Cara Merekam Layar Windows 7/Vista Tanpa Aplikasi

Diposting pada

Pada Windows 10 mungkin sudah banyak sekali metode yang dapat digunakan untuk merekam layar monitor kita. Namun untuk Windows 7 mungkin woiden rasa tidak sebanyak di versi terbaru saat ini.

Hanya ada beberapa dan sebagian besar itu menggunakan program pihak ketiga yang harus kita install lagi perangkat pc kita. Itu bukanlah masalah, mengingat beberapa program memiliki kapasitas penyimpan yang cukup ramping sehingga tidak membutuhkan banyak ruang dan tergolong cukup ringan dan simple digunakan.

Lebih lanjut, berikut 2 aplikasi dan metode penerapannya secara lengkap:

Metode 1: Menggunakan OBS Studio

Langkah 1: Unduh OBS Studio

Pada langkah ini Anda menggunakan program dari OBS Studio. Maka silahkan unduh terlebih dahulu filenya melalui tautan berikut ini:

  • https://obsproject.com

Pada laman diatas, Klik tombol “Download OBS Studio”. Tombol ini berwarna hijau besar di dekat bagian bawah halaman. Kemudian klik Windows 7+ . Ini akan mendownload file installer untuk perangkat windows 7 keatas.

Langkah 2: Install OBS Studio

Setelah OBS telah Anda unduh, Klik dua kali file installer dan ikuti petunjuk di layar. Biarkan program menginstall file utama program OBS Studio di perangkat Anda.

Tahap ini mungkin masih membutuhkan jaringan internet untuk mengunduh file utama. Maka pastikan komputer Anda masih dalam keadaan terhubung jaringan internet.

Langkah 3: Buka aplikasi OBS Studio.

Saat penginstalan selesai, jika OBS Studio tidak dijalankan secara otomatis, jalankan aplikasi dengan mengklik dua kali aplikasi di folder program.

  • Jika diminta untuk meninjau ulang perjanjian lisensi, klik “OK”.
  • Saat pertama kali menjalankan aplikasi, Anda akan ditanya apakah ingin menjalankan Wizard Konfigurasi Otomatis. Klik “Yes” dan ikuti petunjuknya.

Langkah 4: Mulai Merekam Layar

Pada jendela atau kolom “Sources”, Klik ikon tanda tambah +. Kemudian pilih sumber rekaman yang diinginkan.

  • Pilih “Screen Capture” atau “Display Capture” untuk merekam seluruh layar.
  • Pilih “Window Capture” untuk merekam di jendela atau aplikasi tertentu.
BACA JUGA  Cara Install Android 7.0 Nougat di Komputer Windows

Setelah itu, pastikan tombol radio “Create new” ditekan dan klik OK.

Pilih layar yang Anda ingin rekam dan klik OK . Jika Anda memiliki beberapa monitor yang terhubung ke komputer Anda, pastikan Anda memilih yang sesuai pada menu drop-down Display.

Jika Anda tidak ingin cursor mouse ditampilkan di video Anda, hapus centang “Capture Cursor”.

  1. Klik tombol “Start Recording” untuk mulai merekam layar . Ada di pojok kanan bawah jendela OBS.
  2. Klik “Stop Recording” setelah selesai. Video telah disimpan ke komputer Anda.

Untuk melihat streaming yang direkam, klik File di bilah menu dan klik Show Recordings .

Metode 2: Menggunakan ScreenRecorder

Langkah 1: Unduh ScreenRecorder

Pada metode kedua ini, yang Anda gunakan adalah ScreenRecorder. Unduh aplikasinya melalui tautan resmi berikut ini:

  • https://technet.microsoft.com/en-us/library/2009.03.utilityspotlight2.aspx

Pada laman tautan diatas, klik “UtilityOnlineMarch092009_03.exe” di bagian atas jendela.

Langkah 2: Install ScreenRecorder

Setelah file aplikasi telah Anda unduh, cari filenya kemudian klik dua kali pada file bernama “UtilityOnlineMarch092009_03.exe “ di folder download komputer Anda. Install aplikasinya di perangkat Anda

Langkah 3: Jalankan ScreenRecorder

Buka aplikasinya. Pada saat pertama kali membuka aplikasi ScreenRecorder. Ini akan meminta Anda untuk menginstal Windows Media Encoder 9. Ikuti saja perintah dilayar untuk menginstal Media Encoder 9.

Jalankan kembali aplikasi ScreenRecorder. Ikuti petunjuk untuk menginstal ScreenRecorder di lokasi semula. Klik dua kali shortcut ScreenRecorder pada desktop Anda untuk membukanya.

Langkah 4: Mulai Merekam Layar

Pilih elemen yang ingin Anda rekam. Untuk melakukannya, klik menu drop-down yang terlihat di layar, lalu pilih “Full Screen” untuk merekam keseluruhan layar , atau jendela tertentu untuk direkam.

Centang kotak Audio untuk mengaktifkan rekaman audio. Jika Anda memasang mikrofon, Anda dapat memeriksa kotak Audio untuk memungkinkan perekaman audio bersamaan dengan pengambilan video. Ini akan memungkinkan Anda untuk menceritakan apa yang Anda lakukan di video.

ScreenRecorder menggunakan pengaturan Windows default untuk input audio. Sesuaikan tingkat audio melalui pengaturan Volume di System Tray.

Tentukan apakah Anda ingin batas jendela Anda berkedip. Alat ini menyebabkan batas jendela yang sedang direkam menjadi flash. Itu tidak akan muncul dalam rekaman video.

Selanjutnya, Klik “OK” untuk membuka layar perekam. Tentukan nama dan lokasi file. Klik tombol di bagian atas aplikasi perekaman ini untuk melakukannya.

File rekaman yang dihasilkan oleh aplikasi ScreenRecorder adalah berformat video WMV. Jadi carilah video dengan format itu untuk menemukan dengan mudah file rekaman layar Anda nantinya.

Langkah Merekam Layar

  1. Klik Start untuk mulai merekam.
  2. Klik tombol Jeda kuning untuk menjeda perekaman.
  3. Klik tombol Stop merah untuk menyelesaikan rekaman dan output ke file yang Anda tentukan

Terkait:

  • cara merekam layar di windows 7
  • record layar laptop