Cara Jailbreak Perangkat iOS (iPhone/iPad)

Diposting pada

Jailbreak pada dasarnya merupakan proses berisiko dan kami tidak rekomendasikan bagi Anda yang tidak memiliki kepentingan untuk melakukan hal ini tanpa didasari keperluan mendesak. Hal ini karena Jailbreak akan banyak menimbulkan dampak tidak langsung, seperti kehilangan garansi, resiko kegagalan OS dan lainnya.

Walaupun begitu, jailbreak sudah cukup banyak dilakukan oleh pengguna iOS diluar sana. Jailbreak memang tidak lepas dari segudang keuntungan seperti menginstal aplikasi tidak resmi, melakukan modifikasi, dan lainnya.

Sebelum Anda jauh menerapkan panduan dibawah, alangkah baiknya Anda memahami terlebih dahulu apa itu jailbreak. Intinya, tahap ini akan membobol kunci yang diberlakukan Apple pada iPhone dan iPads untuk mendapatkan akses ke sejumlah besar aplikasi yang di otoritasi Apple.

Tanpa basa basi lagi, berikut adalah penjelasan yang dapat Anda terapkan untuk melakukan jailbreak pada iPhone atau iPad Anda yang menjalankan iOS 9 – 10.

Peringatan!

Pihak woiden tidak bertanggung jawab atas hal-hal yang tidak diinginkan sesaat dan setelah menerapkan panduan dibawah. Namun demikian, penerapa berikut telah diuji coba tanpa masalah dengan percobaan berulang kali.

Cara Jailbreak iPhone atau iPad iOS 10.2

Apabila Anda ingin jailbreak iPhone atau iPad Anda yang menjalankan iOS 10.2, Anda harus menggunakan jailbreak Yalu yang baru saja dirilis, namun tidak semua perangkat lancar menerapkannya.

Tidak seperti jailbreak lainnya, pengembang aplikasi telah menandai jailbreak Yalu sebagai alfa build (masih dikembangkan), yang berarti mungkin ada masalah pada perangkat Anda. Lanjutkan jika Anda menginginkannya, atau Anda bisa bertahan untuk saat ini dan menunggu versi yang lebih stabil dirilis dalam waktu yang akan datang.

Kebutuhan dan Informasi:

  • Perangkat Desktop/Komputer

Selain itu, jailbreak hanya mendukung perangkat tertentu, seperti:

  • IPhone 6s
  • IPhone 6s Plus
  • IPad Pro
  • IPhone SE

Sayangnya, mereka yang memiliki iPhone 7 atau 7 Plus kurang beruntung untuk saat ini, walaupun dukungannya harus datang dalam beberapa hari atau minggu berikutnya, jadi kami akan menghindari pembaruan ke iOS 10.2.1 jika Anda berencana untuk jailbreak.

Bagi mereka yang memiliki iPhone 6s, 6s Plus, iPad Pro atau iPhone SE, ikuti petunjuk berikut untuk jailbreak perangkat iOS Anda yang menjalankan iOS 10.2.

Langkah 1: Unduh Yalu dan Cydia Impcator

Langkah pertama adalah mendownload tools yang dibutuhkan. Anda bisa mendownload Yalu Jailbreak IPA untuk iOS 10.2 (bernama yalu102_alpha.ipa), dan Cydia Impactor yang sesuai (Mac, Windows , Linux) melalui link dibawah.

  • https://yalu.qwertyoruiop.com (yalu102_alpha.ipa)
  • http://www.cydiaimpactor.com (Cydia Impactor)

Langkah 2: Unzip Cydia Impactor

Unzip atau Ekstrak file Cydia Impactor yang Anda download di atas, dan jalankan.

Langkah 3: Hubungkan iPhone ke PC

Setelah Cydia Impactor berjalan, sambungkan perangkat iOS yang ingin Anda jailbreak ke Mac / PC Anda menggunakan kabel USB Lighting yang disediakan. Tahap ini biasanya secara otomatis akan mengenali perangkat Anda pada aplikasi Cydia Impactor.

Langkah 4: Install File ipa ke iPhone

Setelah perangkat iOS Anda terhubung, seret/drag file ipa ke aplikasi Cydia Impactor, klik tombol ‘Start’ dan klik ‘OK’ saat Apple Developer Warning muncul.

Langkah 5: Masuk ke ID Apple

Langkah selanjutnya adalah sign-in atau masuk menggunakan ID Apple Pengembang memastikan pengguna bahwa informasinya hanya digunakan untuk menandatangani aplikasi dan tidak lebih, namun mereka yang ingin lebih aman dapat memilih ID Apple sekunder.

