Sebagai perangkat mobile yang diklaim canggih, iPhone tentu tidak serta merta lepas dari kesalahan sistem operasi atau software. Dari kesalahan sistem yang tergolong berat maupun ringan, seperti terjadinya stuck saat tengah menggunakan perangkat tersebut.

Kesalahan seperti ini tidaklah sering dialami namun ada kala mungkin terjadi di iPhone dan tentu ini bukanlah masalah berat. Stuck mungkin bisa saja juga terjadi di smartphone apapun lainnya. Stuck yang dialami di iPhone biasanya akan membuat perangkat tidak dapat digunakan seketika dengan kata lain diam dengan layar yang sama tanpa dapat diberi respon apapun.

Solusi yang umum dilakukan ketika mengalami kesalahan stuck seperti ini adalah dengan me-restart perangkat secara paksa atau force restart. Ini akan memuat ulang software yang kemungkinan akan menutup semua aplikasi dan perintah yang kemungkinan menjadi penyebab terjadinya kesalahan ini.

Untuk merestart smartphone biasanya dilakukan dengan menekan beberapa tombol fisik tertentu dari perangkat secara bersamaan atau dengan melepas dan memasang kembali baterai. Namun karena dalam kasus ini terjadi pada iPhone yang dimana perangkat ini tidak dapat melakukan itu. Maka cara pertama dengan menekan beberapa tombol fisik tertentu adalah solusinya.

Lebih rincinya silahkan menyimak penerapan dibawah ini:

Cara Force Restart iPhone X dan iPhone 8/8 Plus

Setiap perangkat pembaharuan iPhone itu biasanya melakukan perubahaan letak tombol fisik yang berfungsi untuk melakukan force restart. Termasuk pada pembaharuan iPhone X dan 8 terbaru di tahun 2017 ini.

Untuk melihat pilihan “slide to power off”, Anda harus melangkah ke Setelan atau Settings untuk mengakses tombol “Shut Down” atau dengan menekan tombol Side (tombol kunci) dan juga Volume Atas dan Bawah bersamaan selama kurang lebih 10 detik seperti gambar dibawah ini:

Setelah itu iPhone akan me-restart perangkat ditandai dengan munculnya logo Apple dilayar hingga beralih ke home screen perangkat Anda kembali. Pada kebanyakan kasus, cara ini ampuh untuk mengatasi stuck pada perangkat smartphone dan iphone pada khususnya.

Sebagai informasi bahwa langkah restart paksa di iPhone X ini serupa dengan iPhone 8 dan 8 Plus saat ini. Mengingat kedua iPhone dirilis dan dikembangkan diwaktu yang tidak terlampau jauh.

Mungkin itu saja yang dapat disampaikan, selebihnya jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia dibawah ini.