Cara Install Ulang (Flashing) Samsung Galaxy Tablet 2.7.0 GT-P3100

Diposting pada

Install ulang atau flashing Samsung Tab 2.7.0 GT-P3100 merupakan hal yang tidaklah sulit untuk dilakukan. Bahkan seseorang yang tidak mahir pengoperasian perangkat keras pun bisa melakukan hal ini.

Samsung Galaxy Tablet P3100 ini merupakan salah satu gadget jenis tablet yang penggunanya cukup banyak. Tidak hanya di Indonesia, melainkan varian tab ini juga tersedia di beberapa negara lainnya. Bahkan beberapa perangkat yang biasa ditemukan di Indonesia sendiri, sebagian merupakan produksi Vietnam dan china.

Kepopulerannya tidak lain karena harganya yang tidak mahal dengan spesifikasi dan kualitas yang tidak murahan. Itulah mengapa tab ini cukup banyak diminati. Namun masalah umumnya adalah kegagalan os yang mudah sekali dialami.

Untungnya ada banyak cara yang mudah dilakukan untuk flashing tab ini ketika terjadi kegagalan os. Lebih detailnya seperti yang diuraikan dibawah ini:

Langkah Flashing Samsung Tablet 2.7.0 GT-P3100

Pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menyiapkan semua perangkat lunak yang dibutuhkan, termasuk firmware yang akan digunakan untuk melakukan instalasi ulang. Semua itu bisa Anda unduh dari komputer Anda melalui tautan dibawah ini:

  • Odin: http://odindownload.com/Samsung-Odin/
  • Firmware: http://infogadget.club/firmware-samsung-tab-2-p3100-region-indonesia-xse/
  • USB Driver: http://developer.samsung.com/galaxy/others/android-usb-driver-for-windows

Catatan: Tahapan ini membutuhkan perangkat komputer sebagai alat untuk melakukan flashing ke perangkat Samsung tablet Anda. Selain itu USB Driver hanya digunakan ketika komputer Anda tidak dapat menginstall driver secara otomatis saat Anda menghubungkan tablet Anda melalui USB.

Persiapkan Kebutuhan Flashing

Setelah Anda telah mengunduh semuanya, silahkan Anda extract file Odin dan file Firmware yang kemungkinan Anda unduh masih dalam format zip.

Install USB Driver untuk memungkinkan Samsung tab Anda dapat terbaca dengan baik di komputer nantinya.

BACA JUGA  Cara Mengubah File PDF Ke PPT Dari HP Android dan iPhone

Jangan lupa untuk menyimpan file firmware Samsung tab ke folder di komputer yang mudah Anda temukan nantinya. File firmware ini memiliki format setelah Anda extract memiliki format “.md5” yang umumnya digunakan untuk melakukan flashing pada tipe perangkat ini.

Setelah persiapan dirasa cukup. Selanjutnya buatlah Samsung tab Anda ke dalam “Odin Mode/Download”. Lebih detailnya sebagai berikut:

Masuk Dalam Download Mode Odin Samsung Tab 2 GT-P3100

Untuk masuk kedalam mode odin, pertama buatlah Samsung dalam keadaan off. Saat tab anda sudah dalam keadaan off, tekan secara bersamaan dan tahan tombol “Power + Volume Rendah” sampai Anda mendapatkan melihat dilayar tab Anda yang menampilkan pesan “Warning”.

Setelah Anda melihat pesan peringatan ini, tekan tombol “Volume Tinggi”. Sesaat Anda akan dialihkan ke mode Odin yang dimana Anda siap untuk menghubungkan perangkat tab Anda ke komputer menggunakan kabel USB.

Mulai Flashing Samsung Galaxy Tab 2.7.0 GT-P3100

Disaat dimana tab Anda masih dalam mode odin. Silahkan Anda hubungkan tab Anda ke komputer menggunakan kabel usb.

Selanjutnya buka file Odin (.exe) dalam folder yang telah Anda extract sebelumnya saat persiapan. Saat jendela Odin terbuka di komputer Anda, pastikan bahwa tab Anda terbaca di Odin yang ditandai dengan adanya indikator bertuliskan “port ID:COM” seperti gambar dibawah ini:

Kemudian klik tombol “AP” dalam jendela Odin ini. Anda akan dialihkan dimana untuk memilih file firmware yang telah Anda siapkan. Maka silahkan pilih firmware tab Anda melalui jendela yang muncul. Firmware instalasi memiliki format md5, maka cari file flashing yang terkait.

Setelah Anda memilih file firmware flashing, pada jendela odin, centang kolom kotak kecil disamping tombol “AP”. Seperti gambar dibawah ini:

BACA JUGA  3 Cara Unlock GSM Semua Operator Android dan iPhone

Setelah itu, Anda hanya perlu menekan tombol “Start” untuk mulai flashing file firmware ke perangkat tab Anda. Tunggu hingga proses selesai ditandai dengan log yang bertuliskan “<OSM> All threads completed. (succeed 1 / failed 0)” di jendela log odin.

Perangkat Anda mungkin akan mengalami restart/reboot untuk menerapkan instalasi ini sepenuhnya. Jadi tunggu saja proses ini dan gunakan perangkat Anda setelah tab Anda hidup kembali.

1 komentar.

Comments are closed.