Anda mungkin pernah berpikiran untuk membuat komputer Anda mati dalam waktu tertentu. Entah mungkin karena alasan dimana Anda ingin mengatur jadwal penggunaan komputer setiap harinya atau dengan alasan lainnya.

Meskipun sebenarnya fungsi hibernate sudah cukup memenuhi kebutuhan dimana ketika perangkat tidak digunakan dalam waktu tertentu akan sleep dengan sendirinya. Namun tidak semua penggunanya cukup untuk fungsi ini, selain karena komputer tetap masih dalam kondisi terjaga, juga tetap membuat perangkat tetap mengkonsumsi daya baterai. Sehingga salah satu yang terbaik adalah dengan membuat fungsi shutdown otomatis.

Nah untungnya di komputer atau laptop dengan operating system windows, Anda dapat menerapkan fungsi tersebut sejak dari bawaan tanpa harus menggunakan software pihak ketiga apapun. Pada langkah ini Anda hanya membutuhkan fungsi CMD atau Command Prompt untuk menjalankan semuanya. Lebih detailnya, silahkan Anda melihat satu persatu langkah dibawah ini:

Langkah Pertama: Jalankan CMD / Command Prompt

Tahap pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menjalankan CMD di komputer Anda, caranya sangat mudah dan mungkin Anda sudah paham dengan ini. Dimana Anda hanya perlu menelusuri kata kunci “Commdand Prompt” atau “cmd.exe” di kolom penelusuran windows (Search Windows). Kemudian ketuk dari hasil paling teratas.

Langkah Kedua: Mengetukkan Perintah

Setelah jendela command prompt terbuka, Anda hanya perlu mengetuk perintah yang diperlukan seperti perintah dibawah:

Windows 7/Vista: Shutdown /s /t 60
Windows 8/10: shutdown.exe –s –t 60

Pastikan perintah yang diperlukan sesuai dengan yang dicantumkan diatas. Angka berwarna merah diatas dapat Anda sesuaikan dengan durasi waktu yang Anda inginkan dalam format Detik. Sehingga semisal Anda ingin menetapkan durasi 1 jam, maka Anda hanya perlu mengubah angka 60 diatas menjadi 3600. Setelah ketuk Enter untuk mulai menerapkan.

Cara Membatalkan Fungsi Shutdown Otomatis Windows

Apabila suatu saat Anda mengurungkan niat Anda untuk mengaktifkan shutdown otomatis tersebut, mungkin dengan alasan Anda salah menetapkan durasi. Maka Anda bisa dengan mudah membatalkan fungsi tersebut. Dengan cara membuka kembali jendela command prompt seperti pada langkah pertama diatas, kemudian mengetikkan perintah berikut:

Windows 7/Vista: Shutdown /a
Windows 8/10: shutdown.exe –a

Setelah itu ketuk enter di keyboard untuk mulai menetapkan perintah tersebut. Begitupun sebaliknya, Anda bisa menetapkan perintah yang sama kapanpun kedepannya. Sehingga Anda tidak perlu menginstall program pihak ketiga untuk menjalankan fitur serupa. Kelebihan dari fitur ini adalah Anda tidak perlu khawatir akan perangkat yang shutdown mendadak saat waktu dicapai. Sebab perangkat komputer Anda akan menampilkan pemberitahuan bahwa perangkat Akan di nonaktifkan 1 menit sebelum fungsi diterapkan.