The Deathly Hallows

Ingin Marathon Film Harry Potter? Ini Sinopsis dan Urutannya!

Diposting pada

Woiden.com – Ingin Marathon Film Harry Potter? Ini Sinopsis dan Urutannya!. Siapa yang tidak tahu film Harry Potter? Bagi para pecinta film mungkin sudah tidak asing lagi dengan film legendaris ini.

Harry Potter merupakan salah satu film seri terkenal yang diangkat dari novel karangan J. K. Rowling. Mengangkat tema tentang dunia sihir, film seri Harry Potter digemari oleh banyak orang di seluruh dunia.

Berlatar belakang di Inggris, film Harry Potter mengisahkan tentang seorang anak laki-laki yang ternyata bukan seorang manusia biasa. Tak disangka, ternyata anak laki-laki tersebut adalah seorang keturunan dari pasangan penyihir terkenal.

Ingin Marathon Film Harry Potter? Ini Sinopsis dan Urutannya!

Kehidupan si anak laki-laki tersebut pun berubah 180 derajat setelah mengetahui bahwa dunia yang ditinggalinya terbagi menjadi dua, yakni dunia manusia dan dunia penyihir.

Film Harry Potter pertama kali rilis pada tahun 2001 dan film terakhirnya pun telah tayang pada tahun 2013 lalu. Film ini dibintangi oleh para aktor dan aktris kawakan Hollywood seperti Daniel Radcliffe, Emma Watson, Rupert Grint, Alan Rickman, hingga Ralph Fiennes.

Para pecinta film baru yang ingin mencoba marathon menonton film seri Harry Potter pasti kebingungan. Terlebih karena setiap seri Harry Potter memiliki judul yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin mencoba urutan nonton film Harry Potter berikut akan diulas mengenai sinopsis dan urutannya yang dirangkum dari berbagai sumber.

Harry Potter and The Sorcerer’s Stone

Rumah ProduksiHeyday Films
1492 Pictures
ProduserDavid Heyman
SutradaraChris Columbus
PenulisSteve Kloves (Naskah)
J.K. Rowling (Novel)
Tanggal Rilis19 Desember 2001 (Indonesia)
Durasi153 Menit
Rating IMDb7,6/10

"<yoastmark
Serial Harry Potter

Harry Potter and The Sorcerer’s Stone adalah film pertama dari serial Harry Potter yang dirilis sejak 2001 silam. Disutradarai oleh Chris Columbus, film ini ditulis oleh Steve Kloves dan J.K. Rowling.

Berdurasi 153 menit, film pertama Harry Potter ini berkisah tentang seorang anak laki-laki bernama Harry Potter tinggal dengan keluarga Dursley yang berisi paman, bibi, dan sepupunya yang jahat. Belasan tinggal bersama paman dan bibinya, Harry tidak pernah sekalipun diperlakukan dengan baik.

Hingga suatu hari, kejadian ajaib terjadi di kehidupannya. Harry mendapatkan surat berisi undangan sekolah ke Hogwarts. Namun pamannya mengambil surat tersebut dengan paksa.

Secara ajaib surat berdatangan terus menerus hingga memenuhi seisi rumah. Keluarga Dursley memutuskan untuk pindah rumah ke pulau terpencil, namun secara mengejutkan manusia setengah raksasa bernama Hagrid mendatangi mereka.

Potter and The Order of The Phoenix

Ia mengatakan bahwa Harry adalah seorang penyihir. Paman dan bibi Harry pun sontak kaget, sebab mereka telah menyembunyikan fakta tersebut selama belasan tahun. Singkat cerita Harry dibawa untuk bersekolah di Hogwarts.

Tak disangka ternyata Harry sangat terkenal di dunia penyihir sebagai “anak yang bertahan hidup” dari serangan Lord Voldermort yang telah merenggut nyawa kedua orang tuanya.

Tahun pertamnya di Hogwarts dilaluinya dengan belajar sihir, menunggangi sapu terbang, dan juga bermain olahraga quiditch. Selain itu, Harry memiliki shaabat karib bernama Ron dan Hermione.

