Ada kala kita memiliki beberapa file dalam jumlah banyak yang perlu kita ubah nama filenya atau rename untuk tujuan pencaharian yang lebih mudah nantinya. Namun untuk mengubah file yang jumlahnya cukup banyak, bisanya agak merepotkan.

Tidak sulit memang hanya untuk mengubah nama file saja, namun jika jumlahnya bisa mencapai puluhan, ratusan atau mungkin hingga ribuan. Maka ini jelas bisa sangat amat merepotkan. Biasanya ini dialami ketika Anda baru saja memiliki file lagu mp3 atau beberapa file dokumen lainnya beserta anak file revisiannya.

Pada komputer windows, biasanya ketika kita memblok semua file sekaligus kemudian mengetuk pilihan rename dan mengetikan satu nama file. Maka semua file akan berubah menjadi nama yang dituju bersama dengan angka dibelakangnya, misalnya Woiden (01).doc, Woiden (02).doc dan seterusnya.

Ini tentu bukan yang diharapkan. Terlebih jika Anda ingin mengubah beberapa nama file lagu dari band yang sama. Biasanya file diubah menjadi seperti misalnya Justin Bieber Feat Via Valen – Sayang.mp3 dan seterusnya dengan judul/title yang berbeda. Nah untuk kasus seperti ini, Anda bisa memanfaatkan salah satu program bernama Advanced Renamer.

Program ini memungkinkan Anda untuk mengubah nama file dalam jumlah banyak sekaligus dalam satu waktu berdasarkan kueri kata kunci, tanggal, tempat, dan banyak lagi. Jadi misalnya Anda hanya ingin mengubah kata pertama dari nama file atau pertengahan kata dari nama file saja, dan begitu seterusnya. Sehingga ini bisa memudahkan Anda untuk me-rename file sekaligus.

Cara Menggunakan Advanced Renamer di Komputer

Nah untuk mulai menggunakan program renamer ini di komputer. Anda perlu mengunduh dan menginstallnya di komputer Anda. Program ini bisa Anda download melalui tautan dibawah ini:

  • https://www.advancedrenamer.com/download

Setelah Anda mengunduh file tersebut, selanjutnya cukup menginstall programnya di komputer Anda seperti biasa. Kemudian ikuti langkah dibawah untuk mulai menggunakan program Advanced renamer ini.

  1. Jalankan Program Advanced Renamer di Komputer
  2. Anda bisa menambahkan file dengna menekan tombol “(+) Add” dari menu yang tersedia. Termasuk untuk memilih file sekaligus dalam satu folder.
  3. Setelah menambahkan semua file yang dinginkan, Anda bisa menambahkan kueri yang Anda inginkan dari kolom menu yang tersedia di sebelah kanan jendela program. Dari sini Anda bisa mengubah sesuai kata kunci atau kueri yang Anda inginkan. Seperti pada gambar dibawah ini:
  4. Setelah semua dirasa cukup, ketuk tombol “Start Batch” untuk mulai mengganti semua nama file sekaligus.

Langkah ini mungkin membutuhkan beberap waktu sesuai dengan jumlah file yang dimasukan. Namun untuk durasinya tidak begitu lama, hanya beberap saat. Program ini juga berfungsi untuk semua jenis file, sehingga apapun file yang ingin Anda rename, bisa dengan menggunakan program tersebut.