Cara Download & Install iOS 11

Diposting pada

Apple telah memperkenalkan sistem operasi mobile terbaru mereka untuk iPad, iPhone, dan iPod touch pada perhelatan WWDC 5 Juni 2017 kemarin. Sistem operasi itu adalah iOS 11 dengan segudang fitur baru yang keren untuk dicoba.

Secara resmi, iOS 11 tidak akan dirilis umum hingga September mendatang. Namun siapa pun yang ingin mencobanya sebelum september, itu bisa saja.

Mereka dapat melakukannya dengan mengubah akun Apple mereka menjadi pengembang/Developer atau melalui Program Beta iOS Apple yang terbuka untuk siapa saja yang memiliki perangkat yang didukung.

Versi Beta publik baru saja dibuka untuk semua pengguna perangkat Apple Gadget pada tanggal 26 Juni, jadi Anda seharusnya tidak memiliki masalah saat penerapan, bahkan Anda tidak perlu mengubah jenis akun apple Anda ke jenis pengembang.

Buat Cadangan /Backup

Sebelum Anda memulai, ada baiknya Anda memastikan untuk membuat cadangan versi iOS Anda saat ini baik melalui iCloud atau iTunes. Disarankan melalui penerapan yang terakhir karena Anda dapat dengan mudah mengarsipkan cadangan sehingga pada saat Anda menyinkronkan, tidak akan menimpa cadangan Anda.

Setelah mencadangkan iTunes, cukup masuk ke iTunes -> Preferences di menu bar, lalu tekan tab Devices. Anda akan melihat daftar cadangan Anda terdaftar, lalu klik kanan daftar cadangan itu dan pilih “Archive” untuk menetapkannya.

Jika Anda berencana untuk mengharapkan jailbreak untuk versi iOS 10 yang Anda gunakan saat ini, namun tetap ingin mencoba iOS 11, Anda harus mencadangkan melalui SHSH2 Anda.

Perangkat Yang Mendukung iOS 11

Sistem operasi mobile baru oleh Apple kompatibel dengan iPhone 5S dan yang lebih tinggi, serta …

  • IPhone 5S, SE, 6, 6 Plus, 6S, 6S Plus, 7, 7 Plus
  • IPad Air, Air 2, mini 2, mini 3, mini 4, Pro (12,9 inci … kedua generasu), Pro (9,7 inci), iPad (9,7 inci), Pro (10,5 inci)
  • IPod touch (gen ke-6)
BACA JUGA  Cara Mendapatkan Aplikasi Berbayar di iPhone Secara Gratis

Cara Download & Install iOS 11

Ketahuilah bahwa iOS 11 akan rilis resmi sekitar tanggal 19 september 2017 ini. Jadi, jika Anda lebih yakin untuk menginstallnya secara otomatis dari iPhone Anda. Maka Anda cukup membuka Setting -> General -> “Software Update”. Kemudian lakukan instalasi dengan mudah.

Install iOS 11 GM (Golden Master)

File ini terbilang cukup besar (paling banyak 2,5 GB), sehingga diharapkan Anda dapat meluangkan waktu untuk mendownloadnya. Selebihnya dibawah adalah perangkat yang mendukung iOS 11 GM beserta link unduh file iOS 11 tersebut:

Setelah mengunduh file iOS 11 diatas, maka cukup mudah untuk memperbarui perangkat iPhone atau iOS ke edisi GM iOS 11. Metode ini tidak akan menghapus semua foto, video, data, dll., Hanya memperbaharui Anda ke iOS 11 GM.