Petualangan dimulai saat Harry mengetahui bahwa di sekolahnya terembunyi batu bertuah  yang diincar oleh Voldemort. Bisakah Harry dan kawan-kawannya menggagalkan rencana Voldemort?

Harry Potter and The Chamber of Secrets

Rumah ProduksiHeyday Films
1492 Pictures
ProduserDavid Heyman
SutradaraChris Columbus
PenulisSteve Kloves (Naskah)
J.K. Rowling (Novel)
Tanggal Rilis14 November 2002 (Jerman)
Durasi161 Menit
Rating IMDb7,4/10

"<yoastmark

Dalam film keduanya yang dirilis selang satu tahun dari film pertamanya ini, Harry dikisahkan sudah tidak sabar untuk kembali ke Hogwarts, sebab sudah tidak tahan lagi melewati liburan musim panas dengan keluarga Dursley.

Akan tetapi muncul peri rumah bernama Dobby. Dobby adalah peri rumah yang melayani keluarga Malfoy. Dobby melarang Harry untuk kembali ke sekolah. Alasannya adalah akan terjadi malapetaka jika Harry kembali ke Hogwarts.

Namun himbauan Dobby tidak didengarkan oleh Harry. Sesuai rencana awal, Harry kembali ke Hogwarts saat liburan musim panas telah usai. Tanpa diduga, malapetaka mulai bermunculan.

Peron ¾ tidak bisa ia lewati. Akhirnya Harry berangkat ke Hogwarts menggunakan mobil sihir miliki keluarga sahabatnya Ron. Sesampainya di sekolah, mobil sihir diserang oleh pohon yang dapat bergerak dan akhirnya tersangkut di atas pohon tersebut.

The Order of The Phoenix
The Order of The Phoenix

Beragam keanehan dan kejanggalan pun mulai bermunculan. Ada seseorang atau sesuatu yang mengubah para siswa menjadi membeku seperti batu.

Terungkap satu fakta bahwa pewaris keturunan Salazar Slytherin telah kembali dan membuka pintu kamar rahasia. Harry dan kedua sahabatnya curiga bahwa Draco malfoy adalah pelakunya.

Lambat laun kecurigaan tersebut malah berbalik menuju kepada Harry sendiri. Pasalnya Harry adalah seorang parselmouth atau orang yang dapat berbicara bahasa ular. Harry dapat menemukan pintu kamar rahasia berkat bantuan seorang hantu penunggu toilet bernama Moaning Myrtle.

BACA JUGA  Kisah Untuk Geri Episode 7, Sinopsis dan Jadwal Tayang

Singkat cerita Harry harus bertempur dengan basilisk. Dapatkah Harry menang melawan basilisk dan kembali bersekolah tanpa rasa takut?

Harry Potter and The Prisoner of Azkaban

Rumah ProduksiHeyday Films
1492 Pictures
ProduserMark Radcliffe
David Heyman
Chris Columbus
Lorne Orleans
SutradaraAlfonso Cuaron
PenulisSteve Kloves (Naskah)
J.K. Rowling (Novel)
Tanggal Rilis16 Juni 2004 (Indonesia)
Durasi142 Menit
Rating IMDb7,9/10

The Order of The Phoenix
The Order of The Phoenix

Sinopsis film ketiga Harry Potter ini, Harry di kisahkan melarikan diri dari rumah keluarga Dursley setelah tidak sengaja membuat Bibi Marge mengembang dan terbang. Ia pergi ke The Leaky Cauldron menaiki bis sihir dan bertemu dengan menteri sihir Cornelius Fudge.

Fudge memberitahu Harry bahwa ia tidak akan di hukum hanya karena membuat bibinya mengembang. Kementrian sihir hanya peduli keselematan Harry yang sedang diincar oleh Sirius Black yang kabur dari penjara Azkaban.

Black pun akhirnya di penjara karena menjadi pengikut Voldemort dan membunuh beberapa orang, salah satunya adalah Peter Pettigrew yang merupakan teman baik orang tua Harry.

Harry dan para sahabatnya kembali ke Hogwart dengan menaiki kereta. Saat di kereta, Harry di serang oleh dementor atau sang penjaga Azkaban dan di tolong oleh guru baru bernama Remus Lupin.

