Pada kesempatan kali ini woiden akan membagi cara bagaimana Membuat Daftar Pustaka Dengan Menggunakan Google Scholar. Untuk penjelasan lebih lanjut silahkan baca artikel ini hinggal selesai.

Menuliskan atau membuat daftar pustaka untuk sebagian orang merupakan hal yang cukup sulit dan merepotkan. Karena ada bermacam model penulisannya, mulai dari menyusun tanda baca serta komponen-komponen lain sehingga kita sudah terlanjur bosan dalam penyusunannya. Daftar pustaka sendiri dibuat dengan tujuan menghindari plagiarisme, kita diharuskan mencantumkan referensi sumber dari karya ilmiah yang kita buat agar terhindar dari tuduhan penjiplakan serta menghargai sang penulis sebelumnya.

Daftar pustaka sendiri merupakan tulisan yang berisikan sumber bacaan yang disusun di akhir karya ilmiah. Daftar pustaka memiliki urutan yang dimulai dari nama penulis, tahun pembuatan, judul tulisan, kota penerbit serta penerbitnya sehingga pembaca pun lebih mudah dalam mendalami karya tulis tersebut.

Setiap karya ilmiah memiliki hak cipta bahkan ada undang-undang yang berlaku. Jadi, untuk kalian yang sedang dalam tahap penulisan karya ilmiah, daftar pustaka sangatlah penting. Namun beberapa daftar pustaka disusun dengan mode tertentu sehingga akan lebih merepotkan jika dibuat secara manual. Belum lagi ada tata cara lainnya tergantung dari standar yang ditetapkan dalam pembuatan karya ilmiah tersebut.

Disini, admin akan memberikan tips untuk mempermudah dalam penulisan daftar pustaka sehingga kita bisa lebih menghemat waktu dan tenaga. Google Scholar, salah satu situs dari goolge ini mempunyai fungsi penyedia perpustakaan digital yang bisa menjadikan referensi kita dalam pembuatan penulisan, google scholar juga memudahkan kita dalam pembuatan daftar pustaka. Sehingga kita tidak perlu lagi mengetik atau menuliskannya secara manual, karena daftar pustaka yang tercantum di sana sudah mengikuti standar APA.

Membuat Daftar Pustaka Dengan Menggunakan Google Scholar

Berikut langkah-langkah dalam pembuatan daftar pustaka menggunakan google scholar.

  • Pertama, kamu hanya perlu membuka situsnya di https://scholar.google.com/
  • Lalu kamu masukkan judul jurnal yang kamu jadikan referensi. Contoh seperti pada gambar :

Membuat daftar pustaka online

  • Kemudian kamu klik icon (“)

membuat daftar pustaka di google scholar

  • Kamu tinggal blok dan copy seperti di bawah ini.

referensi daftar pustaka di google scholar

  • Selesai, kamu tinggal paste di lembar daftar pustaka kamu.

Itulah cara menggunakan google scholar dalam pembuatan daftar pustaka. Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam menyelesaikan skripsi, jurnal atau karya ilmiah lainnya. Selamat mencoba!