Intinya, masukan alamat email Apple ID Anda, klik ‘OK’, lalu masukkan kata sandi Apple ID Anda dan klik ‘OK’.

Langkah 6: Mulai Flashing File Jalbreak

Cydia Impactor kemudian akan secara otomatis mempersiapkan semuanya berdasarkan masukan Anda, dan memberikan otoritas file IPA. Jika semuanya berjalan dengan baik, aplikasi Yalu kemudian akan terinstal di perangkat iOS Anda.

BACA JUGA  Cara Mengubah Tampilan WhatsApp Android Menjadi Seperti iPhone

Langkah 7: Izinkan Aplikasi di iPhone

Pada perangkat iOS Anda, buka menu Settings dan pilih General -> Profiles & Device Management. Ketuk profil yang sebagai ID Apple yang Anda masukan menggunakan sama pada aplikasi Cydia Impactor dan pastikan Anda memberikan akses dengan menekan tombol “Trust”.

Langkah 8: Buka Aplikasi Yalu

Buka aplikasi Yalu yang baru Anda pasang (diberi label yalu102) pada perangkat iOS Anda dan tekan tombol Go untuk memulai jailbreak.

Tunggu saat muatan jailbreak disuntikkan ke perangkat Proses ini mungkin memerlukan beberapa waktu, dan penting bagi Anda untuk tidak menyentuh perangkat iOS Anda selama proses ini. Layar akan menjadi putih, lalu akan reboot setelah jailbreak selesai.

Langkah 9: Restart iPhone dan Selesai

Setelah perangkat di-restart, Anda akan melihat Cydia muncul di layar Utam Jadi silahkan membuka aplikasi itu dan mulai menginstal aplikasi jailbreak favorit Anda yang tidak Anda dapatkan di App Store.

Karena jailbreak hanya semi-tethered, maka Anda harus menjalankan kembali aplikasi Yalu setiap kali Anda me-restart perangkat Anda untuk melakukan jailbreak ulang.

Cara Jailbreak iPhone atau iPad iOS 9.2 – iOS 9.3.3

Proses jailbreak pada perangkat dengan iOS antara 9.2 – 9.3.3 mungkin harus menggunakan metode lain. Jika pada iOS 10 pengguna menggunakan Yalu, maka lain halnya pada iOS 9.2 – 9.3.3 yang dimana mereka menggunakan Pangu.

Namun hampir sama yaitu dengan tetap menggunakan Cydia Impactor. Maka Anda tetap menggunakan komputer untuk melakukan instalasi Pangu di perangkat Anda.

Perbedaan lainnya yang cukup merepotkan adalah keharusan pengguna untuk menginstal ulang aplikasi Pangu di perangkat iOS mereka setiap seminggu sekali jika mereka menggunakan ID Apple standar (Bukan Akun Pengembang Apple).

Mereka yang menggunakan akun pengembang memiliki kesepakatan yang lebih baik, karena mereka hanya perlu melakukan ini setahun sekali. Selain itu, Anda harus menonaktifkan Touch ID / Passcode di perangkat Anda. Namun setelah proses selesai Anda dapat mengaktifkannya kembali.

Jadi, tanpa basa-basi lagi, berikut ini cara jailbreak iPhone atau iPad Anda yang menjalankan iOS 9.2 – iOS 9.3.3.

Langkah 1: Download Pangu dan Cydia Impactor

Langkah pertama adalah mendownload tool yang dibutuhkan. Anda dapat mendownload aplikasi Pangu (untuk dipasang di perangkat iOS Anda) dan Cydia Impactor (Mac, Windows, dll) melalui link dibawah.

  • http://pangu.io
  • http://www.cydiaimpactor.com (Cydia Impactor)

Unzip file Cydia Impactor yang Anda download di atas, dan jalankan.

Langkah 2: Hubungkan iPhone ke PC

Setelah Cydia Impactor berjalan, sambungkan perangkat iOS yang ingin Anda jailbreak ke Mac / PC Anda.

Langkah 3: Install File ipa ke iPhone

Setelah perangkat iOS Anda terhubung, seret/drag file 0.ipa (aplikasi Pangu) ke aplikasi Cydia Impactor , klik tombol ‘ Start ‘ dan klik ‘ OK ‘ saat Apple Developer Warning muncul.

Langkah 4: Masuk ke ID Apple Anda

Langkah selanjutnya adalah masuk ke aplikasi menggunakan ID Apple. Pengembang aplikasi hanya memastikan pengguna bahwa informasinya hanya digunakan untuk menandatangani aplikasi dan tidak lebih.