Singkat cerita, saat terdapat kunjungan ke desa Hogsmeade Harry tidak dapat ikut karena tidak memiliki izin dari walinya. Kemudian Fred dan George memberitahu Harry jalan pintas rahasia menuju Hogsmeade.

The Prisoner of Azkaban
The Prisoner of Azkaban

Si kembar Fred dan George juga memberikan peta perampok ke pada Harry. Scabbers, tikus peliharaan Ron menghilang. Ron yakin bahwa tikus kesayangannya di makan oleh kucing Hermione.

Tapi ternyata Scabbers di temukan di gubuk Hagrid saat sebelum eksekusi salah satu hewan milik Hagrid bernama Buckbeak. Scabbers kembali kabur dan Ron mengejarnya. Tak di sangka, Ron di serang anjing hitam dan di seret ke dalam lubang di bawah pohon. Harry dan Hermione yang panik mengikuti jejak anjing tersebut.

Ternyata anjing hitam tersebut membawa Ron ke sebuah gubuk tua di dekat desa Hogsmeade. Anjing hitam tersebut ternyata adalah Sirius Black. Harry berusaha menyerang Black ketika Lupin datang.

Lupin dan Black memberitahu bahwa Scabbers adalah jelmaan dari Peter Pettigrew yang berkhianat serta menjadi pelayan Voldemort. Bagaimana kelanjutan kisahnya? Apakah Black dapat membersihkan namanya yang tercemar karena Pettigrew?

Harry Potter and The Goblet of Fire

Rumah ProduksiRating IMDb
ProduserDavid Heyman
Lorne Orleans
SutradaraMike Newel
PenulisSteve Kloves (Naskah)
J.K. Rowling (Novel)
Tanggal Rilis18 November 2005 (Indonesia)
Durasi157 Menit
Rating IMDb7,7/10

The Goblet of Fire

Marathon Film Harry Potter selanjutnya Sinopsis dalam film kelima ini berkisah tentang Harry, hermione, keluarga Weasley, dan keluarga Di ggory pergi menonton pertandingan quidditch. Ketika pertandingan selesai, terjadi kekacauan di perkemahan.

Para pelahap maut membakar tenda para penonton. Harry sempat melihat sosok bayangan yang mengirim tanda kegelapan ke angkasa lalu setelahnya pergi tanpa jejak. Ketika kembali ke Hogwarts, para murid di kejutkan dengan pengumuman bahwa akan di adakan turnamen Triwizard.

Triwizard merupakan sebuah pertandingan yang di adakan untuk mempererat persahabatn antar sekolah sihir. Selain Hogwarts, Akademi Sihir Beauxbatons dan Institut Durmstrang adalah sekolah yang mengikuti turnamen ini.

Setiap sekolah harus mengirim satu orang untuk mengikuti pertandingan ini. Durmstrang mengirim Viktor Krum, Beauxbatons mengirim Fleur Delacour, dan Hogwarts mengirim Cedric Di ggory dengan memasukkan nama mereka ke dalam piala api.

Piala api kembali memuntahkan satu nama, yaitu Harry. Semua orang menjadi heboh, karena hanya orang berumur tujuh belas tahun atau lebih yang dapat memasukan namanya ke piala api.

Mad-Eye moody mengatakan bahwa di butuhkan sihir yang sangat kuat untuk mengelabui piala api. Meski kedua sekolah mengajukan protes, namun akhirnya Harry tetap mengikuti pertandingan ini.

Harry Potter and The Goblet of Fire

Harry Potter

Sebelum pertandingan di mulai, Harry di cela oleh siswa satu sekolahnya karena di anggap curang. Ron yang cemburu akhirnya sempat tidak berbicara dengan Harry selama beberapa waktu.

Black yang masih dalam pelarian memperingati Harry untyk selalu berhati-hati karena turnamen tersebut sangat berbahaya. Tugas pertama dalam turnamen adalah mengambil telur emas yang di jaga oleh seekor naga.

Telur emas tersebut berisikan petunjuk untuk tugas kedua. Harry berhasil mengambil telur tersebut dan lolos dari serangan naga. Pada hari natal, di adakan pesta dansa di mana para peserta turnamen wajib memiliki pasangan.

