Mengatasi Tidak Bisa Mengunduh dari Google Play Store
Mengatasi Tidak Bisa Mengunduh dari Google Play Store

Mengatasi Tidak Bisa Mengunduh dari Google Play Store

Diposting pada

Woiden.com – Mengatasi Tidak Bisa Mengunduh dari Google Play Store – Smartphone akan lebih berguna bagi penggunanya jika terdapat aplikasi di dalamnya. Khusus perangkat Android, Google telah menyediakan Play Store untuk mendapatkan aplikasi. Namun, bagaimana jika tidak bisa mengunduh karena Google Play Store atau perangkat Anda mengalami eror? Tentunya Anda harus mengetahui cara mengatasinya.

Sebagian besar pengguna berpikir jika play store tidak bisa unduh aplikasi di karenakan spesifikasi ponsel mereka rendah ,smartphone mereka terlalu banyak aplikasi dan memori full, memang benar bisa saja penyebab play store tidak bisa memulai download karena masalah diatas, namum ada baiknya kita gunakan cara atasi play store tidak bisa download dahulu, jika tidak berhasil baru kita mulai cek faktor lainnya.

Selain tidak bisa download di Play Store, kendala yang biasa terjadi, seperti tidak dapat membuka aplikasi Play Store. Ada juga tidak dapat mendownload musik, film, acara TV, atau konten lainnya. Berikut beberapa tips yang bisa anda terapkan jika hal itu terjadi pada smartphone android anda.

Mengatasi Tidak Bisa Mengunduh dari Google Play Store

Jika smartphone android anda mengalami tidak bisa mendownload dari google play store anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini:

  1. Koneksi Internet.
    Langkah pertama mengatasi masalah di Play Store dengan memastikan koneksi internet yang kuat. Bisa jadi, tidak bisa download di Play Store karena koneksi yang lemah.
  2. Hapus Cache & Data Play Store.
    Kenapa tidak bisa download di Play Store padahal memori kosong? Jangan panik dulu, kamu bisa coba dengan menghapus cache dan data di Play Store dengan cara mudah.

    Pertama-tama buka aplikasi di setelan. Kemudian pilih ‘Aplikasi & Notifikasi’ dan klik ‘Lihat semua aplikasi’. Selanjutnya, scroll hingga ke bagian bawah dan klik ‘Google Play Store’.

    Pilih ‘Penyimpanan’ dan ‘Hapus Cache’. Lalu, klik ‘Hapus data’. Nah, coba kembali ke Play Store dan download aplikasi kembali.

    Biasanya dengan menerapkan cara no.2 ini masalah anda sudah teratasi.

  3. Restart.
    Solusi terakhir dari tidak bisa download di Play Store dengan merestart Hp. Caranya cukup mudah, dengan menekan tombol power hingga menu muncul dan klik ‘matikan atau muat ulang’.

Beberapa Kode Eror dari Google (Android 6.0 ke Atas)

Beberapa eror bisa terjadi karena server Google tidak berjalan mulus. Namun, bisa juga karena Google mengharuskan ada perubahan dari perangkat Anda. Berikut ini beberapa kode eror yang biasanya diberikan oleh Google:

  • Error 944: Server Google mengalami gangguan, tunggu sampai Google mengatasinya.
  • Error 101, 919, 921, 923: Perangkat tidak memiliki kapasitas penyimpan yang cukup. Google menyarankan untuk menghapus sebagian aplikasi atau file tertentu.
  • Error 103: Software perangkat tidak kompatibel dengan aplikasi. Update untuk mendapatkan versi Android dan Google Play Store versi terbaru.
  • Error 403: Eror terjadi karena ada dua akun Google di satu perangkat. Uninstal salah satunya untuk bisa menggunakan.
  • Error 927: Eror terjadi karena mengunduh saat Google melakukan update. Tunggu update selesai dan coba kembali.
  • Error F-BPA-09: Eror terjadi karena Google dan aplikasinya. Bersihkan cache perangkat (settings > apps > all > google services framework), lalu coba kembali.
  • Error DF-DLA-15: Eror terjadi karena update pada aplikasi. Bersihkan cache perangkat (settings > apps > all > google services framework), lalu coba kembali.

Demikianlah tips jika anda tidak bisa mendownload aplikasi ataupun game dari google play store yang bisa anda terapkan. Semoga bermanfaat bagi anda.

 

BACA JUGA  Cara Main PUBG Mobile Di HP Spek Rendah Tanpa Lag