Bagi kamu yang memiliki banyak akun baik itu akun Online Shop atau akun sosial media. Sebaiknya kamu harus rajin memeriksa apakah akun dan data kamu masih aman atau tidak. Disini Woiden.com akan membagikan Cara Mudah Cek Data Akun Kamu Pernah Bocor atau Tidak.

Belakangan ini tersebar kabar bahwa salah satu aplikasi  online shop telah diretas oleh tangan yang tidak bertanggungjawab. Dan data-data pengguna aplikasi ini pun dicuri dan diperjualbelikan pada marcetplace di darkweb, mulai dari nama, no HP, alamat hingga password email pengguna.

Hal ini menyebakan banyak orang yang khawatir akan keamanan akun emailnya, karena dengan kejadian ini alamat email yang dicuri pun berpotensi menjadi korban penyalahgunaan untuk tindakan kejahatan. Sebab untuk login ke sebuah akun aplikasi apapun pastinya memiliki tautan pada alamat email yang kita punya.

Jika kamu salah satu dari orang yang khawatir akan keamanan akun kamu, postingan kali ini tentunya sangat berguna untuk kamu yang ingin mengecek keamanan akun. Menggunakan situs Firefox Monitor, kamu bisa mengetahui akun kamu sudah pernah bocor atau tidak. Dan jika memang sudah pernah, kamu juga bisa mendapatkan solusi yang bisa kamu coba ikuti.

Mengetahui Data Akun yang Pernah Bocor

Lalu, bagaimana caranya? Berikut langkah-langkah yang bisa kamu coba. Simak baik-baik ya.

  • Terlebih dahalu kamu buka terlebih dahulu situs Firefox Monitor
  • Lalu masukkan alamat email kamu pada kolom yang ada dan klik “Periksa Pelanggaran Data”, seperti berikut ini.

Begini Cara Mudah Cek Data Aku

  • Jika Akun kamu aman akan muncul seperti ini.

Contoh data akun aman

  • Jika akun kamu pernah bocor atau bermasalah akan muncul seperti ini.

Contoh data akun pernah bocor

  • Jika tidak ada pelanggaran yang muncul, berarti akun kamu aman dan tidak perlu tindakan lebih lanjut. Namun jika ada pelanggaran kamu bisa melanjutkannya dengan klik “Pelanggaran” untuk mencari solusi selanjutnya, seperti di bawah ini.

cek data akun aman atau tidak

  • Setelah itu kamu pilih pelanggan apa yang kamu hadapi dan klik “Lebih lanjut tentang pembobolan ini”.

Cek Data Akun Kamu Pernah Bocor atau Tidak

  • Selanjutnya kamu bisa mengikuti rekomendasi langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk melindungi akun kamu tersebut. Seperti di bawah ini.

Cek Data Akun Kamu Pernah Bocor atau Tidak

Itulah Cara Mudah Cek Data Akun Kamu Pernah Bocor atau Tidak yang bisa kamu ikuti. Bagaimana? Mudah bukan? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya!