Salah satu aplikasi pesan yang populer digunakan untuk melakukan panggilan video adalah WhatsApp. Sebagai aplikasi gratis dan sederhana membuat Whatsapp banyak digunakan oleh berbagai kalangan, mulai dari remaja hingga dewasa.

Ada banyak yang dapat dilakukan di aplikasi whatsapp selain hanya mengirimkan pesan percakapan, dimana Anda juga dapat mengirim media berupa foto, video atau musik serta file dokumen sekalipun. Inilah yang membuat Whatsapp cukup baik dalam memenuhi kebutuhan penggunanya. Termasuk salah satu fitur populer yakni panggilan video.

Dengan kehadiran Whatsapp dan kawan-kawan aplikasi pesan lainnya, membuat pengguna smartphone jauh lebih mudah untuk melakukan panggilan tatap muka atau yang biasanya disebut dengan panggilan video. Panggilan video atau video call tidak hanya melakukan panggilan dalam format suara, melainkan juga dalam format gambar yang ditampilkan melalui kamera depan atau belakang setiap smartphone. Sehingga setiap individu yang melakukan panggilan bisa secara langsung melihat tampilan visual dari panggilan yang dilakukan.

Dari setiap panggilan video, biasanya banyak percakapan resmi atau non-resmi yang mungkin perlu untuk direkam dengan berbagai tujuan. Misalnya sebagai bahan press release yang perlu dicatat, sehingga penerima panggilan tidak perlu lagi repot untuk menulis setiap apa yang disampaikan penelfon. Maka dari itu, jika Anda ingin mudah untuk merekam panggilan video di whatsapp, Anda bisa menggunakan beberapa bantuan aplikasi pihak ketiga atau aplikasi resmi seperti yang dijelaskan dibawah ini:

Cara Merekam Video Call WhatsApp di Android

Ada banyak sekali aplikasi yang ringkas dan gratis yang memungkinkan Anda untuk merekam panggilan video di whatsapp pada smartphone Android. Nah salah satu aplikasinya adalah AZ Screen Recorder. Aplikasi ini tersedia secara gratis dan bisa Anda unduh secara resmi melalui tautan google play store dibawah ini:

  • https://woiden.com/go/qdJoCa

Hebatnya, aplikasi ini tidak membutuhkan rooting sama sekali. Sehingga Anda bisa langsung menggunakannya dengan menginstall terlebih dahulu. Setelah itu, Anda hanya perlu menjalankan aplikasinya, kemudian mengatur proses perekaman melalui notifikasi bar diatas layar smartphone Anda.

Sembari merekam layar, Anda bisa memulai melakukan panggilan video di aplikasi whatsapp dengan mudah. Anda juga perlu mengaktifkan konfigurasi/setelan aplikasi agar dapat memuat suara/audio dari percakapan agar lebih sempurna.

Cara Merekam Video Call WhatsApp di iPhone

Lain halnya pada perangkat iPhone dengan operating system iOS 11 keatas. Sebab pada perangkat ini, Anda bahkan tidak perlu menginstall aplikasi tambahan apapun. Sebab pada iOS 11 sudah memiliki fitur built-in atau bawaan yang memungkinkan untuk merekam layar iphone dengan mudah. Caranya Anda hanya perlu mengaktifkan fitur “Screen Recording” di Control Center iPhone Anda. Lebih detailnya Anda bisa membaca artikel woiden berikut ini:

Apabila Anda menggunakan versio iOS 10 kebawah atau untuk alasan tertentu, maka Anda bisa menggunakan alternatif aplikasi Airshou yang tidak kalah mudah untuk digunakan. Aplikasi ini juga tidak membutuhkan jailbreak sama sekali. Hal yang Anda butuhkan hanyalah mengunduh AirShou kemudian menjalankannya langsung dari Control Center iPhone Anda seperti yang dijelaskan pada artikel woiden berikut:

Cara Merekam Video Call WhatsApp di PC/Desktop

Mengingat bahwa WhatsApp juga dapat digunakan pada perangkat PC/Komputer melalui web browser ataupun software. Maka jika Anda pengguna WA PC yang ingin merekam panggilan video, dengan itu Anda bisa menggunakan software Filmora Scrn yang bisa Anda install di komputer Anda atau dengan menggunakan alternatif aplikasi VLC Player seperti pada artikel woiden berikut ini:

Sedangkan bagi pengguna windows 7 atau Vista, Anda bisa menggunakan alternatif OBS Studio untuk mudah merekam layar. Aplikasi sangat ringkas dan mudah untuk digunakan. Anda bisa membaca artikel penjelasannya melalui artikel woiden berikut ini:

Demikian beberapa langkah yang bisa Anda terapkan untuk merekam panggilan video atau video call dalam aplikasi Whatsapp dengan mudah. Apabila ada yang kurang atau ada yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan komentar dibawah.