Sentul, Bogor – Yamaha merupakan salah satu brand otomotif ternama, khususnya dibidang sepeda motor. Perusahaan ini mampu menjual produk sepeda motor hingga jutaan unit setiap tahunnya. Tidak hanya itu, Yamaha juga sering memberikan racing support pada pembalap-pembalap tanah air.

Tidak heran mengapa Yamaha cukup terkenal sebagai perusahaan otomotif yang memiliki nama brand yang kuat di dunia balap sepeda motor di tanah air maupun diluar negeri. Tidak cukup sampai disitu, pada pada tanggal 15 September 2019 mendatang, Yamaha akan kembali mengadakan Yamaha Endurance Festival (YEF) di Sentul International Circuit, Bogor, Jawa Barat.

Festival yang pernah dilaksanakan juga ditahun 2018 ini merupakan ajang perkumpulan para penggemar racing. Di festival ini, racing enthusiast diberi kesempatan untuk menyalurkan berbagai kegemaran mereka dibidang otomotif. Sehingga hobi yang mungkin tidak cukup tersalurkan oleh khalayak umum, diajang ini mereka dapat menampilkan kemampuannya masing-masing.

Salah satu ajang yang paling menonjol dalam festival ini adalah adu balap resmi yang nantinya akan dilaksanakan. Hanya saja YEF 2019 kali ini ada sedikit perbedaan dibanding tahun 2018 sebelumnya. Diantaranya: adanya penambahan durasi dari yang awalnya satu sampai satu setengah jam. Kini menjadi durasi dua jam.

Penambahan durasi ini juga berlaku untuk semua kelas balap, termasuk kelas Professional dan Community 250cc yang menggunakan kendaraan Yamaha YZF-R25 serta kelas community 155cc yang menggunakan kendaraan Yamaha YZF-R15. Diluar dari perbedaan durasi balap yang dilakukan, prosedur start masih akan menggunakan prosedur yang sama sebelumnya yakni Le Mans Style.

Kegiatan Menarik Di Yamaha Endurance Festival

Selain aktivitas racing yang dilaksanakan, ada beberapa aktivitas yang juga dapat diikuti oleh setiap pengunjung yang datang. Penyelenggara acara sejak awal sudah mempersiapkan ribuan hadiah langsung berupa merchandise resmi dari Yamaha serta door prize yang diundi untuk setiap pengunjung yang hadir.

Tidak tanggung-tanggung penyelenggara menyediakan undian berupa logam mulia berupa emas yang dapat dimiliki oleh setiap pengujung yang beruntung. Adapun juga aktivitas test ride di lokasi tertentu yang bisa dimanfaatkan oleh setiap pengunjung untuk merasakan sensai berkendara dengan sepeda motor dari Yamaha.

Hal yang paling menarik dari ajang kali ini. Dimana pada festival kali ini akan dimeriahkan oleh Nella Kharisma. Tidak lain merupakan penyanyi cantik yang namanya sedang hangat akan lagu-lagunya.

Selain itu, adanya kelas balap community 155cc yang dikhususkan untuk kategori awak media nasional. Sehingga ini dapat membantu untuk setiap awak media yang ingin merasakan sensasi balap ketahanan dengan feel selayaknya seorang pembalap professional.

Komposisi tim balap ini terbagi dari 2 hingga 3 pembalap untuk satu tim. Setiap tim memiliki masing-masing satu unit motor yang digunakan dalam ajang balap, termasuk 1 mekanik yang tergabung. Serupa dengan kegiatan balap yang sesungguhnya, mereka juga akan melakukan race dengan durasi yang sama, yakni dua jam dengan prosedur yang sama.

Bagi pengunjung umum yang mungkin ingin berliburan sembari merasakan keseruan di festival Yamaha endurance ini. Bisa memanfaatkan beberapa booth kuliner yang menyediakan berbagai makanan dan minuman. Atau mereka yang ingin bersantai sejenak, bisa mengunjungi relax booth yang dimana diarea ini pengunjung dapat beristirahat sembari menikmati masing-masing 1000 es krim yang dibagikan oleh Yamaha secara gratis.