Cara Mengkatifkan Dark Mode (Tampilan Gelap) Youtube

Diposting pada

Pada kebanyakan orang, latar belakang berwarna putih dari tampilan Youtube standar itu bukanlah masalah besar. Namun jika Anda berada di ruang gelap atau katakanlah Anda berada di kamar di waktu-waktu hendak tidur dan menyempatkan waktu beberapa menit untuk menonton video di youtube. Maka latar berwarna putih ini mungkin akan terkesan silau, terlebih jika Anda menggunakan kecerahan layar penuh di perangkat Anda.

Bagusnya, Youtube telah menambahkan fitur baru yang disebut dengan Dark Mode. Fitur ini akan merubah warna latar belakang yang biasanya berwarna putih menjadi Gelap atau hitam. Ini cukup baik, selain bagi mereka yang sudah bosan dengan tampilan youtube umumnya. Selain itu ini juga bisa menjaga mata Anda untuk tidak mudah lelah ketika menonton video youtube dalam durasi lama.

Fitur ini bisa Anda aktifkan melalui web browser chrome di Komputer PC ataupun di Aplikasi Android dan iOS. Langkah aktivasinya-pun sangatlah mudah. Anda tidak perlu menginstall atau melakukan penerapan tambahan. Anda cukup mengikuti langkah seperti yang dijelaskan dibawah ini.

Cara Mengaktifkan Dark Mode (Mode Gelap) Youtube di Chrome Komputer PC

Fitur ini sudah beberapa waktu lalu diluncurkan secara resmi untuk pengguna Web browser Chrome di komputer atau laptop. Sehingga Anda bisa sangat mudah untuk mengaktifkannya. Anda hanya perlu masuk ke akun Gmail/Google/Youtube Anda ke situs youtube lebih detailnya seperti langkah berikut:

  1. Arahkan ke tautan https://youtube.com/new
  2. Masuk ke akun Gmail/Youtube Anda.
  3. Dari Tampilan Youtube, ketuk ikon “Profile” Anda
  4. Lalu pilih “Dark Theme:” menjadi ON. 
  5. Begitu juga ketika Anda ingin mengembalikan ke mode sebelumnya.

Ada masalah di beberapa perangkat pengguna yang tidak melihat sama sekali di layar perangkat mereka. Woiden tidak tahu pasti apa penyebabnya, namun jika itu benar-benar terjadi. Anda bisa mencoba alternatif berikut ini:

  1. Pastikan Google Chrome Anda Versi 57 Keatas
  2. Buka Youtube.com
  3. Buka Jendela Developer caranya klik kanan di sembarang tempat lalu pilih “Inspect” atau tekan tombol “Ctrl + Shift + I” dari keyboard Windows, atau “Option + Command + I” di Mac
  4. Alihkan ke “Console”
  5. Ketikkan atau copy teks berikut: document.cookie=”VISITOR_INFO1_LIVE=fPQ4jCL6EiE” dan tekan enter
  6. Tutup jendela developer, kemudian refresh halaman dengan menekan tombol F5 di keyboard atua dengan menekan ikon refresh di samping kolom url browser.
BACA JUGA  Cara Menggunakan Pulsa Monetary Telkomsel

Cara Mengaktifkan Dark Mode (Mode Gelap) Youtube di Android dan iPhone

Bagi pengguna aplikasi youtube di smartphone atau tablet Android dan iPhone/iPad (iOS), Anda bisa mengaktifkan hal serupa dengan cara seperti berikut:

  1. Buka aplikasi youtube
  2. Alihkan ke tab icon “Setelan” atau “Settings”
  3. Gulir ke bawah sampai Anda menemukan pilihan “Dark theme”. Cukup pilih menu ini untuk mengkatifkan dark mode di aplikasi youtube Anda. 

Itulah beberapa langkah mudah untuk mengaktifkan dark mode atau mode gelap di youtube komputer atau aplikasi. Jika Anda masih bingung atau mengalami kesulitan dengan langkah yang dijelaskan, maka silahkan berkomentar dibawah.