Cara Menggunakan Fitur Near Field Communication (NFC Android)

Diposting pada

Near Field Communication atau NFC Android merupakan fitur yang sangat berguna saat mentransfer data antara dua perangkat smartphone. Entah itu untuk mengirim foto, video, file, atau melakukan pembayaran, NFC dapat mempermudah Anda untuk melakukannya.

Tapi bagaimana cara kerjanya, dan bagaimana cara menggunakannya? Berikut adalah penjelasan yang telah kami rangkum untuk memandu Anda menggunakan fitur ini lebih berguna untuk keperluan tertentu.

Apa itu NFC (Near Field Communication)?

Fitur NFC memungkinkan antara kedua perangkat dapat berkomunikasi satu sama lain dengan jarak yang saling berdekatan. Komunikasi terjadi melalui frekuensi radio. NFC Pertama kali diperkenalkan oleh Google sesaat setelah merilis Android 4.0 Ice Cream Sandwich, yang juga memulai debut fitur Android Beam.

Melalui NFC dan Android Beam, perangkat bisa saling menukar file dengan sangat cepat. Lebih dari itu, kehadiran NFC pada perangkat Android juga memungkinkan perangkat yang sama membaca dan / atau menulis ke tag NFC yang dapat diprogram.

Cara Mengetahui Smartphone Yang Memiliki Fitur Near Field Communication?

Tidak semua smartphone dan tablet memiliki fitur Near Field Communication (NFC). Salah satunya cara untuk mengetahui smartphone Android Anda memiliki fitur ini adalah dengan mengecek di bawah backplate dan mencari cetakan kecil atau petunjuk lainnya. Pada smartphone Samsung tertentu, Anda akan melihat tulisan “Near Field Communication” yang tercetak di kemasan baterai.

Pada beberapa perangkat, terutama smartphone Sony Xperia. Anda akan melihat symbol N-Mark resmi yang menunjukkan bahwa perangkat tersebut memiliki fitur NFC.

Atau, Anda bisa melewati semua perangkat keras dan hanya memeriksa menu Setelan telepon Anda:

Langkah Melihat Kompabilitas NFC

  1. Dari smartphone Android Anda, ketuk pada Setelan/Settings .
  2. Ketuk Others/Lainnya .
  3. Gulir ke bawah dan Anda akan melihat opsi NFC dan Android Beam, jika smartphone Anda memiliki fitur ini.

Cara Mengaktifkan Fitur NFC (Near Field Communication)

Jika perangkat Anda memiliki fitur NFC, chip dan Android Beam harus diaktifkan sehingga Anda dapat menggunakan fitur NFC ini. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka Pengaturan/Settings – > Lainnya/Others .
  2. Ketuk tombol menu NFC untuk mengaktifkannya. Fungsi Android Beam juga akan otomatis diaktifkan.
  3. Jika Android Beam tidak aktif secara otomatis, cukup ketuk pilihan Android Beam dan pilih “Yes” atau centang saklar menu itu untuk menyalakannya.

Apabila Fitur NFC di aktifkan, sedangkan Android Beam tidak aktifkan di waktu yang sama. Itu akan membuat kecepatan kirim file jauh lebih lambat dan terbatas. Maka disarankan untuk mengaktifkan keduanya.

Cara Mengirim File Data Menggunakan NFC Android

Setelah mengaktifkan fitur NFC, Anda sudah dapat menggunakannya untuk mengirim data. Untuk mulai berbagi data, perhatikan poin penting berikut:

  1. Perangkat pengirim dan penerima harus sama-sama telah mengaktifkan NFC dan Android Beam.
  2. Kedua perangkat harus saling berdekatan atau saling membelakangi, sebaiknya saling sentuh sama lain.
  3. Perangkat pengirim dan penerima harus dalam keadaan aktif atau layar tidak
  4. Anda akan mendengarkan suara indikator beep dan haptic saat kedua perangkat saling mendeteksi satu sama lain.
  5. Jangan pisahkan perangkat Anda sampai layar mengindikasi fitur mulai menyala.
  6. Anda akan mendengar suara indikator sekali lagi saat file atau konten tersebut berhasil dideteksi dan di proses.
BACA JUGA  Cara Menggunakan VPN (Virtual Private Network) di Android dan iOS

Pada saat ini, kemampuan untuk berbagi konten terbatas pada file kecil. Apapun, Anda masih bisa mengirim konten atau jenis file seperti halaman web, lokasi peta, dan kontak tanpa masalah. Namun, jika Anda ingin mengirim file yang jauh lebih besar ukurannya, silahkan melihat tahap dibawah.

