Cara Membuka File Format .IMG

Diposting pada

File IMG merupakan salah satu format file biner yang menyimpan data mentah sebuah informasi yang tersimpan di hard drive, floppy disk, ataupun optical disc. File img juga biasanya digunakan sebagia format untuk gambar vektor. File ini cukup banyak digunakan karena file ini menyalin data informasi secara sektor persektor dari sumber media dimana kita membuat file tersebut.

Pada dasarnya file ini hampir menyerupai file zip, rar, ataupun 7z yang memungkinkan Anda untuk menggabungkan atau menyimpan banyak file sekaligus dalam satu file saja. File ini juga biasanya digunakan untuk format yang terapkan di media optik seperti CD dan DVD untuk menyimpan media visual audio, namun seiring perkembangan format ini tidak hanya digunakan untuk keperluan audio visual seperti lagu ataupun film. Namun saat ini juga sering digunakan sebagai format file untuk sebuah software atau program di komputer salah satunya seperti game ataupun operating system windows.

Ada beberapa pengguna yang mendapatkan file program untuk operating system dalam format .img. Terkadang ini membingungkan untuk sebagian orang yang mungkin jarang atau belum pernah melihat format file tersebut. Alhasil itu bisa membuat seseorang sulit untuk menginstallnya. Secara bawaan windows, file img akan di bakar/burning saat Anda mencoba membuka filenya. Untungnya file ini tidaklah sejatinya menyulitkan penggunanya untuk menggunakan file tersebut. Ada beberapa cara dan program yang dapat digunakans secara gratis untuk membuka file img di komputer windows dan mac. Lebih detailnya dijelaskan dibawah ini:

Software Kompresi (Windows)

Salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk membuka atau melihat isi dari file img adalah dengan menggunakan software pengarsipan atau kompresi seperti Winrar atau Winzip. Software ini biasanya digunakan untuk membuka atau membuat kompresi file berformat rar, zip, dan 7z. Namun diluar itu, software ini juga bisa bermanfaat untuk Anda gunakan sebagai software ekstrak untuk file img.

BACA JUGA  Cara Membuka Internet Explorer di Windows 10

Caranya sangatlah mudah, Anda hanya perlu mengunduh software winrar atau winzip melalui tautan dibawah kemudian membuka file yang dan memindahkan isi file ke folder yang dinginkan di komputer Anda.

  • https://www.win-rar.com
  • http://www.winzip.com/

PowerISO (Windows)

Perangkat lunak atau software berikutnya adalah PowerISO. Software ini sudah cukup terkenal untuk membuat dan mengekstrak file format iso. Namun file ini juga bisa digunakan untuk mengekstrak file img.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menyeret (drag & drop) file format img yang Anda inginkan ke jendela PowerISO ini, kemudian menekan tombol “Extract”. Ini akan mengekstrak file img yang Anda pilih ke salah satu folder yang Anda inginkan di komputer Anda. Ini akan memudahkan Anda melihat isi dan menginstall file yang didukung langsung di dalam file tersebut.

Jika Anda belum memiliki file PowerISO, Anda bisa membaca artikel woiden dibawah untuk mulai menginstal di komputer Anda:

Burning CD/DVD (Windows/Mac)

Cara paling mudah yang kebanyak perangkat tidak membutuhkan software adalah dengan memburning secara langsung ke CD-RW/DVD kosong yang Anda miliki. Untuk cara ini Anda harus memiliki cd-rom kosong atau dengan kapasitas yang cukup untuk mengeluarkan isi file Anda.

Cd-rw bisa Anda beli dengan harga murah di kios printer, kios fotocopy, toko buku tulis, toko peralatan kantor, dan ditempat lainnya. Tentu ini perlu mudah dan membutuhkan perangkat yang bisa membaca cd-rom itu ke komputer Anda. Jadi pastikan komputer atau laptop Anda memiliki CD-Rom internal ataupun eksternal untuk membaca cd Anda. Setelah semua Anda miliki, Anda hanya perlu membuka file img yang Anda tuju dari komputer windows Anda, dan sebuah jendela burning akan muncul. Anda cukup memilih lokasi direktori folder tempat dimana ingin menyimpan isi filenya, dalam hal ini adalah CD-Rw Anda.

BACA JUGA  Cara Menggunakan Mode Aman (Safe Mode) di Android

ZArchiver (Android)

Cara sederhana lainnya yang bisa anda lakukan di perangkat mobile seperti Android adalah dengan memanfaatkan aplikasi bernama ZArchiver. Aplikasi ini selayaknya aplikasi ES File Explorer atau Root Explorer. Namun aplikasi ini juga mendukung untuk fungsi extract untuk file .img. Sehingga ini bsia memudahkan Anda untuk melihat isi file img secara langsung dari perangkat Android Anda ketika Anda mendapatkannya langsung dari perangkat gadget.

  • https://play.google.com/store/apps/details?id=ru.zdevs.zarchiver

Itulah beberapa langkah singkat yang bisa diuraikan oleh woiden pada artikel kali ini. Sebuah file memiliki peran fungsional penting dan beberapa fungsi itu mungkin mirip atau serupa untuk perangkat berbasis komputer. Jadi jika Anda secara kebetulan bisa membuka file img menggunakan sebuah software yang tidak disebutkan diatas, maka itu bukanlah mustahil. Sebab itu bisa saja terjadi.

Selebihnya jika Anda masih bingung dengan uraian langkah diatas, Anda bisa menanyakan ke kami melalui kolom komentar dibawah.