Dr. Brown’s Specialty Feeding System Teman Si Kecil Berkebutuhan Khusus
Dr. Brown’s Specialty Feeding System Teman Si Kecil Berkebutuhan Khusus

Dr. Brown’s Specialty Feeding System, Teman Si Kecil Berkebutuhan Khusus

Diposting pada

Woiden.com Melahirkan bayi yang sehat dan normal merupakan keinginan seluruh ibu di dunia. Namun, terkadang Tuhan menguji dengan memberikan anugerah berupa si kecil yang memiliki kebutuhan khusus atau difabel. Tak perlu khawatir, Dr. Brown’s Specialty Feeding System siap menjadi teman untuk si kecil, Moms.

Dalam menemani tumbuh kembang si kecil, Dr. Brown’s bekerja sama dengan pakar kesehatan untuk menciptakan botol susu yang cocok untuk bayi bibir sumbing (cleft lip), tongue tie, sertai bayi yang mengalami kelainan pada tulang kepalanya.

Apa Itu Dr. Brown’s Specialty Feeding System?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, specialty feeding system dari Dr. Brown’s merupakan rangkaian botol susu yang didesain khusus oleh pakar kesehatan untuk memenuhi kebutuhan bayi penyandang difabel.

Si kecil yang lahir dengan bibir sumbing biasanya memiliki kesulitan tersendiri ketika sedang dalam proses menyusui. Umumnya, si kecil bisa menyusu secara normal atau dengan bantuan, bergantung pada ukuran celah pada bibir.

Dikutip dari Children’s Hospital Colorado dalam “In Care of Kids”, special feeding system atau teknik menyusui khusus untuk bayi dengan bibir sumbing hampir dibutuhkan, agar lebih aman dan tentunya lebih efisien.

Sedangkan untuk bibir sumbing antara hidung dan mulut (palate), bayi akan lebih susah untuk menyusu jika menggunakan botol susu biasa.

Memang bayi masih bisa menyusu dengan ibu memakai ASI, agar lebih nyaman dan juga merangsang payudara ibu untuk menghasilkan susu. Namun, menyusui dengan ASI saja ternyata tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan makanan si kecil di usia yang masih dini.

Itu karena si kecil biasanya dapat mengeluarkan cairan atau makanan melalui hidung ketika atau setelah menyusu. Oleh karena itu, agar kebutuhan nutrisi si kecil terpenuhi, dibutuhkanlah botol susu khusus untuknya, salah satunya seperti yang dimiliki Dr. Brown’s ini.

BACA JUGA  Trik Menerjemahkan Website Bahasa Asing

Botol susu khusus ini terdiri dari botol dan puting dengan katup khusus berwarna biru yang dinamakan dengan Infant-Paced Feeding Valve. Katup ini terletak di bagian dalam dari dasar puting. Sistem ini nantinya akan membantu mengalirkan cairan ketika si kecil menyusu.

Adapun bagian-bagian botol susu khusus ini terdiri dari:

  • Puting susu
  • Leher tutup botol
  • Penadah atau reservoir
  • Infant paced feeding valve
  • Ventilasi
  • Botol

Cara Merangkai Botol Susu dan Menggunakannya dengan Benar

Setelah mengenal apa yang dimaksud Dr. Brown’s Specialty Feeding System dan juga bagian-bagiannya, selanjutnya adalah bagaimana merangkai bagian-bagian botol susu tersebut dan memberikan susu pada si kecil dengan benar.

1.     Merangkai Bagian Botol Susu

Untuk memasang bagian-bagian botol agar bisa digunakan, berikut caranya:

  • Pasang infant paced feeding valve berwarna biru pada puting atau dot. Pastikan katup tersebut melekat di dasar puting agar tidak bocor.
  • Tekan puting pada leher tutup botol untuk memastikan bahwa puting terpasang sempurna.
  • Pasang reservoir pada ventilasi kemudian pasang pada botol susu. Pastikan ventilasi melekat sempurna pada bagian atas botol.
  • Pasangkan rangkaian puting susu dengan botol susu.
  • Botol siap digunakan.

2.    Menggunakan Botol dengan Benar

Setelah merangkai botol susu dengan benar, selanjutnya Moms bisa mulai menyusui si kecil menggunakan botol tersebut. Dengan cara yang benar, si kecil bisa mendapatkan nutrisi yang cukup untuk kebutuhannya.

