Sebenarnya tidak semua orang risih dengan kemunculan ikon atau logo di status bar di hp mereka saat mengaktifkan berbagai fungsi seperti Bluetooth, hotspot, sinyal, dan sebagainya. Hanya beberapa orang justru sebaliknya yang menganggap kehadiran ikon tersebut hanya membuat tampilan status bar menjadi lebih ramai dan tidak nyaman untuk terlihat dalam perangkat pribadi. Terlebih jika mereka mungkin mengaktifkan banyak fitur yang juga menampilkan ikon atau indikator aktivasi seperti Wi-Fi, Bluetooth, Hotspot, Kunci Layar, Headset, Mode Diam, dan banyak lagi.

Pada dasarnya memang semua ikon tersebut berfungsi sebagai indikator bahwa fungsi tersebut masih dalam keadaan aktif. Sehingga pengguna bisa memantau penggunaan fungsi tersebut, misalnya untuk dimatikan saat tidak sedang digunakan untuk menghemat daya baterai yang digunakan. Namun, terkhusus pada VPN beberapa orang justru menggunakan fungsi ini secara terus menerus atau dengan intensitas yang cukup lama.

Entah untuk apa mereka menggunakannya, tentunya ada banyak sekali alasan untuk penggunaanya. Nah untuk penggunaan jangka panjang, tentu selama penggunaan ikon akan tetap tampil hingga fungsi tersebut telah di nonaktifkan. Ikon yang terus menerus tampil mungkin akan membuat penggunanya berpikiran untuk lebih mencari cara untuk menyembunyikan ikon tersebut agar tidak terlihat meskipun sedang diaktifkan.

Nah untungnya pada perangkat hp Android, Anda bisa mencoba menyembunyikan ikon vpn tersebut dari layar status bar hp Android Anda. Bahkan Anda tidak memerlukan proses rooting sama sekali. Satu hal yang Anda butuhkan hanyalah sebuah aplikasi yang disebut dengan SystemUI Tuner dan perangkat pc/laptop yang telah terinstall ADB Fastboot. Langkah demi langkah akan dijelaskan secara rinci dibawah ini:

Langkah 1: Download Aplikasi System UI Tuner DI HP Android

Langkah pertama yang perlu Anda lakukana adalah mengunduh aplikasi yang dibutuhkan terinstall di smartphone Anda. Aplikasi ini disebut dengan SystemUI Tuner dan tersedia secara gratis di Google Play Store. Lebih lanjut, bisa Anda install langsung melalui tautan berikut ini:

  • https://woiden.com/go/F5a1fN

Aplikasi ini memiliki banyak fungsi tuning tampilan di android. Dimana Anda tidak hanya dapat menyembunyikan ikon vpn, Bluetooth, dan ikon indikator umum saja, melainkan dapat pula menyembunyikan belasan hingga puluhan ikon indikator yang tersedia di smartphone Anda. Namun untuk dapat menggunakan aplikasi ini, Anda harus mengaktifkannya secara khusus menggunakan ADB. Penjelasan mengenai aktivasi melalui adb bisa Anda simak langkah seterusnya dibawah.

Langkah 2: Install ADB di PC Anda

Seperti yang diterangkan diatas, bahwa untuk dapat membuat aplikasi berfungsi. Anda harus mengaktifkannya dan memberikan izin khusus melalui perintah ADB yang terinstall di komputer atau laptop Anda.

Sebelumnya woiden telah menjelaskan tentang bagaimana cara menginstall ADB Fastboot di Windows. Jadi Anda bisa lanjut ke artikel woiden dibawah ini:

Langkah 3: Menjalankan Command Dari ADB PC

Setelah ADB terinstall di pc Anda, selanjutnya hubungkan Smartphone Android Anda ke komputer Anda menggunakan kabel data usb. Selanjutnya jadi jendal windows explorer seperti biasa, cari folder bernama “platform-tools”, tepatnya di dalam folder instalasi adb Anda.

Setelah Anda menemukan folder dengan nama tersebut, silahkan Anda salin alamat folder tersebut misalnya C:\Program Files\ADB Fastboot\android-sdk\platform-tools

Kemudian jalankan Command Prompt atau CMD.exe di komputer Anda, caranya jalankan melalui penelusuran windows start menu. Setelah jendela CMD terbuka, ketikkan “cd” (tanpa tanda kutip) kemudian spasi lalu tekan Ctrl + V dari keyboard komputer Anda. Contoh hasilnya seperti berikut:

cd C:\Program Files\ADB Fastboot\android-sdk\platform-tools

Kemudian tekan “Enter” dari keyboard. Setelah itu, masukkan perintah berikut ini kembali ke dalam jendela command prompt atau cmd Anda:

adb shell pm grant com.zacharee1.systemuituner android.permission.WRITE_SECURE_SETTINGS

Apabila terjadi kesalahan, coba Anda tambahan perintah dengan awalan tanda titik dan garis seperti berikut ini:

./adb shell pm grant com.zacharee1.systemuituner android.permission.WRITE_SECURE_SETTINGS

Jika Anda tetap mengalami masalah pada perintah yang Anda masukkan tersebut, maka kemungkinan masalah berasal dari instalasi ADB di komputer Anda. Cobalah untuk merhatikan dengan tepat penginstall ADB di PC. Setelah berhasil. Anda bisa mengikuti langkah kelima dibawah beserta semua penggunaan aplikasi dari SystemUI Tuner tersebut.

Langkah 4: Mulai Menyembunyikan Ikon Indikator Di HP Android

Setelah Anda mengaktifkan dan memberikan izin aplikasi sesuai pada langkah-langkah diatas. Maka Anda sudah bisa menggunakan aplikasi SystemUI Tuner dari HP Android Anda. Selanjutnya, Anda sudah bisa memutuskan kabel data yang terhubung di pc Anda sebelumnya.

Kemudian jalankan aplikasi SystemUI Tuner dari hp Android Anda. Kemudian pada saat pertama kali membuka aplikasi, Anda mungkin diminta untuk memberikan izin. Sehingga, tekan “Yes” untuk memberikan izin penggunaan dalam aplikasi.

Pada jendela kedua, Anda akan melihat rincian informasi pembuka aplikasi. Dimana jika Anda ingin berdonasi untuk aplikasi dan rincian informasi lainya. Ketuk tombol “To The Tweaks!” ditengah layar aplikasi Anda.

Nah pada tab selanjutnya, telihat beberapa setelan atau pengaturan yang bisa Anda sesuaikan. Dalam hal hal ini, Anda ingin menyembunyikan salah satu atau beberapa ikon di status bar Android Anda. Maka ketuk pilihan “Status Bar”. Selanjutnya, dalam menu ini, tersedia beberapa daftar ikon status yang dapat Anda sembunyikan, misalnya ikon Signal, Hotspot, Bluetooth, VPN, Wifi, Headset, dan banyak lagi. Anda hanya perlu menghilangkan centang disamping daftar untuk menyembunyikannya.

Begitu pula sebaliknya, untuk mengaktifkan kembali, Anda hanya perlu mencentang kembali saklar yang ada disamping daftar menu tersebut. Kedepanya, Anda tidak lagi akan melihat ikon indikator tersebut dari layar status bar hp Anda.