Cara Mengubah Domain Name System (DNS Server) Komputer Windows

Diposting pada

Ketika Anda mengubah DNS server Anda di windows, maka Anda dapat mengubah berbagai nama server yang ingin Anda gunakan di Windows untuk menerjemahkan sebuha nama hosting (misalnya: www.woiden.com) menjadi sebuah alamat IP (misalnya: 208.185.127.80). DNS server terkandang menjadi salah satu penyebab masalah dari akses internet terntentu, misalnya masalah kelambatan akses point, adanya delay request point, ataupun batasan akses. Semua ini berhubungan dengan server domain yang ingin Anda kunjungi. Itulah mengapa terkadang pada jaringan wifi tertentu, yang mungkin pernah Anda alami dapat mengakses suatu website, namun pada website lainnya itu tidak dapat Anda akses di komputer yang sama.

Itu karena sebagian besar komputer dan perangkat yang terhubung ke suatu jaringan lokal melalui DHCP. Maka kemungkinan ada sebuah dns yang secara otomatis terkonfigurasi di komputer windows Anda.

DNS pada dasarnya tidak dianjurkan untuk diubah, sebab setiap ISP yang Anda gunakan itu menyediakan dns secara otomatis dan akan memberikan dampak akses ketika Anda mengubahnya. Namun jika ada masalah tertentu di komputer Anda yang mengharuskan Anda melakukannnya, entah itu karena seperti masalah diatas yang dimana Anda hanya bisa mengakses laman website tertentu ataupun masalah pada koneksi yang mengalami masalah. Maka Anda bisa mencoba untuk menerapkannya. Untuk mengubah DNS di komputer windows Anda bisa melihat pada langkah dibawah ini:

Cara Mengganti DNS Server di PC Windows

  1. Perangkat windows merupakan salah satu perangkat lunak operating system yang banyak digunakan oleh pengguna desktop di seluruh dunia. Jadi kemungkinan penerapan ini juga ditujukan untuk Anda sebagai pengguna windows, termasuk untuk semua jenis dan versi os yang tersedia.
  2. Arahkan ke “Control Panel”. Jika Anda menggunakan Windows 8.1, Anda sebaiknya langsung membuka jendela “Network Connections” dari “Power User Menu”. Kemudian melangkah ke langkah 5 dibawah ini.
  3. Setelah berada di jendela control panel, pilih “Network & Internet”. Bagi pengguna Windows XP, arahkan ke “Network and Internet Connection” -> “Network Connection”. Kemudian melangkah ke langkah 5 dibawah.
  4. Dari jendela network and internet, pilih “Network and Sharing Center”.
  5. Kemudian pilih “Change Adapter Settings” dari menu sebelah kiri layar. Di Windows Vista bertuliskan “Manage network connection”.
  6. Dari jendela ini, Anda akan melihat beberapa driver atau adapter wireless yang sedang terhubung di komputer windows Anda. Jadi klik kanan dari adapter yang Anda gunakan, lalu pilih “Properties”. 
  7. Setelah itu klik dua kali atau pilih “Internet Protocol Version 4”.
  8. Kemudian Pilih “Properties”.
  9. Nah dari jendela ini, anda bisa mengubah dns yang Anda tuju dengan klik menu “Use The Following DNS Server Addresses”.
  10. Kemudian ganti alamat dns sesuai yang Anda inginkan. Ada beberapa dns gratis yang bisa Anda gunakan seperti daftar berikut ini: 
  11. Lakukan hal ini juga seperti pada langkah ke 7 diatas.
  12. Kemudian klik “OK” dan tutup jendela.
BACA JUGA  Cara Mudah Membuka Dua Layar Desktop Sekaligus

Setelah Anda menerapkan sebuah langkah diatas dengan benar. Maka cobalah untuk merestart web browser Anda. Kemudian mencoba untuk mengakses situs website seperti biasanya. Apakah member dampak yang sesuai atau tidak.