Namun sebelumnya, Moms perlu mengenal level puting susu Dr. Brown’s yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan si kecil. Kemampuan menyusu si kecil berbeda-beda, oleh karena itu, Moms juga harus memilih level puting yang berbeda juga.

Botol susu khusus Dr. Brown’s ini menyediakan puting susu dari Ultra-Preemie hingga Level 4. Level ini bisa dilihat pada bagian leher tutup atau di bagian samping puting. Perbedaan level ini bukan bergantung pada kualitas, melainkan ukuran lubang di atas puting.

BACA JUGA  Cara Install File Java .JAR di Android

Ultra-Preemie memiliki lubang puting yang paling kecil, sedangkan Level 4 memiliki lubang yang paling besar. Agar proses menyusui bisa berjalan dengan benar, sebaiknya Moms jangan mengganti level puting sebelum berkonsultasi dengan dokter spesialis.

Berikut cara tepat memberikan susu dengan botol susu khusus Dr. Brown’s:

  • Pilih level puting yang sesuai dengan si kecil.
  • Pastikan bagian atas puting susu sudah berlubang dan bisa mengeluarkan susu, sebelum menyusui.
  • Susu akan mengalir melalui puting saat si kecil mulai menyusu.

Jika si kecil kesulitan menyusu karena puting yang terlalu sempit, Moms bisa memilih level puting yang lebih tinggi agar lebih mudah saat menyusu. Hal ini bisa ditandai dengan proses menyusu yang melebihi waktu 30 menit.

Selain itu, kesulitan menyusu pada si kecil juga bisa ditandai dengan kelelahan saat menyusu atau lama menyusu namun tidak mendapatkan cukup susu dari puting tersebut.

Sebaliknya, jika si kecil mendapatkan susu lebih banyak dari botol tersebut, Moms bisa mengganti puting dengan level yang lebih rendah. Adapun tanda yang bisa diamati dari kelebihan susu ini antara lain si kecil melepaskan puting tersebut ketika menyusu.

Selain itu, si kecil juga gelagapan atau merasa terkejut ketika susu diberikan, batuk, tersedak, atau susu meluap di sisi mulutnya.

Baik kelebihan atau kekurangan saat menyusu dapat membuat si kecil tidak nyaman. Oleh sebab itu, Moms sebaiknya teliti saat hendak memilih level puting yang sesuai.

3.    Posisi yang Tepat saat Menyusui

Kebanyakan bayi dengan bibir sumbing akan dapat menyusu dengan baik ketika mereka berada di posisi duduk yang tegak. Hal ini karena si kecil akan dapat menjaga cairan tidak keluar ke bagian hidung dengan posisi ini.

Usahakan menyusui tidak lebih dari 30 menit dan sudah termasuk memberi jeda si kecil. Jika melebihi 30 menit, si kecil mungkin akan kesusahan dan terlalu banyak menerima kalori. Berikan jeda si kecil untuk membantunya menghirup napas tanpa terganggu karena bibir sumbingnya.

BACA JUGA  Trik Membesarkan Suara Mic Pada Laptop

Cara Membersihkan Botol setelah Digunakan

Botol ini bisa digunakan kembali setelah digunakan dan dibersihkan. Setelah digunakan, botol harus dibersihkan dengan benar menggunakan air panas dan sabun. Pastikan Moms mencuci semua bagian botol supaya bersih dari sisa susu.

Mungkin akan memakan waktu untuk membersihkan bagian kecil, terutama pada ventilasinya. Namun, ini diperlukan agar proses menyusu bayi menjadi lebih nyaman dan efektif. Selain membersihkan dengan air panas dan sabun, botol susu khusus Dr. Brown’s juga perlu disterilkan.

Ada beberapa cara mensterilkan botol susu, yakni dengan Dr. Brown Microwave Steam Sterilizer Bags, Dr. Brown Electric Sterilizer, atau dengan Dr. Brown Microwave Steam Sterilizer (ini berbeda dengan steam sterilizer bags).

Untuk mensterilkannya dengan salah satu dari beberapa cara di atas, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan tangan dan permukaan.

Dengan sistem yang telah dirancang sedemikian rupa oleh para ahli, Dr. Brown’s Specialty Feeding System bisa menjadi solusi bagi Moms yang mengalami kesulitan dalam memberikan nutrisi terbaik bagi si kecil berkebutuhan khusus secara efektif dan tentunya nyaman baginya.