Demonetisasi sudah mulai mewabah secara meluas di seluruh dunia, terkhusus di Indonesia. Penggunaan uang secara fisik semakin hari mulai dapat tergantikan dengan banyaknya kehadiran aplikasi pembayaran melalui metode uang digital. Beberapa ternama seperti T-Cash, Go-Pay, Ovo, E-Money, dan lainnya.

Memang nyatanya penggunaan uang digital ini memberikan dampak baik, karena dianggap lebih efisien dalam penggunaanya. Seseorang tidak perlu lagi menyiapkan uang kembalian ataupun uang secara fisik untuk melakukan berbagai transaksi. Sehingga ini lebih cepat dalam penggunaanya, terlebih penggunaan uang digital semakin didukung oleh berbagai outlet, toko-toko, atau gerai yang mendukung pembayaran melalui uang digital.

Oleh karena penggunaanya yang diakui secara meluas, kini banyak startup atau perusahaan-perusahaan digital yang kian pula menciptakan aplikasi pembayaran digital mereka. Berbagai fitur dan tawaran serta promo menarik terus diluncurkan, demi memikat para calon konsumen mereka.

Nah tidak ketinggalan pula, Google juga mulai meluncurkan aplikasi pembayaran digital mereka yang disebut dengan Google Tez. Aplikasi ini masih tergolong baru dibanding dengan aplikasi pembayaran digital lainnya sudah lebih dulu ada dan namanya cukup ternama. Terlebih Google Tez masih dalam tahap pengembangan signfikan untuk tahun 2018 ini, sehingga masih ada beberapa keterbatasan yang mungkin akan dialami ketika baru menggunakan.

Namun secara pengembangan yang dilakukan serta fitur dan fungsi yang digunakan. Terlihat aplikasi ini memang siap dan matang untuk berkompetisi dengan aplikasi uang digital atau pembayaran digital lainnya.

Hal lainnya yang perlu Anda ketahui bahwa aplikasi ini dasarnya menggunakan tampilan UPI yang diluncurkan oleh National Payment Corporation of India (NPCI). Tidak lain merupakan organisasi system pembayaran ritel terbesar di India. Tidak heran mengapa dukungan aplikasi ini terlihat lebih cenderung untuk user Negara India untuk saat ini.

Namun diluar dari itu semua, aplikasi ini cukup mudah untuk digunakan. Anda bahkan tidak harus menautkan rekening tabungan Anda untuk dapat menggunakan aplikasi ini. Lebih detailnya seperti yang dijelaskan berikut ini:

Cara Install dan Mengatur Aplikasi Google Tez

Google Tez secara resmi telah diluncurkan dan dapat di unduh secara gratis melalui aplikasi toko Google Play Store. Jadi, cukup arahkan ke tautan google play store berikut untuk mulai mengunduh aplikasinya:

  • https://woiden.com/go/aZd5gA

Saat Anda pertama kali membuka aplikasi tersebut, Anda mungkin diminta untuk memilh bahasa yang ingin Anda gunakan. Aplikasi ini mendukung bahasa Inggris secara bawaan atau default. Namun Tez memiliki ketersediaan bahasa lainnya.

Setelah memilih bahasa yang ingin digunakan, masukan nomor telepon Anda. Pastikan bahwa nomor telepon tersebut dapat menerima pesan singkat atau SMS nantinya. Nomor telepon inilah yang nantinya jgua digunakan sebagai nomor atau alamat rekening Google Tez Anda. Jadi pastikan nomor telepon Anda benar-benar tepat dan aman untuk kedepannya.

Kemudian ketuk “Continue” hingga aplikasi mengirimkan pesan singkat atau SMS berupa kode otentikasi ke nomor telepon atau handphone Anda. Anda juga perlu memberikan izin untuk memungkinkan aplikasi dapat mengakses kontak Anda. Sehingga aplikasi ini dapat mengidentifikasi teman kontak Anda yang juga menggunakan aplikasi Tez.

Kemudian tautkan akun Google Anda. Selanjutnya, Anda bisa menambahkan fitur keamanan untuk aplikasi berupa PIN atau sidik jari agar seseorang tidak mudah mengakses aplikasi Anda untuk hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara Menautkan Rekening Bank Ke Google Tez

Selain menggunakan secara bawaan, Anda bisa menambahkan rekening bank Anda dengan mengetuk pilihan “Add Bank Account” dibagian atas layar aplikasi. Aplikasi ini mendukung lebih dari 60 daftar bank yang tersedia. Namun sayangnya aplikasi ini tidak mendukung semua bank Indonesia.

Setelah memilih rekening bank, sebuah pesan singkat akan dikirim ke nomor telepon Anda sebagai verifikasi. Namun jika Anda sudah melakukan pengauran UPI ID, maka Anda hanya perlu memasukan PIN UPI Anda seperti pada pengaturan diawal sebelumnya. Selain menambahkan rekening, Anda juga harus menambahkan detail kartu debit Anda untuk dihubungkan ke akun aplikasi Anda.

Setelah semuanya selesai, Anda sudah dapa menggunakan aplikasi sepenuhnya. Aplikasi ini bisa Anda manfaatkan untuk menerima bayaran maupun melakukan pembayaran. Sehingga ini cukup efisien ketika Anda ingin menerima bayaran dari hasil kerja online atau digital Anda yang mungkin client Anda mendukung pembayaran metode tersebut.

Sayangya aplikasi ini  belum banyak didukung oleh outlet di Indonesia, bahkan cenderung jarang. Entah bagaimana kedepannya. Namun diluar itu semua, aplikasi ini cukup berguna untuk kepentingan tertentu.