Perangkat Laptop pastinya akan shutdown atau mati dengan sendirinya ketika tidak ada lagi baterai yang tersisa. Ini tentu bukan masalah besar ketika Anda memang dengan sengaja membuat perangkat Anda mati dengan sendirinya saat baterai habis.

Namun tetap saja kebiasaan seperti ketika dilakukan secara terus menerus akan membuat baterai akan lebih cepat usang. Terlebih ketika ini dilakukan sesering mungkin hingga baterai benar-benar kosong. Hal seperti ini tidak hanya berdampak pada baterai yang usang, namun bisa saja juga berdampak perangkat laptop itu sendiri.

Maka dari itu perlu untuk siapapun untuk menjaga perangkat notebook, netbook atau laptop mereka agar tetap terjaga dalam kondisi optimalnya. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengantisipasi hal ini adalah dengan menerapkan shutdown otomatis menggunakan durasi waktu atau timer seperti yang dijelaskan pada artikel woiden berikut:

Pada artikel woiden tersebut, dijelaskan tetang mengenai cara shutdown otomatis perangkat pc/laptop menggunakan durasi waktu yang ditentukan. Namun lain halnya jika Anda ingin benar-benar membuat laptop Anda mati dalam kondisi tertentu, misalnya dalam keadaan baterai lemah. Maka dibawah ini akan dijelaskan lebih rincinya.

Cara Mematikan Laptop Otomatis Ketika Baterai Low

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengarahkan ke Control Panel. Caranya cukup cari jendela “Control Panel” dari start menu windows atau dengan melakukan penelusuran di jendela penelusuran windows dengan kata kunci “Control Panel”.

Setelah jendela control panel terbuka, ketuk pilihan “Hardware and Sound” -> “Power Options”. Kemudian dari jendela menu di sidebar sebelah kiri layar, buka pilihan “Change when the computer sleeps” -> “Change advanced power settings”.

Nah dari menu popup Power Options yang muncul, Anda bisa menyesuaikan sesuai keinginan Anda. Tetapnya pada menu “Low battery action”, ubah pilihan menjadi Shut down untuk membuat perangkat Anda mati saat sedang baterai lemah.

Begitu juga seterusnya, ada beberapa pilihan yang bisa Anda sesuai dari jendela tersebut. Misalnya berapa persen baterai yang Anda terapkan untuk disebut sebagai baterai lemah. Setelah itu ketuk tombol “Apply” atau “OK” untuk menerapkan fungsinya.