Memiliki bisnis UKM di era digital mudah, namun para pebisnis harus mampu mengikuti perkembangan teknologi di era digital. Kehadiran teknologi memang membuat bisnis berjalan dengan baik dan memudahkan setiap aspek dalam bisnis tersebut. Sebelum adanya era digital, biasanya para pebisnis menyusun semua hal dalam bisnis secara manual. Sebut saja neraca, hingga laporan keuangan.

Adanya teknologi memang membantu banyak aspek. Bahkan, sekarang ada banyak software yang bisa digunakan oleh para pelaku UKM. Adanya software pengelolaan angka sepertinya memang sangat membantu mereka dan penghitungan keuangan menjadi lebih mudah. Misalnya saja untuk kemudahan kalkulasi gaji karyawan, bisa menggunakan software HR seperti ini https://www.hashmicro.com/id/manajemen-human-resource

Lalu, apa saja pentingnya penggunaan software untuk para pelaku UKM?

1. Mudah melakukan perhitungan

Ada beberapa software pengolahan angka atau akuntansi yang dibutuhkan oleh para pelaku UKM. Dengan software tersebut, para pelaku bisnis tak lagi harus menghitung keuntungan atau kerugian secara manual dengan menggunakan rumus yang tentu saja memakan banyak waktu. Semua data hanya perlu diinput pada software tersebut dan tak lagi dibutuhkan penghitunga secara manual.

2. Mempercepat proses laporan keuangan

Software keuangan tetu menghemat waktu. Anda tak perlu lagi membuat laporan keuangan secara manual. Pembuatan laporan keuangan dengan software tentu menjadi lebih ceat dan tak lagi membutuhkan waktu lama untuk menghasilkan laporan keuangan bahkan untuk periode satu bulan.

3. Mudah melakukan review

Pemilik bisnis akan dengan mudah melakukan review  setiap saat ketika membutuhkannya. Data keuangan bisnis biasanya membutuhkan review. Di sinilah, manfaat software  keuangan bisa dirasakan. Dengan adanya software akuntansi, Anda bisa melihat review keuangan dengan mudah. Semua data keuangan Anda juga akan tersimpan dengan aman dan rapi di software tersebut.

4. Mudah melakukan laporan pajak

Pembuatan laporan pajak tentu menjadi lebih mudah dengan adanya software yang mebantu. Laporan pajak tahunan akan lebih mudah dilakukan dengan adanya software keuangan. Anda bisa memilih software yang udh diintegrasikan engan pajak.

5. Mudah melakukan kalkulasi stok barang

Banyak sekali jenis perusahaan yang memiliki stok barang dalam jumlah besar dan tentunya akan sangat tidak efisien jika dihitung secara manual. Akan terjadi banyak human error sehingga nilai barang tidak bisa akurat.

Contohnya Anda menjalankan usaha toko sparepart hp, dimana setiap tipe hp memiliki ratusan jenis part, dan pergerakan stok akan terus berubah mengingat tipe-tipe baru terus bermunculan, maka dengan software inventory yang merekam semua tipe stok dan mengurangi otomatis setiap terjadi penjualan, akan sangat memudahkan tracking pergerakan stok sparepart hp Anda.

Teknologi memang hadir untuk memudahkan berbagai aspek, terutama dalam bisnis. Untuk itu, pastikan Anda menggunakan software yang benar-benar tepat untuk bisnis UKM Anda. Namun, sebelum memilih software  yang tepat, 4 manfaat software tersebut harus Anda ketahui.