Namun mereka yang ingin lebih aman dapat memilih ID Apple sekunder. Pokoknya, masukan alamat email Apple ID Anda, klik “OK”, lalu masukkan kata sandi Apple ID Anda dan klik “OK”.

Langkah 5: Mulai Flashing File Root

Cydia Impactor kemudian akan secara otomatis mempersiapkan semuanya berdasarkan masukan Anda, dan memalakukan otoritas terhadap file IPA tersebut. Jika semuanya berjalan dengan baik, aplikasi akan terpasang secara otomatis di perangkat iOS Anda.

BACA JUGA  Cara Mendapatkan Spotify Premium Secara Gratis Di iOS iPhone/iPad

Langkah 6: Berikan Akses Aplikasi

Pada perangkat Anda, buka menu Settings dan pilih General -> Device Management (pada iOS 9.3.3) atau General -> Profile (pada iOS 9.3.2 dan yang lebih rendah).

Ketuk profil yang bernama sebagai ID Apple yang Anda masukan pada aplikasi Cydia Impactor dan pastikan Anda menetapkan “Trust”.

Langkah 7: Buka Aplikasi Pangu

Buka aplikasi Pangu yang baru dipasang di perangkat iOS Anda dan biarkan aplikasi mengirim notifikasi (Anda akan melihat pop-up tidak lama setelah membuka aplikasi untuk pertama kalinya). Cukup tekan tombol START untuk memulai jailbreak, dan segera kunci perangkat dengan menekan tombol power perangkat Anda.

Langkah 8: Mulai  Proses Jailbreak

Tunggu saat jailbreak payload disuntikkan ke perangkat Proses ini mungkin memakan waktu lama. Setelah selesai, Anda akan menerima pemberitahuan di layar kunci bahwa jailbreak telah berhasil, diikuti dengan respring perangkat.

Langkah 9: Selesai

Setelah melakukannya, Anda akan melihat Cydia muncul di layar Utam Silahkan membuka aplikasi dan mulai menginstal aplikasi jailbreak favorit Anda.

Seperti disebutkan di atas, pengguna perlu mengikuti langkah 8-10 untuk kembali jailbreak perangkat mereka setiap kali restart. Pengguna juga perlu melakukan proses yang lengkap lagi setiap 7 hari jika menggunakan Apple ID standar.

Cara Jailbreak iPhone atau iPad iOS 9.0 – 9.0.2

Hanya beberapa hari setelah peluncuran iOS 9, tim Pangu mengumumkan bahwa mereka telah menghentikan perangkat lunak tersebut dan melepaskannya ke publik. Tim Pangu pertama kali muncul kembali pada tahun 2014, menawarkan jailbreak untethered untuk perangkat yang menjalankan iOS 7.1 – orang pada awalnya curiga terhadap kelompok yang tidak diketahui yang merilis sebuah jailbreak, namun utilitas tersebut diuji dan diberi jempol oleh pakar teknologi.

Mereka kemudian merilis jailbreak untuk iOS 8 hanya dua hari setelah diluncurkan oleh Apple, membuatnya menjadi rilis tercepat untuk jailbreak  dan tampaknya mereka mengikuti pola yang sama dengan iOS 9.

Pangu 9 akan memasang jailbreak iPhone, iPads dan iPod Touch yang berjalan baik iOS 9.0, iOS 9.0.1 atau iOS 9.0.2 . Pengguna yang menjalankan iOS 9.1 harus mendownload versi Pangu yang berbeda untuk iOS 9.1, namun petunjuk di bawah masih berlaku.

Mereka yang menjalankan iOS 9.2 atau yang lebih baru kurang beruntung untuk saat ini. Sebab perangkat lunak terbaru Apple tetap tidak ada bandingannya. Jailbreak Pangu 9 kompatibel dengan perangkat iOS berikut:

  • IPhone 6, iPhone 6s Plus, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 5s, iPhone 5c, iPhone 5, dan iPhone 4s.
  • IPad 4, iPad 3, iPad 2, iPad mini 4, iPad mini 3, iPad mini 2, iPad mini 1, iPad Air 2, dan iPad Air 1.
  • IPod touch 6, dan iPod touch 5.

Jadi, inilah cara jailbreak iPhone, iPad atau iPod Touch Anda yang menjalankan iOS 9:

Langkah 1: Membuat Cadangan

Pertama buatlah Backup/Cadangan untuk perangkat Anda. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan backup iPhone atau iPad Anda baik melalui iTunes atau iCloud untuk memastikan data Anda aman dan benar-benar.

Meskipun Pangu 9 telah diacungi jempol oleh banyak pengguna, namun masih ada risiko bahwa ada sesuatu yang salah selama pemasangan yang mengharuskan Anda menyetel ulang perangkat sepenuhnya. Lebih baik aman daripada menyesal!

