Cara Screenshot Layar iPhone Tanpa Menekan Tombol Fisik

Diposting pada

Anda mungkin sering melakukan screenshot atau bidikan layar di perangkat iPhone Anda. Salah satu cara mudah yang umum dilakukan oleh pengguna iphone lainnya adalah dengan menekan kombinasi tombol fisik perangkat. Ini memang adalah langkah yang wajar saja, namun untuk penggunaan yang terlalu sering, itu justru dapat mengurangi responsif dari tombol tersebut. Mengingat bahwa kombinasi tombol screenshot merupakan tombol fisik yang sangat penting untuk pengguna perangkat, seperto volume,  power, atau home button. Tanpa tombol ini mungkin Anda kesulitan untuk menggunakan perangkat Anda.

Maka dari itu, ada sebaiknya cara alternatif yang bisa Anda lakukan untuk melakukan screenshot tanpa harus menekan tombol fisik. Ini tentu membuat tombol fisik iphone Anda jauh lebih awet dibanding mengalami kerusakan dengan biaya ganti yang tidak murah. Nah cara alternatif ini memanfaatkan fungsional dari fitur akesbilitas atau tombol cepat yang berada melayang di layar. Jadi Anda hanya perlu mengaktifkannya dan mengatur fungsi bidikan layar ke dalam salah satu menu yang disediakan. Lebih jelasnya seperti berikut ini:

Cara Screenshot iPhone Tanpa Tombol Fisik

Seperti pada screenshot layar diatas, Anda hanya perlu mengikuti langkah sederhana berikut ini:

  1. Arahkan ke “Settings” -> “General” -> “Accessibility”.
  2. Kemudian pilih “AssistiveTouch”, sebuah tombol melayang akan muncul di tengah layar.
  3. Anda cukup mengetuk ikon tersebut. Kemudian alihkan ke “Customize Top Level Menu”.
  4. Nah Anda bisa mengganti salah satu menu fungsi yang tersedia menjadi “Screenshot”.
  5. Alternatif lainnya, Anda bisa menerapkan fungsi “Ketuk Dua Kali, Tekan Sambil Tahan, atau 3D Touch.

Setelah Anda menerapkan fungsi ini, Anda sudah bisa melakukan screenshot melalui fungsi tombol melayang ini. Anda cukup membuka menu cepat dari tombol melayang ini, kemudian memilih pilihan “Screenshot” untuk mulai melakukan bididkan layar.

BACA JUGA  2 Cara Menggunakan Video Sebagai Wallpaper Di HP Android

Sama seperti screenshot menggunakana tombol fisik. Hasil tangkapan layar Anda juga akan disimpan di aplikasi Photos. Jadi Anda hanya perlu melihat bidikan layar Anda melalui jendela aplikasi ini atau melalui notifikasi bar yang muncul.