Mobile Legends adalah game MOBA 5v5 yang cukup banyak dimainkan di perangkat mobile. Game ini mirip dengan game MOBA lainnya seperti AOV atau Vainglory. Saat Anda memainkan game ini, tujuan Anda adalah mengalahkan basis menara lawan sekaligus melindungi basis team sendiri.

Karena ini adalah permainan tim, Anda perlu berkomunikasi secara efektif dengan rekan se-team Anda dan memainkan rencana bagus. Tapi dengan layar kecil di smartphone Anda, Anda mungkin akan kesulitan melakukan multitasking sambil berkonsentrasi pada gameplay Anda.

Bagaimana jika Anda bisa bermain menggunakan komputer Anda? Pasti akan membuat kesan yang berbeda. Simak beberapa aplikasi di bawah ini yang memungkinkan Anda memainkan Mobile Legend di Komputer bahkan di spek rendah sekalipun.

4 aplikasi komputer yang saat umum digunakan oleh orang-orang untuk bermain game mobile di komputer adalah sebagai berikut:

  • ApowerMirror
  • Memu
  • BigNox Player
  • BlueStacks

Langkah Main Mobile Legend PC

ApowerMirror

Cara pertama untuk bermain Mobile Legends di PC adalah dengan menggunakan ApowerMirror. Program ini dikembangkan untuk membantu pengguna merefleksikan perangkat Android atau iOS mereka ke komputer. Software ini dapat menjalankan konten di Android / iOS seperti video, gambar, musik, aplikasi dan game ke PC.

Selain itu, ini memungkinkan Anda mengendalikan perangkat Android Anda dengan bantuan mouse dan keyboard. Selanjutnya, aplikasi ini memiliki fungsi dan fitur bawaan yang sangat berguna bagi gamer. Misalnya, jika Anda menemukan strategi yang efektif, Anda dapat merekamnya atau mengambil screenshot untuk menyimpannya untuk dibagikan.

Namun perlu Anda ketahui bahwa ApowerMirro bukanlah emulator. Dimana aplikasi ini hanya akan menampilkan layar smartphone Anda di komputer serta mengendalikannya melalui komputer Anda. Sehingga Anda tentu masih berpatokan dengan smartphone Anda untuk bermain game mobile legend. Maka dari itu, Jika bukanlah metode ini yang Anda cari, silahkan melangkah ke metode dengan aplikasi lainnya dibawah.

Lebih lanjut, silahkan melihat cara memainkan Mobile Legends di PC menggunakan ApowerMirror dibawah ini:

Kunjungi situs resmi ApowerMirror dan klik tombol Download untuk mendapatkan dan menginstall aplikasinya di komputer Anda.

  • https://download.airmore.com/down.php?softid=apowermirror

Jalankan program ini dan hubungkan ponsel Android Anda ke PC menggunakan kabel usb atau wifi. Rincinya lihat di metode penerapan dibawah ini:

Metode 1: Menggunakan Kabel USB

Melalui kabel USB. Buka Setting -> Developer Options -> USB debugging. Setelah itu, gunakan kabel USB untuk menghubungkan smartphone Anda ke PC. Pada saat itu, aplikasi ApowerMirror akan didownload ke smartphone Anda secara otomatis.

Setelah berhasil terhubung, ketuk “START NOW” untuk menampilkan layar smartphone Anda ke PC dan mengendalikan Android Anda dari PCUSB debugging

Method 2: Menggunakan WIFI

Melalui WiFi. Buatlah smartphone dan komputer Anda terhubung dengan jaringan wifi yang sama. Setelah itu Jalankan aplikasi ApowerMirror dan klik tombol ikon komputer dibawah tengah berwarna biru di layar. Kemudian pilih nama komputer Anda Anda yang dideteksi oleh Apowersoft ini.

Setelah terhubung, buka game mobile legend di smartphone Anda. Dan biarkan aplikasi ini menampilkan pula layar smartphone Anda di PC.

Catatan

Fungsi kontrol hanya bekerja untuk Android, namun pengguna iOS masih dapat menjalankan game Mobile Legends ke PC juga. Pada iPhone Anda, buka Control Center dengan menggesek layar dari bagian bawah ke atas di perangkat Anda.

Setelah itu, klik AirPlay / AirPlay Mirroring dan pilih nama yang diawali dengan “Apowersoft”. Kemudian Anda bisa menampilkan gameplay Mobile Legends di layar yang lebih besar.

Anda juga tidak mutlak menggunakan software ApowerMirror diatas, dengan demikian jika program ini tidak berjalan di komputer Anda. Maka Anda bisa menggunakan AirDroid sebagai alternatifnya.

