Fitur Fotografi dalam smartphone kian berkembang sangat pesat akhir-akhir tahun ini. Ada banyak perubahaan yang sangat signifikan yang terus dikembangkan pada kamera smartphone, sehingga ini juga memengaruhi penggunaan smartphone sebagai alat pemotretan portable. Sebut saja salah satunya adalah fitur augmented reality, foto 360 derajat, face scanning, bokeh, stabillisation, dan banyak lagi.

Pengembangan fitur kamera tidak ada hentinya, sehingga perkembangan terus menerus dilakukan oleh berbagai produsen pengembang. Salah satu fitur yang sudah cukup lama telah hadir dan mulai sempurna penerapannya yakni fitur foto 360 derajat.

Anda mungkin sudah mengenal lama fitur 360 derajat atau biasnaya disebut dengan panorama. Mode foto ini akan menampilkan seluruh angel secara melingkar 360 derajat. Beberapa smartphone memang belum mendukung untuk pengambilan gambar hingga 360 derajat. Beberapa smartphone umumnya hanya mendukung panorama dari 90 hingga 160 derajat.

Sedangkan untuk pengambilan gambar secara melingkar 360 derajat biasanya penggiat foto menggunakan alat bantu berupa kamera panorama tambahan yang dapat ditautkan ke smartphone maupun dibidik langsung dari kamera tersebut.

Nah hasil dari bidikan ini, biasanya menampilkan foto panorama yang ciamik terlebih jika diterapkan pada tempat dengan pemandangan yang indah. Maka akan semakin leluasa dengan luas jangkauan yang ditampilkan.

Hasil foto panorama ini bahkan dapat dibagikan diberbagai sosial media. Salah satu sosial media yang mendukung publikasi foto dengan format 360 adalah facebook. Seperti yang telah dijelaskan pada artikel woiden dahulu menganai “cara upload foto panorama 360 derajat di facebook” bahwa facebook akhirnya telah menerbitkan fitur keren ini secara umum.

Cara Memposting Foto Panorama 360 Derajat Di Instagram

Selain dari sosial media tersebut, facebook inc juga menerapkan foto 360 pada aplikasi dibawah naungan mereka yakni Instagram. Meskipun belum lama diterapkan secara resmi, namun fitur ini ternyata sudah banyak sekali dimanfaatkan oleh pengguna instagram lainnya. Salah satunya seperti akun berikut ini dengan postingannya.

 

View this post on Instagram

 

Panaromic view of a Park in the middle of Hazratgunj.

A post shared by Lucknow Tips (@lucknowtips) on

Ketika teman atau pengikut di akun instagram Anda melihat postingan Anda. Maka mereka cukup menggeser atau mengetuk tombol kiri atau kanan untuk melihat foto disudut kanan atau kiri lainnya.

Memamg aplikasi instargam belum mendukung untuk pengambilan gambar secara 360 dari dalam aplikasi, sebab ini mencakup perangkat keras atau hardware smartphone itu sendiri serta dukungan aplikasi. Namun instagram sudah mendukung untuk publikas dengan multipost ke timeline/feed akun instagram kita.

Tidak ringkas untuk mengunggah foto 360 derajat di instagram. Aplikasi instagram Anda mungkin belum mendukung untuk pengambilan dan mengunggah gambar secara panorama. Maka solusi yang bisa Anda gunakan adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Di Google Play Store dan Apple App Store sendiri tersedia beberapa aplikasi yang mendukung Anda untuk mengambil gambar dan mengunggahnya di feed akun instagram Anda. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Panorama For Instagram (Android)

Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan adalah aplikasi yang bernama panorama crop for instagram. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memoles calon foto 360 yang hendak Anda upload menjadi layak dan fit secara format untuk diunggah.

Hebatnya, aplikasi ini dapat membaca beberapa foto panorama yang sebelumnya sudah tersimpan di gallery smartphone Anda. Sehingga jika Anda butuhkan editing sedikit pada salah satu foto yang sudah tersimpan, maka Anda bisa menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini tersedia secara gratis dan bisa Anda install langsung dari tautan google play store dibawah ini:

PanoramaCrop For Instagram: https://woiden.com/go/CfIomG
Panorama For Instagram: https://woiden.com/go/m4SLOg
Panorama Instagram – InSwipe: https://woiden.com/go/k4yzcv

Panorama Instagram (Apple iOS)

Hampir serupa dengan aplikasi yang telah tersedia di Google Play Store Android. Pada perangkat ios juga tersedia beberapa aplikasi yang memungkinkan Anda mengunggah foto panorama di akun instagram Anda.

Salah dua aplikasi yang bisa Anda gunakan adalah Swipeable Panorama dan Panora for Instagram. Kedua aplikasi ini juga sama-sama mendukung untuk editing foto panorama agar dapat fit sesuai format panorama instagram. Aplikasi ini juga tersedia secara gratis, jadi lebih detailnya bisa Anda install langsung melalui tautan dibawah ini:

Swipeable Panorama: https://woiden.com/go/nqsQJb
Panora For Instagram: https://woiden.com/go/SlI7GK

Semua daftar aplikasi disebutkan diatas, bukanlah aplikasi satu-satunya yang bisa Anda gunakan. Sebab di Google Play Store maupun App Store, itu tersedia banyak sekali aplikasi serupa. Hanya saja daftar diatas kami rangkum berdasarkan jumlah pengunduh/installer. Sehingga jika Anda merasa aplikasi diatas tidak sesuai harapan Anda, maka Anda bisa mencoba beberapa aplikasi lainnya yang tidak disebutkan dalam toko aplikasi di smartphone Anda.