonesia.com, jpnn.com.