MEmu

Selain aplikasi mirroring, Anda bisa menggunakan emulator Android. Salah satu contohnya adalah MEmu . Emulator gratis ini menyediakan kemampuan Windows PC untuk menginstal dan menjalankan aplikasi Android.

Dengan ini, Anda dapat menginstal dan memainkan ribuan game dari Play Store termasuk Mobile Legends. Emulator ini hampir serupa dengan emulator lainnya seperti Bluestack, namun emulator ini lebih ramah spesifikasi.

Berikut tahapannya:

  1. Pada jendela web browser Anda, download dan luncurkan di komputer Anda melalui link berikut: http://www.memuplay.com/
  2. Setelah selesai melakukan pengaturan emulator ini, pilih bahasa anda dan klik Install.
  3. Tekan tombol Launch di layar dan lanjutkan ke Google Play Store.
  4. Dari situ, cari game Mobile Legends dan installah seperti biasa. Konfigurasikan akun Anda lalu mulai permainan Anda.

BigNox Player

BigNox Player adalah emulator yang sempat booming saat game Pokemon Go marak dimainkan. Orang-orang yang tidak memiliki perangkat tidak didukung oleh game pokemon go saat itu. Lebih cenderung menggunakan emulator android dan bignox inilah salah satu yang cukup populer digunakan.

BigNox tidak dikhususkan untuk perangkat komputer spek rendah, namun tidak pula untuk spek tinggi. Jadi jika Anda memiliki komputer dengan spek rata-rata umumnya. Mungkin Anda bisa menjalankannya.

Anda bisa mengunduh aplikasi ini melalui link unduh dibawah ini kemudian menginstallnya di komputer Anda:

  • https://id.bignox.com

Setelah itu, buka google play store dari jendela emulator nox player ini dan cari game mobile legend dari sana. Kemudian mainkan selayaknya Anda bermain di smartphone. Anda juga bisa mengubah fungsi tombol di keyboard untuk game Anda dengan membuka di Settings dan menyesuaikannya.

BlueStacks

BlueStacks adalah emulator paling populer lainnya yang memungkinkan Anda memiliki perangkat Android virtual pada PC dan Mac Windows. Seperti MEmu, ia mampu menjalankan aplikasi dan game. Jadi, Anda bisa menggunakan ini saat ingin bermain Mobile Legends di layar yang lebih lebar. Keuntungan dari emulator ini adalah Anda dapat menyiapkannya menggunakan akun Google Play Anda dan fungsinya yang cukup lengkap.

Dengan demikian, semua game yang Anda pasang di akun lama Anda akan tampil di perangkat baru Anda. Ini mungkin alternatif yang paling bagus, namun perlu Anda ketahui bahwa Bluestack cukup berat, sehingga membutuhkan perangkat dengan spesifikasi diatas rata-rata.

Selain itu, bluestack ini mempengaruhi kinerja komputer Anda bahkan saat tidak jalankan. Namun, jika anda memiliki spesifikasi komputer tingkat dewa, mungkin perlu Anda pertimbangkan karena fungsi dan fiturnya yang nyaris sempurna layaknya sebuah perangkat smartphone.

Anda bisa mengunduh bluestack dari link dibawah ini atau Anda bisa menemukan tautan yang menurut Anda lebih cepat di komputer Anda dengan menelusuri di Google.

  • http://www.bluestacks.com/

Mulailah dengan menginstal aplikasi di komputer Anda.

  1. Masuk menggunakan akun Google Anda untuk mengakses Google Play Store.
  2. Dari Google Play Store, cari Mobile Legends dan tekan tombol install.
  3. Tetapkan permainan seperti bagaimana Anda melakukannya pada perangkat Android yang sesungguhnya dan mulailah permainan.

Kesimpulan

Inilah empat cara praktis yang membantu Anda bermain Mobile Legends di komputer. Dari sini, pilih aplikasi yang paling sesuai untuk Anda gunakan. Tetapi jika Anda ingin menghemat waktu Anda untuk mengkonfigurasi dan menyiapkan aplikasi, ApowerMirror harus menjadi pilihan terbaik. Kemudian metode lain, Memu adalah emulator yang cukup kompatibel. Jadi itu tergantung kebutuhan dan keseusian Anda.

Selain itu, Anda bisa bermain dengan menggunakan mouse dan keyboard, bahkan jika Anda memiliki JoyStick. Selanjutnya, Anda bisa mengambil screenshot dan merekam gameplay dengan sekali klik kapan pun Anda mau.