Harry berpasangan dengan Parvati Patil, Ron dengan Padma Patil, dan Hermione berpasangan dengan Viktor Krum. Tugas kedua dalam turnamen adalah menyelamatkan seorang sandera di bawah danau.

Sandera yang di selamtkan olwh Harry adalah sahabatnya Ron. Harry menjadi juara kedua karena dapat membebaskan Ron dan Gabrielle, adik dari Fleur Delacour. Tugas ketiga adalah labirin yang di beri banyak rintangan.

BACA JUGA  Nonton Mr Queen Episode 15 Sub Indonesia Drakorindo

Namun tak di sangka, terdapat musuh haus darah yang menunggu Harry di dalam labirin tersebut. Mampukah Harry memenangkan turnamen ini?

Harry Potter and The Order of The Phoenix

Rumah ProduksiLSG Production
Heyday Films
ProduserDavid Heyman
Lorne Orleans
David Barron
SutradaraDavid Yates
PenulisMichael Goldenberg (Naskah)
J.K. Rowling (Novel)
Tanggal Rilis11 Juli 2007 (Indonesia)
Durasi138 Menit
Rating IMDb7,5/10

The Order of The Phoenix

Di sutradarai oleh David Yates, film kelima Harry Potter ini di produksi di bawah naungan LSG Production. Di rilis pada tanggal 11 Juli 2007, film Harry Potter and The Order of The Phoenix ini berdurasi 138 menit dan berhasil meraih skor rating sebesar 7,5 di situs IMDb.

Sinopsis dalam film kelima ini di awali dengan kisah kembalinya Voldemort. Sosoknya telah kembali, namun banyak penyihir yang tidak percaya akah hal itu salah satunya adalah kementrian sihir.

Harry dan Dumbledore di anggap berbohong, bahkan di klaim terganggu jiwanya. Meski demikian, masih banyak penyihir yang percaya pada Dumbledore dan tergabung ke dalam Order Phoenix.

Namun karena situasi, orde phoenix bergerak secara guna menghindari kecurigaan kementrian sihir. Mereka menggunakan rumah milik keuarga Black sehingga

Sirius tidak lagi dalam pelarian, meski masih di cari oleh kementrian. Sementara itu, ternyata Harry di awasi oelh Order Phoenix tanpa sepengatuannya.

Pada suatu hari, Harru dan Dudley di kejutkan dengan kehadiran dementor yang ingin mneyerang mereka di Privet Drive. Harry berhasil mengusir dementor dengan menggunakan patronus. Namun karena mengeluarkan sihir di bawah umur, Harry harus menghadapi persidangan di Kementrian Sihir dan terancam di keluarkan dari Hogwarts.

Harry Potter and The Order of The Phoenix

Pada hari persidangan, tak satu pun orang percaya bahwa dementor muncul di lingkungan muggle. Dumbledore mengatakan bahwa kementrian tidak punya hak untuk mencampuri urusan sekolah, termasuk mengeluarkan murid.

Harry pun bebas dari seluruh tuntutan. Saat kembali ke sekolah, muncul guru pertahanan terhadap ilmu hitam yang berasal dari kementrian bernama Dolores Umbridge. Umbridge membuat banyak peraturan untuk menekan para siswa dan tidak pernah mengajarkan pertahanan terhadap ilmu hitam.

Harry yang di dukung oleh kedua sahabatnya membuat sebuah kelompok yang di beri nama Laskar Dumbledore. Pada akhirnya Laskar Dumbledore terungkap karena Cho Chang di paksa Umbridge untuk berbicara. Klimaks dalam film ini pun terjadi ketika Harry entah bagaimana saling terhubung dengan Voldemort.

Pada Marathon Film Harry Potter ini. Dumbledore menugaskan Snap untuk mengajari Harry sihir yang berfungsi menutup pikiran dari Voldemort. Singkat cerita, Harry dan kawan-kawannya pergi ke kementrian sihir. Mereka bertempur melawan pelahap maut demi mengambil bola ramalan di departemen misteri.

Mereka juga bertemu dengan Voldemort dan pengikut setianya Bellatrix yang juga sepupu Sirius Black. Mampukah Harry dan kawan-kawannya melawan pelahap maut dan Voldemort?