  1. Buka iTunes di Mac Anda dan pastikan sudah up to date (versi 12.6.2.20).
  2. Sambungkan perangkat iOS ke Mac Anda dengan kabel fungsional (lighting). Jika Anda tidak menggunakan kabel berkualitas baik, Anda mungkin menerima kode kesalahan atau penginstalan mungkin tidak lengkap.
  3. Pilih “Trust” di komputer dan ikuti perintah di iTunes dan perangkat iOS Anda. Anda mungkin perlu memasukkan passcode Anda.
  4. Pilih perangkat iOS di iTunes saat muncul.
  5. Cadangkan/Backup iPhone Anda dengan iTunes ( atau iCloud ) jika Anda belum melakukannya. Jika Anda memiliki data aplikasi Health dari perangkat iOS atau Apple Watch, Anda harus membuat cadangan terenkripsi untuk menyimpan data tersebut. Selain itu, pastikan untuk membuat arsip cadangan iOS 10.
  6. Tahan tombol Option dan klik tombol “Check for Update” di iTunes.
  7. Pilih restore image yang anda download diatas, lalu klik “Open” untuk mulai menginstalnya.
  8. Tunggu sampai iTunes melakukan fungsinya. Perangkat Anda akan reboot dan silahkan Anda aktifkan perangkat Anda dan mengikuti petunjuk di layar untuk menginstallnya.
BACA JUGA  Cara Mengubah Tampilan WhatsApp Android Menjadi Seperti iPhone

Install iOS 11 Versi Beta

Untuk mendapatkan versi beta iOS 11 di iPhone Anda, Anda harus mendaftar dulu di Program Perangkat Lunak Apple Beta, lalu ikuti tahapan yang tersedia.

Beta publik baru saja dibuka pada 26 Juni, jadi Anda tidak perlu lagi menunggu! Jika Anda menggunakan Akun Apple jenis pengembang, lihat bagian berikutnya untuk mendownload iOS 11 versi dev beta.

  1. Di iPhone Anda, kunjungi beta.apple.com
  2. Tekan tombol “Sign Up”.
  3. Masuk menggunakan ID dan kata sandi Apple Anda.
  4. Setujui persyaratannya.
  5. Buat cadangan iOS 10 yang diarsipkan jika Anda belum melakukannya.
  6. Daftarkan perangkat Anda di beta.apple.com/profile .
  7. Setelah siap, tekan tombol “Download profil”.
  8. Ketuk “Install” saat layar Install Profile terbuka pada iPhone Anda.
  9. Masukkan passcode atau password anda untuk melanjutkan.
  10. Ketuk “Install” sekali lagi di layar Consent, lalu “Install” pada popup untuk menyelesaikannya.
  11. Restart mungkin diperlukan untuk melanjutkan, jadi lakukanlah kapan pun Anda siap.
  12. Buka Settings -> General -> Software Update untuk menyelesaikan download dan menginstal iOS 11.

Install iOS 11 Versi Pengembang (Developer)

Jika Anda memiliki akun pengembang berbayar, Anda bisa mendapatkan pembaruan beta iOS 11 sebelum pengguna biasa dapatkan.

Berikut cara menginstall iOS 11 versi pengembang:

  1. Colokkan iPhone Anda ke dalam keadaan charging/cas dan hubungkan ke Wi-Fi.
  2. Di iPhone Anda, masuk dengan akun pengembang Anda di developers.apple.com/download
  3. Klik tautan “Unduh” di samping iOS 11 beta.
  4. IPhone Anda akan meminta Anda untuk menginstal profil beta … tekan “Install” dan ikuti perintahnya.
  5. Anda harus melakukan restart setelah instalasi hampir selesai. jadi pilih saat prompt muncul.
  6. Setelah memasang profil pengembang iOS 11, Anda dapat memeriksa bagian “Software Update” di menu settings untuk menginstal versi terbaru.
BACA JUGA  Cara Menyembunyikan Foto dan Video di iPhone

Setelah Anda menginstall versi ios terbaru ini di iPhone Anda, kini Anda dapat memperbaharui aplikasi atau fungsi yang dibutuhkan. Namun jika Anda tidak suka dengan versi iOS ini dan memikirkan untuk beralih ke iOS 10, maka silahkan menyimak artikel woiden mengenai “cara downgrade iOS 11 ke iOS 10“.