Langkah 2: Unduh Software Jailbreak

Langkah kedua adalah mendownload software jailbreak, Pangu 9 melalui link dibawah. Juga, pastikan Anda menginstal iTunes (Anda tidak akan benar-benar menggunakannya, namun file yang terinstal diperlukan).

  • http://www.downloadpangu.org/pangu-9-mac.html (Macintosh)
  • http://dl.pangu.25pp.com/jb/Pangu9_v1.0.1.exe (Windows)
BACA JUGA  Cara Bermain PlayerUnknown's Battlegrounds di Android dan iOS

Langkah 3: Nonaktifkan Fitur Find My iPhone

Nonaktifkan Find my iPhone, Touch ID, dan Passcode. Agar berhasil menyelesaikan jailbreak, pengguna harus terlebih dahulu menonaktifkan Find my iPhone, Touch ID, dan Passcode.

Langkah 4: Jalankan Pangu 9

Jalankan Pangu 9. Setelah Anda mencadangkan perangkat iOS Anda, nonaktifkan fitur Find my iPhone, Touch ID dan Passcode, sekarang saatnya jailbreak iPhone Anda. Pada PC Anda, klik kanan file .exe dan klik “Run as administrator”.

Buka aplikasi dengan mengklik ganda mungkin akan membuat beberapa masalah di telepon dengan izin, sehingga menjalankan aplikasi sebagai Administrator diharuskan dalam tahap Pengguna Mac dapat membuka aplikasi seperti biasanya.

Langkah 5: Hubungkan iPhone ke PC

Hubungkan perangkat iOS Anda ke Mac / PC Anda. Colokkan perangkat iOS Anda ke Mac / PC setelah Anda membuka Pangu 9, dan perangkat Anda akan terdeteksi secara otomatis oleh perangkat lunak Pangu. Setelah perangkat Anda terdeteksi, cukup tekan “Start” untuk memulai proses jailbreak.

Langkah 6: Aktifkan Mode Pesawat

Aktifkan Airplane Mode. Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan proses jailbreak. Anda tidak perlu melakukan terlalu banyak tahap selain kadang-kadang membuka perangkat iOS Anda dan mengkatifkan mode Pesawat, yang dapat dilakukan melalui Control Center (Slide dari bagian bawah layar) atau melalui Settings.

Langkah 7: Mulai Proses Jailbreak

Perangkat iOS Anda akan di-reboot. Begitu Anda melihat “Jailbreak completed” di aplikasi Pangu 9, perangkat Anda akan me-reboot dan menampilkan Cydia, ‘app store’, di layar utama perangkat Anda.

Langkah 8: Install Aplikasi Jailbreak Sesuka Hati

Buka Cydia dan download aplikasi yang Anda inginkan. Cukup ketuk ikon Cydia di layar utama Anda untuk membuka dan mengkonfigurasi aplikasi.

Tahap ini hanya akan memakan waktu beberapa detik. Setelah selesai, Anda bebas mendownload dan menginstal berbagai aplikasi yang ditawarkan oleh komunitas Cydia dan jailbreak.

Peringatan: Waspadalah terhadap tweak dan aplikasi yang Anda pasang dari Cydia. Sebab beberapa mungkin belum kompatibel dengan iOS 9 dan dapat menyebabkan ponsel Anda menjadi bug atau bermasalah. Anda dapat menemukan daftar aplikasi jailbreak iOS 9 yang kompatibel & tweak pada laman berikut:

  • http://www.ios9cydia.com/compatible-apps.html

Jika, ketika Anda membuka Pangu 9 Anda disambut dengan kesalahan berulang kali. Jangan khawatir, sebab ada kemungkinkan masalah kecil yang menjadi penyebabnya. Pertama-tama, pastikan Anda menginstal iTunes karena kesalahannya dapat muncul saat aplikasi tidak dapat menemukan file yang dibutuhkan.

Jika Anda menginstal iTunes dan masih menampilkan kesalahan, solusi memerlukan sedikit usaha seperti yang diuraikan dibawah.

Anda perlu menghapus iTunes di komputer Anda dan konten terkaitnya dengan urutan sebagai berikut:

  • ITunes
  • Apple Software Update
  • Apple Mobile Device Support
  • Bonjour
  • Apple Application Support

Setelah Anda menghapus iTunes dan konten terkaitnya dan memuat ulang komputer Anda, saatnya untuk menginstal kembali melalui situs resmi Apple (https://www.apple.com/id/itunes/download). Setelah terinstal, jalankan Pangu 9 lagi dan kali ini, Anda harusnya bisa melewati proses tanpa mengalami error lagi.