Harry Potter and The Half-Blood Prince

Rumah ProduksiHeyday Films
ProduserDavid Heyman
David Barron
SutradaraDavid Yates
PenulisSteve Kloves (Naskah)
J.K. Rowling (Novel)
Tanggal Rilis17 Juli 2009 (Indonesia)
Durasi153 Menit
Rating IMDb7,6/10

The Half-Blood Prince

Naskahnya kembali di tulis oleh Steve Kloves, film keenam Harry Potter ini berhasi meraih rating skor 7,6 /10 di situs IMDb. Masih di sutradarai oleh David Yates, Potter and The Half-Blood Prince yang di rilis pada 2009 ini tetap di bintangi oleh Daniel Radcliffe, Emma Watson, dan juga Rupert Grint.

Sinopsis dalam film ini berkisah tentang Harry yang masih memiliki trauma setelah pertempurannya dengan Voldemort, sehingga ia enggan kembali ke Hogwarts. Dumbledore membujuk Harry dengan cara menemui seroang mantan guru bernama Horace Slughorn.

Sementara itu, pelahap maut mulai menimbulkan kehancuran baik di dunia sihir mau pun di dunia muggle. Di sisi lain, Bellatrix berhasil membujuk Snape untuk melakukan sumpat tak terlanggar dengan ibu dari Malfoy, Narcissa. Sumpah ini memastikan Snape untuk menjaga Draco dan harus menyelesaikan tugas jika Draco gagal.

Ron Harry dan  di perintahkan oleh profesor McGonagall untuk mengikuti kelas ramual yang di aj oleh Profesor Slughorn. Harry dan Ron yang tidak memiliki buku, berebut untuk mengambil buku yang di pinjami oleh profesor Slughorn.

Harry Potter and The Half-Blood Prince

Buku usang yang di pinjam Harry telah di bubuhi tulisan mengenai petunjuk membuat ramuan yang lebih lengkap. Harry menemukan nama “Pangeran Berdarah Campuran” di sampul buku tersebut. Setelah mengikuti petunjuk di buku usang itu, Harry berhasil membuat ramuan dan memenangkan hadiah cairan keberuntungan tersebut dari Profesor Slughorn.

Pada saat liburan natal, Harry menghabiskan liburannya bersama keluarga Weasley, Lupin, serta Tonks. Namun tiba-tiba rumah keluarga Weasley di serang oleh pelahap maut yang hendak menculik Harry.

Mereka berhasil menghalau serangan pelahap maut, namun rumah keluarga Weasley habis terlalap oleh api. Berkat kejadian ini, Harry menyesali diri karea ia menjadi penyebab seluruh kekacauan ini.

BACA JUGA  Nonton Mr Queen Episode 18 Sub Indonesia Drakorindo

Setelah kejadian pelahap maut di rumah keluarga Weasley terjadi, Dumbledore mengungkapkan memori Tom Riddle melalui pensieve. Tom Riddle adalah nama asli dari Lord Voldemort. Sayangnya memori itu telah di ubah oleh profesor Slughorn. Dumbledore menyuruh Harry untuk mendekati Slughorn.

Singkat cerita Slughorn akhirnya memberikan memori Tom Riddle yang sesungguhnya. Perjalanan Harry tidak hanya sampai sini, banyak kejadian yang tak terbayangkan menantinya.

Harry Potter and The Deathly Hallows Part 1 and Part 2

Rumah ProduksiHeyday Films
ProduserDavid Heyman
David Barron
J.K. Rowling
SutradaraDavid Yates
PenulisSteve Kloves (Naskah)
J.K. Rowling (Novel)
Tanggal RilisPart 1 – 19 November 2010 (Indonesia)
Part 2 – 29 Juli 2011 (Indonesia)
DurasiPart 1 – 146 Menit
Part 2 – 130 Menit
Rating IMDbPart 1 – 7,7/10
Part 2 – 8,1/10

The Deathly Hallows

Menjelang film terakhirnya, Harry Potter and The Deathly Hallows di garap oleh David Yates dan di tulis oleh Steve Kloves serta J.K. Rowling. Hanya berselang satu tahun, Heyday Films menggarap Harry Potter and The Deathly Hallows part 1 dan 2.

