Cara Reset Pabrik atau Format HP Android

Diposting pada

Ada banyak alasan dan tujuan seseorang ingin melakukan wipe atau reset pabrik smartphone mereka. Salah satunya ketika seseorang ingin menjual kembali ponsel mereka dalam keadaan bersih tanpa ada sisa data-data yang mungkin rahasia bagi pemilik smartphone tersebut.

Diluar dari apa tujuannya, berikut pada artikel ini akan dijelaskan mengenai 3 cara berbeda yang dapat Anda lakukan ketika ingin melakukan reset pabrik atau factory reset ke semua merek dan tipe smartphone Android.

Cara Reset Pabrik Android Dari Setelan Smartphone

Cara termudah yang dapat Anda lakukan untuk melakukan reset pabrik atau wipe android adalah melalui setelan smartphone anda. Caranya arahkan ke menu “Setelan” atau “Settings” di smartphone Anda. Menu ini biasaya memiliki ikon roda gigi.

Gulir ke bawah sampai Anda menemukan menu bertuliskan “Backup & reset” . Pilih menu ini, kemudian pilih “Factory data reset”.

Ketuk pilihan “Reset Phone” dan ikuti langkah yang ditunjukan dilayar smartphone Anda. Setiap smartphone memiliki langkah yang berbeda setelah ini, maka ikuti saja langkah yang diterangkan dilayar. Setelah proses reset selesai, ponsel Anda akan diformat seperti baru pertama kali Anda beli.

Masukkan kode kunci layar Anda. Jika ponsel Anda menerapkan kode kunci layar yang diaktifkan, Anda akan diminta memasukkan pola, PIN, atau kode akses telepon Anda.

Ketuk “Erase Everything” untuk konfirmasi. Langkah ni akan segera menghapus semua data smartphone dan melakukan reboot ke pengaturan dan konfigurasi default. Prosesnya bisa memakan waktu beberapa menit.

Cara Reset Pabrik Android Dari Mode Recovery

Mode recovery biasanya dibutuhkan ketika Anda ingin melakukan flashing firmware ke perangkat Anda. Namun dalam menu ini juga tersedia beberapa fungsi seperti melakukan backup dan melakukan wipe atau reset pabrik. Nah untuk itulah, cara ini bisa Anda gunakan untuk melakukan wipe Android Anda.

BACA JUGA  Cara Mengisi Saldo E-Toll E-Money Dari HP Android

Pertama matikan smartphone Anda sampai benar-benar nonaktif. Setelah smartphone Anda dinonaktifkan. Booting ke dalam Recovery Mode. Caranya Tekan dan tahan tombol kombinasi khusus smartphone Anda saat dalam keadaan dinonaktifkan.

Tombolnya kombinasi ini beragam dan setiap merek smartphone memiliki penerapan yang berbeda-beda, namun berikut adalah sebagian kecil dari merek ponsel ternama:

  • Samsung: Volume Up + Home + Power
  • Xiaomi: Power + Volume Up
  • Asus: Power + Volume Up
  • Advan: Volume Up + Power
  • Oppo: Volume Down + Power
  • Vivo: Volume Down + Power

Setiap merek dan tipe smartphone memiliki cara masuk ke mode recovery itu yang berbeda-beda. Jika cara diatas tidak berfungsi, cobalah mencoba kombinasi tombol lainnya atau mencari tahu melalui penelusuran Google tentang smartphone Anda.

Setelah masuk ke mode recovery, Anda cukup memilih menu “Wipe Data/ Factory Reset” dari daftar pilihan yang tersedia. Selanjutnya ikuti arahan yang ditunjukan dilayar untuk mulai mereset smartphone Anda.

Cara Reset Pabrik Android Dari PC Komputer

Cara alternatif yang dapat Anda lakukan ketika smartphone Android Anda sudah tidak dapat lagi Anda reset langsung dari perangkat adalah melalui komputer. Untuk cara ini cukup beragam, setidaknya ada 3 metode yang berbeda yang memungkinkan Anda dapat mereset pabrik smartphone Android melalui PC komputer. Penerapan ini dijelaskan diartikel woiden yang berbeda sebagai berikut ini:

Selebihnya itu saja ketiga cara yang umum dilakukan oleh pengguna Android ketika ingin melakukan reset pabrik di smartphone mereka. Sebenarnya ada banyak cara lainnya, namun tidak memungkinkan untuk dilakukan, salah satunya yaitu dengan datang ke service center atau konter ponsel yang merima untuk merek smartphone Anda.

Mungkin itu saja yang dapat disampaikan pada artikel woiden kali ini. Jika ada yang dirasa keliru dalam penulisan maupun penerapan. Jangan sungkan untuk meninggalkan saran ataupun komentar Anda melalui kolom yang telah disedikan dibawah ini.