Cara Mengirim File Menggunakan NFC Android

Konten atau data apa pun yang ingin Anda bagikan melalui NFC (misalnya, foto/gambar, info kontak, halaman web, video, aplikasi, lagu, dll). Terlepas dari apakah smartphone Anda kompatibel atau tidak, berikut adalah cara generik untuk mengirim file melalui fitur Near Field Communication:

  1. Buka konten/file yang akan Anda kirim.
  2. Tempatkan kedua perangkat Android Anda saling bertolak belakang belakang layar dengan smartphone Android penerima. Dengan kata lain bahwa belakang layar atau bagian belakang smartphone pengirim harus saling menempel dengan belakang smartphone penerima.
  3. Tunggu konfirmasi suara dan haptik bahwa kedua perangkat telah saling mendeteksi.
  4. Perhatikan layar pengirim yang akan menyusut menjadi thumbnail dan akan menampilkan menu “Touch to beam” di bagian atas.
  5. Sentuh layar pengirim untuk mulai mengirim. Anda akan mendengar suara saat mulai proses pengiriman.
  6. Saat proses pengiriman file selesai, Anda akan mendengar konfirmasi suara indikator. Anda juga akan mendapat notifikasi bahwa beaming telah selesai, atau aplikasi handler yang tepat akan diluncurkan dan membuka konten yang Anda kirim.

Cara Mengirim Aplikasi Android Menggunakan Near Field Communication

Perlu Anda ketahui bahwa berbagi aplikasi melalui NFC tidak seperti berbagi file APK dari aplikasi. Sebagai gantinya, perangkat pengirim hanya menampillkan halaman Google Play Store aplikasi yang Anda tuju, dan perangkat penerima akan membukanya dan siap untuk diunduh.

Namun, jika Anda tetap ngotot untuk mengirim file apk dari aplikasi atau game di Android. Maka salah satu caranya adalah dengan menggunakan aplikasi SHAREit. Lebih lanjut mengenai fitur SHAREit, bisa Anda baca di artikel woiden berikut ini:

Mengirim Informasi Text Atau Konten Website

Berbagi halaman web via NFC tidak mengirimkan halaman web itu sendiri. Sebaliknya, ini hanya mengirim URL halaman Web dan perangkat lainnya membukanya di browser Web default.

BACA JUGA  Cara Mengirimkan Lokasi Melalui SMS di HP Android

Ini mungkin tidak cukup bermanfaat, mengingat Anda bisa menggunakan aplikasi lainnya atau menulisnya langsung, tanpa ribet melakukan tahapan ini.

Cara Kirim Video YouTube Menggunakan NFC

Secara teknis, berbagi video YouTube tidak berbagi file video. Namun, langsung ajukan aplikasi YouTube smartphone penerima sebagai video untuk dibuka. Dengan kata lain, Anda hanya disarankan dan tentu masih perlu jaringan internet untuk melakukan streaming.

Mengirim Informasi Kontak Telepon

Saat berbagi kontak melalui NFC dan perangkat penerima memiliki beberapa akun Google yang ditautkan. Perangkat penerima akan meminta pengguna akun mana yang akan membuat kontak baru. Jika tidak, info kontak akan disimpan secara otomatis dan aplikasi Kontak akan menampilkannya.

Cara Kirim Foto Menggunakan NFC Android

Tidak semua perangkat memiliki fitur NFC yang bisa mengirim foto satu sama lain. Dalam beberapa kasus, perangkat penerima mendapat notifikasi bahwa selesai menerima file namun beberapa kasus lain tahap ini tidak dapat dilakukan. Semua itu tergantun otoritasi smartphone Android Anda.

Cara Menjiplak Pengaturan Smartphone Orang Lain Menggunakan NFC

Selain berbagi konten dengan perangkat berkemampuan NFC lainnya, Anda juga dapat menggunakan NFC untuk mengkonfigurasi pengaturan ponsel atau tablet hanya dengan sekali ketukan. Dengan begini, Anda bisa menyamakan pengaturan kedua smartphone Android Anda hingga sama persis.

