Cara Print Dokumen Dari Android di Semua Printer dan Smartphone

Diposting pada

Smartphone Android memang bisa mewakilkan sebagian berbagai aktifitas kita di komputer. Bahkan nyaris kita tidak perlu lagi komputer, jika sesuatu hal itu masih bisa dan nyaman dilakukan hanya dari smartphone.

Namun, dari semua kebebasan itu. Tentu ada satu atau dua hal yang semestinya dapat kita lakukan juga dari smartphone khususnya Android, namun entah bagaimana caranya. Salah satunya adalah dengan mencetak atau print dokumen dari android ke mesin printer.

Umunya orang mencetak dokumen mereka dari komputer yang dihubungkan melalui kabel data yang disambungkan. Namun jika perangkat printer memilik fitur print via wifi atau Bluetooth, ini jauh lebih mudah.

Lalu, bagaimana jika sebaliknya printer yang kita miliki tidak memiliki fitur tersebut?

Tenang saja, untungnya ada layanan di browser chrome yang memungkinkan Anda untuk print dokumen entah itu word, excel, ppt, atau pdf sekalipun dari smartphone Android langsung ke mesin printer. Bahkan tanpa kabel konvesional yang harus dihubungkan.

Layanan yang mendukung fungsi print jarak jauh ini disebut dengan Google Cloud Print. Dan hanya tersedia di browser chrome. Namun disini Anda masih membutuhkan beberapa yang diperlukan seperti komputer atau laptop yang terinstall browser Chrome dan terhubung internet, serta printer yang akan digunakan. Lebih detailnya berikut adalah penerapannya:

Cara Mengaktifkan Google Cloud Print

Sebagian besar printer produksi terbaru itu memiliki fungsi untuk mencetak melalui Bluetooth, Wi-Fi, atau metode cepat lainnya, namun sayangnya tidak semua orang memiliki printer yang mendukung fungsi tersebut.

Disinilah Google Cloud Print berperan penting. Dengan mendaftarkan printer Anda, Anda dapat menghubungkannya ke internet. Dari sana, Anda bisa mengoperasikannya dari manapun Anda berada asalkan Anda memiliki koneksi internet yang baik.

BACA JUGA  4 Cara Menghapus Root (Unroot) Seperti Semula di Android

Catatan: Sebelum Anda melanjutkan ke langkah dibawah, Anda harus menghubungkan komputer atau laptop Anda yang terinstall Chrome dan terhubung jaringan internet ke mesin Printer Anda menggunakan kabel usb seperti biasa.

  1. Buka Google Chrome di komputer atau laptop Anda.
  2. Masuk/Login ke Akun Google Chrome yang sama dengan di smartphone Android Anda.
  3. Klik tombol Menu (ikon tidak titik) di sudut kanan atas jendela browser ini.
  4. Pilih “Settings”.
  5. Klik “Show Advanced Settings” Atau “Advanced” .
  6. Gulir ke bawah ke bagian “Google Cloud Print” dan klik “Manage” atau “Manage Cloud Print Devices”.
  7. Klik “Add Printers”.
  8. Anda akan dialihkan ke daftar semua printer yang tersedia. Cukup ceklis printer yang ingin Anda tambahkan, klik “Add Printers”.

Jika Anda masih bingung silahkan lalui tautan jalan pintas berikut dengan cara mengetikan atau copy tautan dibawah ini ke jendela kolom url atau link browser Chrome Anda, seperti gambar dibawah pula.

  • chrome://settings/cloudPrinters

Cara Print Dokumen (Word/Excel/PPT/PDF) Dari Android

Setelah Anda menetapkan driver printer di google chrome browser komputer Anda. Selama Anda login menggunakan akun Google yang sama dengan di Android Anda dan telah menginstall aplikasi Google Cloud Print di smartphone. Anda sudah bisa melakukan print dokumen jarak jauh dari Android.

Anda hanya bisa print dokumen melalui fungsi Google Cloud Print dari smartphone Anda. Jika Anda belum menginstall aplikasi Google Cloud Print di Android Anda, silahkan unduh terlebih dahulu melalui tautan Google Play Store berikut ini:

  • https://woiden.com/go/dY9tl0

Setelah Anda menginstall Google Cloud Print, Anda tidak perlu membuka aplikasi itu sendiri untuk dicetak; Anggap saja itu seperti add-on ke perangkat lunak ponsel Anda. Ini mudah setelah Anda memahaminya. Namun, pastikan bahwa akun Google yang ditautkan dengan ponsel Anda adalah akun yang sama dengan yang Anda gunakan di Google Chrome pada langkah sebelumnya.

  1. Buka dokumen yang ingin Anda cetak melalui.
  2. Pilih tombol Menu (ikon tiga titik di pojok kanan atas).
  3. Klik “Print”, dan Anda akan dilaihkan ke halaman baru yaitu laman cloud print.
  4. Klik panah bawah yang berada tepat di sebelah kanan “Save as PDF”.
  5. Pilih printer yang ingin Anda cetak. Jika Anda tidak dapat menemukannya dari menu tersebut. klik “All Printers…”  untuk menampilkan semua daftar printer yang telah Anda hubungkan.
  6. Setelah Anda pilih, klik tombol “Print” (lingkaran biru muda yang terlihat seperti printer).
BACA JUGA  Cara Menghapus Teman Kontak di Aplikasi LINE

Cara Print Halaman Website dan Email Dari Android

Anda bahkan dapat mencetak halaman website dan pesan Gmail melalui Google Cloud Print. Prosesnya hampir sama, sebagai berikut:

  1. Buka Gmail atau Google Chrome.
  2. Saat Anda menemukan halaman yang ingin Anda cetak, pilih tombol Menu (ikon tiga titik).
  3. Dari daftar menu drop down. Pilih “Print”.
  4. Ini akan membawa Anda langsung ke halaman cetak, di mana Anda bisa memilih printer yang tepat.
  5. Klik “Print” untuk mulai print dokumen Anda.

Tambahan: Anda juga mencetak dokumen dari perangkat komputer atau android lain melalui website cloud print berikut:

  • https://www.google.com/cloudprint/

Anda cukup menekan tombol print yang tersedia dilaman, kemudian memilih file yang ingin dicetak. Anda mungkin diharuskan masuk ke akun google Anda yang sama.

Demikianlah cara mudah yang dapat Anda gunakan untuk mencetak atau print dokumen atau file apapun dari smartphone Anda ke semua jenis mesin printer tanpa melalui wifi atau Bluetooth. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda yang kesulitan ingin mencetak file di smartphone tapi tidak memiliki kabel data dan ingin mencetaknya segera mungkin.