Cerita dalam film ini memasuki adaptasi terakhir dari buku ini. Sinopsis dalam film ini berkisah tentang Harry dan anggota Orde Phoenix pergi dari rumah keluarga Dursley ke The Burrow, rumah keluarga Weasley.

Namun dalam perjalanan mererka kehilangan Hedwig dan Mad-Eye Moody karena di bunung oleh Voldemort beserta para pelahap maut. Belakangan ini Harry sering mendapatkan penglihatan mengenai Voldemort.

Beberapa hari kemudian Menteri Sihir tiba di kediaman keluarga Weasley da membertikan warisan Dumbledore untuk Harry, Ron, dan Hermione.

Satu hari kemudian adalah hari pernikahan Fleur Delacour dan Bill Weasley. Namun kebahagian tidak berlangsung lama, karena pelahap maut menghancurkan pesta sakral tersebut. Harry dan kedua sahabatnya kabur dan bersembunyi di Grimmauld Place nomr 12, rumah yang di wariskan Sirius untuk Harry.

Mereka menyadari inisial R.A.B pada liontin adalah Regulus Arcturus Black, adik Sirius. Mereka mencari Horcrux namun tidak mendapatkan hasil.

Seorang peri rumah bernama Kreacher memberi tahu bahwa Mundungus Fletcher mencurinya dan memberikan liontin tersebut kepada Umbridge. Harry dan kedua kawannya berhasil mengambil salah satu horcrux dari kantor Umbridge.

Harry Potter and The Deathly Hallows Part 1 and Part 2

The Deathly Hallows
The Deathly Hallows

Mereka bertiga terpaksa melarikan diri, sebab persembunyiannya telah di ketahui. Mereka bertiga harus selalu berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya selama berbulan-bulan. Setelah berhasil menghancurkan horcrux berbentuk liontin itu, Harry dan dua sahabatnya pergi ke Bank Gringotts untuk mencari horcrux lainnya. Singkat cerita, Harry dan kedua sahabatnya menjadi buronan.

Mereka kembali ke Hogwarts melalui salah satu jalan rahasia dengan dipandu adik Dumbledore, Aberforth Dumbledore. Harry menemukan horcrux lainnya yang berbentuk diadem Ravenclaw di kamar kebutuhan dan berhasil menghancurkannya.

The Deathly Hallows

Di sisi lain, terjadi pertempuran sengit antara para siswa Hogwarts dengan pelahap maut. Mampukah Harry mengalahkan Voldemort untuk selamanya?

Nah itulah sinopsis singkat dan Marathon Film Harry Potter yang kami rangkum dari surgatekno. Cerita dalam film ini akan segera berakhir ketika Harry, Ron dan Hermione serta para temannya berhadapan dengan Voldemort untuk terakhir kalinya. Di dalam film terakhirnya, Harry Potter and The Deathly Hallows Part 2, semua rahasia yang di sembunyikan dari film pertama hingga film ketujuh di ungkap secara gamblang.

Kesimpulan

Serial film Harry Potter ini merupakan salah satu adaptasi novel yang terbilang sukses secara finansial dan kontinuitas. Pasalnya, tidak mudah bagi sejumlah sineas untuk mengalihvisualkan cerita dari buku ke dalam bentuk film layar kaca. Namun, serial Harry Potter ini berhasil mempertahankan eksistensinya hingga akhir cerita.

Sejumlah halangan dan rintangan saat melakukan produksi film ini berhasil di lewati oleh para crew yang terlibat dalam serial film Harry Potter. Meskipun untuk sejumlah alasan produksi film akan memotong cerita maupun adegan, film Harry Potter ini tetap tak kalah menarik dari bukunya lho.

Bagi kamu yang bosan selama #dirumahaja selama pandemi ini, tidak ada salahnya untuk mencoba menonton ulang atau bahkan marathon film Harry Potter ini. Lantas, bagi kamu yang telah menontonnya, film Harry Potter manakah yang paling menarik versi kamu? Tuliskan di kolom komentar ya!