Payroll Software adalah salah satu jenis software yang memiliki fungsi mempermudah perusahaan dalam sistem penggajian untuk para karyawan. Dengan adanya payroll software, perusahaan dapat menghitung gaji untuk para karyawan berdasarkan data jam kerja atau absensi yang sudah include dalam sistem. Sehingga sistem akan melakukan penggajian secara otomatis.

Penggunaan payroll software saat ini digandrungi oleh sebagian perusahaan. Hal ini dikarenakan software ini membantu perusahaan menghemat tenaga karyawan, mengurangi pengeluaran dalam menggaji serta meminimalisir kesalahan. Perhitungan gaji menggunakan payroll software dapat terselesaikan dalam waktu yang sangat singkat sehingga memungkinkan HRD dan divisi finansial untuk mengerjakan tugas lainnya dengan produktif.

Payroll software diharuskan memiliki berbagai fitur atau kemampuan untuk menunjang proses penggajian karyawan di suatu perusahaan. Berikut merupakan kemampuan yang harus ada dalam payroll software :

1. Menghitung potongan dan jumlah gaji

Payroll software harus dapat menghitung potongan serta jumlah gaji. Payroll juga harus dapat menyertakan penggantian biaya reimbursement, pengobatan yang tak menggunakan BPJS dan pengeluaran karyawan lainnya secara otomatis. Lalu mengirimkannya ke rekening karyawan.

2. Membuat formulir pajak

Akan sangat menguntungkan bila payroll software yang digunakan oleh perusahaan memiliki fitur perhitungan pajak. Apalagi bila dapat membuat formulir pajak yang nantinya dapat dicetak atau dikirim ke pihak bersangkutan.

3. Menyimpan data secara otomatis dan aman

Menyimpan data secara manual tentu membutuhkan waktu yang lama serta menghabiskan banyak kertas dan tempat penyimpanan. Dengan adanya payroll software, perusahaan akan lebih mudah dalam mengelola data yang ada.

Baca Juga : 5 Software HRD yang Wajib ada Di Divisi HR

4. Dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan

Setiap perusahaan memiliki kebutuhan yang berbeda, sehingga payroll software yang digunakan haruslah sesuai dengan kebutuhan tersebut.  Dengan demikian, perusahaan dapat membuat laporan sesuai kebutuhan yang ada.

5. Self service

Fitur self service dapat memungkinkan karyawan untuk secara langsung mengakses data informasi mengenai jumlah gaji, potongan, waktu kerja, bonus dan lainnya. Fitur ini juga memungkinkan karyawan untuk mengajukan sesuatu secara otomatis tanpa harus membuat surat permohonan kepada HRD.

6. Cloud based software

Dengan adanya basis online, perusahaan dapat mengakses data payroll dan melakukan verifikasi dengan lebih mudah. Selain menggunakan basis website, semua data dalam payroll service dapat disimpan dalam online cloud. Sehingga mudah dalam pengaksesan dan dapat cepat dalam pengolahan data.

Dalam mencari  software payroll,  anda perlu memperhatikan fitur-fitur yang ada serta keunggulan yang ada dalam software tersebut. Dengan demikian, payroll yang Anda pilih tentu sangatlah terjamin kualitasnya. Payroll software yang memiliki kemampuan ini adalah LinovHR. LinovHR diciptakan dengan fitur seperti Tax Calculator, Payment Method di Cloud, Payroll Component, Payroll Data Source, serta Payroll Process yang dapat membantu kelangsungan proses penggajian pada perusahaan Anda. Coba gratis LinovHR sekarang.