Untuk membaca data dari ke kedua perangkat NFC tersebut, Anda memerlukan aplikasi tag-reading atau tag-writing NFC. Misalnya seperti aplikasi bernama Trigger. Aplikasi ini tersedia dari Google Play Store atau langsung arahkan ke tautan dibawah ini:

  • https://play.google.com/store/apps/details?id=com.jwsoft.nfcactionlauncher

Aplikasi berfungsi untuk memicu atau menerapkan pengaturan yang diinginkan. Sebab fitur NFC tidak memiliki akses langsung untuk menerapkan pengaturan tanpa pemicu aplikasi yang terinstall. Aplikasi ini hanya dapat dibaca oleh perangkat yang menginstal aplikasi ini sama. Maka pastikan kedua perangkat telah menginstall aplikasi tersebut.

Anda dapat memprogram tag NFC untuk melakukan fungsi seperti membuka halaman web, mengkonfigurasi pengaturan telepon, atau bahkan mengirim teks hanya dengan mengetuk perangkat .

Jadi, misalnya, Anda mungkin ingin memprogram tag NFC pengaturan untuk digunakan saat Anda berada di kantor. Di mana Anda perlu membuat smartphone Anda diatur ke mode getaran, Wi-Fi diaktifkan, dan Bluetooth tidak aktif. Maka, Anda hanya perlu menyentuhkan kembali perangkat Anda terhadap tag yang terprogram, dan perangkat akan menerapkan pengaturan hanya beberapa detik saja.

Fungsi NFC

Pengaturan tag NFC ini hanya dapat melakukan beberapa penerapan seperti berikut ini:

  • Setelan Wi-Fi dan Bluetooth (termasuk mode Pesawat, sinkronisasi otomatis, on/off GPS, on/off data seluler)
  • Pengaturan suara dan volume (profil suara, nada dering, volume dering / pemberitahuan, nada notifikasi, volume media, volume sistem, volume alarm, dan getaran saat dering)
  • Pilihan tampilan (brightness, notification light, auto rotation, display timeout)
  • Media sosial (tweeting, check in melalui layanan check-in seperti Foursquare, Facebook, Google Latitude, Google Places)
  • Pesan (autosync, mengirim email, menulis SMS, mengirim Glympse)
  • Aplikasi dan jalan pintas (buka aplikasi, tutup aplikasi, buka aktivitas, jeda, buka URL / URI, perintah suara, teks, navigasi, mode berkendara/mobil)
  • Multimedia (pemutaran media mulai / berhenti, pindah ke media berikutnya, mainkan media sebelumnya)
  • Alarm (mengatur alarm, mengatur timer)
  • Acara (membuat acara, membuat timestamp kalender)
  • Keamanan (mengaktifkan lockscreen)
  • Melakukan panggilan telepon
  • Mode khusus Samsung (mode pemblokiran, mode mengemudi, mode hemat daya)
  • Buat catatan/tasker
BACA JUGA  Cara Melihat Semua Password Wifi Yang Pernah Terhubung di Android

Untuk menyimpan semua fungsi yang dipilih ke tag NFC, cukup ketuk tombol Save. Dan, untuk melakukan fungsi, cukup sentuh kembali perangkat tersebut terhadap pengaruan tag yang diinginkan.

Pembayaran Via Mobile

Pembayaran via mobile mungkin tidak lebih berguna, mengingat beberapa Bank di Indonesia sudah menerapkan fitur mobile banking yang sudah sangat membantu. Namun, apabila Anda adalah pengguna Samsung Pay atau Android Pay. Maka, fitur NFC dapat dengan mudah melakukan itu.

Penggunaanya hampir serupa dengan fitur T-Cash dari Telkomsel. Dimana Anda hanya perlu menempelkan bagian tertentu atau stiker khusus untuk melakukan pembayaran.

Tapi, sangat disayangkan. Di Indonesia sendiri, sepengetahuan Woiden. Belum ada yang menerima system pembayaran tap cash untuk Samsung pay dan Android Pay di Indonesia. Keduanya masih mengandalkan sentuhan langsung dari layar smartphone.

Kesimpulan

Sebagian besar perangkat Android yang ada di pasaran sudah hadir dengan fungsionalitas NFC, jadi kebanyakan orang mungkin dapat menerapkan fungsi ini. Hanya saja sosialisasi atau tingkat pengetahuan penggunanya sendiri yang belum tahu. Bahkan beberapa dari mereka tidak tahu bahwa perangkat mereka mendukung NFC, termasuk woiden sendiri sebelumnya.