Cara Mengubah Program Default di Windows 10

Diposting pada

Sama seperti di versi windows yang lama. Setiap kali Anda ingin membuka file dengan format apapun itu, maka file itu akan dibuka menggunakan program default. Misalnya ketika Anda hendak membuka file dengan format “MP3”, maka yang akan membukanya adalah “Windows Media Player” sebagai program default bawaan Windows.

Nah, jika Anda ingin buka file menggunakan program lain yang menjadi andalan. Maka Anda bisa merubah Settings Windows agar dapat membuka program pilihan Anda selain program default secara otomatis.

Pertama buka menu “Settings” yang bisa Anda temukan saat membuka Start Menu atau menekan tombol logo Windows di keyboards. Kemudian, buka menu “System” kemudian “Default Apps”. Setelah Anda berada di menu Default Apps, maka Anda bisa merubah Settings program default di Windows 10 Anda dengan beberapa cara berikut ini:

Berdasar Tipe/Format File

Untuk mengubah program default berdasar format/tipe file. Anda harus memilih pilihan yang ada di bawah jendela menu dan pilih “Choose Default Apps by File Type”.

Untuk setiap format file yang ada di sebelah kiri, Anda dapat mengubahnya sesuai dengan program pilihan yang tampil di sebelah kanan.

Berdasar Kategori

Pada Windows 10, terdapat 7 kategori utama untuk aplikasi yaitu Email, Calendar, Music Player, Maps, Photo Viewer, Video Player, dan Web Browser. Untuk mengubah pengaturan program default itu. Maka Anda dapat klik pada kategori dan pilih program yang Anda inginkan.

Berdasar Aplikasi

Untuk mengubah program default menggunakan aplikasi. Anda cukup memilih menu “Set dafaults by app” yang ada di bagian bawah jendela “Settings”.

Atau bisa juga dengan memilih salah satu program dan klik “Set this program as default” untuk membuka setiap format file. Anda bisa pula memilih “Choose defaults for this program” untuk memilih secara manual format file dan protokol yang secara defaults dibuka dengan program tersebut.

BACA JUGA  Cara Mengubah File PDF Ke Microsoft Office (Word, Excel, Powerpoint PPT)

Berdasar Protokol

Mengubah program bawaan atau default dengan metode ini memerlukan pengaturan “request” dari internet atau jaringan. Misalnya dari email atau aplikasi yang membutuhkan koneksi. Untuk mulai mengubah tampilan program default ini. Anda cukup memilih menu “Choose defaults apps by protocol” yang ada di bagian bawah jendela Settings.

Anda juga bisa mengatur cara membuka URL menggunakan aplikasi tertentu yang ada di daftar bagian sebelah kanan layar.

Terkait:

  • cara mengubah default exe sesuai softwarenya sesuai windows 10